Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman 105, 106, 107

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 105, 106, 107 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 4 berbagai pekerjaan subtema 3 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 2 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing  yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Pada artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi  Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan dan Subtema 2 Pekerjaan disekitarku. Buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 4 Berbagai Pekerjaan Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman  105, 106, 107

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102 . Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.

Baca Juga :

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 112, 113, 114, 115, 116
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 90, 91
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Berbagai Pekerjaan Lengkap
Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 Lengkap

Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 105, 106, 107

Ayo Berdiskusi 

Sikap Gotong Royong di Kampung Nelayan

Pak Eko tinggal di Kampung Nelayan dekat pantai. Ia dan warga desa yang lain bekerja sebagai nelayan tradisional. Biasanya, Pak Eko dan enam warga lainnya berangkat pada malam hari. Mereka menggunakan perahu.Mereka bergotong royong untuk menarik jaring. Hasil ikan di hari itu dibagikan sama rata kepada 7 orang, termasuk pak Eko. Kadang-kadang ikan tersebut langsung dijual. Hasil penjualan ikan juga dibagi sama rata.Pada saat tidak pergi mencari ikan, mereka bersama-sama membetulkan jaring yang rusak.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 105

Diskusikan pertanyaan di bawah ini berdasarkan bacaan di atas!

1. Apa contoh gotong royong yang dilakukan Pak Eko dan teman-temannya?
Mereka menarik menarik jaring dan hasilnya dibagi sama rata.

2. Sikap baik apa saja yang bisa dicontoh dari Pak Eko dan teman-temannya?
Pak eko dan teman-temanya selalu bergotong royong ketika melakukan  kegiatan.

3. Sikap Pak Eko dan warga Kampung Nelayan mengaplikasikan sila Pancasila.Menurutmu, sila keberapakah itu? Jelaskan
Sikap Pak Eko dan warga kampung melayu mengaplikasikan sila ketiga dari Pancasila yaitu persatuan dan kesatuan Indonesia.

Sila Ke-3 Pancasila : Persatuan Indonesia

Jelaskan makna dari Sila Persatuan Indonesia!
Sila ketiga ini mempunyai maksud mengutamakan persatuan atau kerukunan bagi seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai perbedaan agama, suku, bahasa, dan budaya. Sehingga dapat disatukan memlalui sila ini berbeda-beda tetapi tetap satu atau disebut dengan Bhineka Tunggal Ika. Sila ketiga pancasila mempunyai makna:

1.Negara kesatuan Republik Indonesia
2.Tidak mementingan kepentingan diri sendiri
3.Cinta dami dan persatuan

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 106

 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman  105, 106, 107
Jelaskan arti simbol tersebut!
  1. Pohon beringin busa dikatakan kuat, berani dan kokoh, memaknai bahwa Indonesia itu tempat tinggal rakyatnya yg kuaberanih,dan tetap berani
  2. Akar pohon beringin yang banyak,beraneka,dan menjalar kemana tetapi tetap dalam 1 pohon, memaknai arti keragaman suku bangsa Indonesia yg tetap 1 yaitu Indonesia.
  3. Daun pohon yang lebat diibaratkan bisa untuk berteduh dan mendinginkan diri,memaknai arti semua rakyat Indonesia bernaung dalam 1 tempat yang sama.

Bagaimana hubungan makna sila ketiga dengan simbolnya?
Persatuan Indonesia dilambangkan dengan pohon beringin (Ficus benjamina) di bagian kiri atas perisai berlatar putih, Pohon beringin merupakan sebuah pohon Indonesia yang berakar tunjang - sebuah akar tunggal panjang yang menunjang pohon yang besar ini dengan tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. Hal ini mencerminkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Pohon Beringin juga mempunyai banyak akar yang menggelantung dari ranting-rantingnya. ini mencerminkan Indonesia sebagai negara kesatuan namun memiliki berbagai latar belakang budaya yang berbeda-beda (bermacam-macam).

Ayo Berlatih 

Sila ketiga pancasila mempunyai makna:

Negara Kesatuan Republik Indonesia,

Cintai damai dan persatuan, dan

Tidak mementingkan kepentingan diri sendiri.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 107

Apakah sikap Pak Eko dan teman-temannya sudah menunjukkan sila ketiga Pancasila? Jelaskan alasanmu!
Ya, Sikap Pak Eko dan warga kampung melayu mengaplikasikan sila ketiga dari Pancasila yaitu persatuan dan kesatuan Indonesia.

Tulislah contoh lain dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan sila ketiga!
1. Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Indonesia.
2. Mengembangkan sikap saling menghargai.
3. Membina hubungan baik dengan semua unsur bangsa
4. Rela berkorban demi kepentingan bangsa dan Negara
5. Bangga dan cinta terhadap tanah air dan bangsa.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 105, 106, 107 yang kakak share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari .com