Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 4 berbagai pekerjaan subtema 3 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing  yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Pada artikel ini merupakan kelanjutan pembahasan materi  Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan dan Subtema 2 Pekerjaan disekitarku. Buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 4 Berbagai Pekerjaan Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman  96, 97, 98, 99, 100, 101, 102

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 4 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 90, 91. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 2 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.

Baca Juga :

Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102

Ayo Membaca 

Mendengarkan dongeng sangat menyenangkan.Indonesia kaya akan dongeng.Banyak diantaranya yang didongengkan. Adakah pendongeng di sekitarmu?

Kali ini kamu akan membaca dongeng yang diberikan oleh gurumu. Bacalah dongeng tersebut dengan saksama!

Tupai dan Ikan Gabus

Dahulu kala, hiduplah sepasang sahabat di daerah Kalimantan Barat. Mereka adalah seekor tupai dan seekor ikan gabus. Setiap hari mereka melakukan kegiatan bersama.

Mencari makan, bermain, bahkan mengunjungi tempat-tempat baru selalu dilakuan bersama.Suatu hari, Tupai tidak melihat Gabus, sahabatnya. Ia mencarinya ke tempat biasa Gabus tinggal. Saat bertemu, Tupai sangat kaget. Gabus terlihat lesu.Ternyata ia sedang sakit. Tupai sangat sedih. Ia menawarkan makanan untuk sahabatnya, namun Gabus tidak berselera makan. Gabus hanya menginginkan satu jenis makanan yang diyakininya dapat menyembuhkan penyakitnya. Tupai berjanji akan mencari demi sahabatnya.

Setelah Gabus mengatakan makanan yang dapat menyembuhkan penyakitnya, Tupai sangat kaget. Ia harus mencari hati ikan Yu. Ikan Yu sangat ganas. Tidak terpikir olehnya ia bisa mendapatkannya. Namun Tupai bertekad untuk mendapatkannya. Ia ingin sahabatnya sembuh.

Tupai kemudian melompat dari satu pohon kelapa ke pohon kelapa lainnya yang dekat dengan tepi pantai. Saat menemukannya, ia melubangi satu kelapa dan membiarkan airnya habis. Kemudian Sang Tupai masuk ke dalam kelapa. Angin kencang membuat kelapa jatuh ke pantai dan ikan Yu memakannya. Di dalam perut ikan, Tupai kemudian keluar dari kelapa dan menggigit hati ikan Yu. Ikan tersebut mencoba bertahan sampai kehabisan tenaga. Ombak besar membawa ikan Yu ke tepi pantai. Saat itulah Tupai keluar dari mulut Ikan Yu dan membawa hati ikan kepada sahabatnya.

Sampai di tempat Ikan Gabus, Tupai kemudian memberikan hati ikan Yu untuk dimakannya. Beberapa hari kemudian, Tupai melihat sahabatnya segar kembali. Betapa senangnya Tupai melihat Ikan Gabus sehat seperti sediakala.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 96, 97

Berdasarkan cerita tersebut, temukan unsur-unsur cerita yang ada dan tuliskan pada kolom berikut.

 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman  96, 97, 98, 99, 100, 101, 102

Bagaimana pendapatmu tentang cerita tersebut?

Cerita tersebut sangat menarik yang menunjukkan persahabatan dua ekor binatang.

Hal baik apa yang bisa kamu pelajari dari cerita tersebut?

Sesama teman kita harus saling tolong menolong.

Ayo Berdiskusi

Dayu mempunyai teman yang bernama Beni. Pekerjaan ayah adalah pengrajin kayu. Mau tahu apa saja yang  dilakukannya? Ini cerita Beno.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Pekerjaan ayahku adalah pengrajin kayu. Ayahku membuat meja dan kursi.Untuk menghasilkan kursi, awalnya ayahku membeli kayu, memotongnya,membentuk menjadi kursi, menghaluskan, lalu mengecatnya. Waktu yang dihabiskan untuk membuat kursi kurang lebih 1 minggu. Ayahku menjual meja dan kursi buatannya ke toko mebel. Di toko mebel itulah orang- orang bisa membeli meja dan kursi buatan ayahku.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 98

Bersama dengan kelompokmu diskusikan pertanyaan berikut!

1. Produk apa yang dihasilkan oleh ayah Beni?

Meja dan Kursi.

2. Apakah pekerjaan ayah Beni termasuk menghasilkan barang atau jasa? Jelaskan alasanmu?

Pekerjaan ayah Beni termasuk menghasilkan barang yaitu meja dan kursi.

3. Apa saja yang harus dikerjakan oleh pengrajin kayu?

Pertama membeli kayu dan memotongnya. Kemudian membentuk menjadi kursi, menghaluskan, dan mengecat kursi. Terakhir adalah menjual kursi ke toko mebel.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 99, 100

Diskusikan hasilnya dengan temanmu!

Adakah pengrajin di sekitarmu?

Tulislah tentang pengrajin tersebut dengan memuat produk yang dihasilkan,sumber daya alam yang dipakai, jenis pekerjaan yang dilibatkan, dan manfaat terhadap masyarakat sekitar.

Seorang tukang kayu menghasilkan barang berupa meja dan kursi. Merka menggunakan sumber daya alam kayu sebagai bahan bakunya. Tukang kayu termasuk jenis pekerjaan produksi, sedangkan penjual di toko mebel termasuk jenis pekerjaan distribusi. Tukang kayu dapat menghasilkan barang-barang keperluan rumah tangga seperti meja dan kursi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sumber daya alam yang digunakan oleh ayahku adalah kayu. Dari manakah kayu berasal? Apakah kayu tersebut dapat diperbarui?

Berikut adalah proses pengolahan kayu menjadi meja dan kursi.

 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman  96, 97, 98, 99, 100, 101, 102

Bersama dengan kelompokmu diskusikan pertanyaan berikut!

1. Jelaskan proses yang terjadi sehingga meja dan kursi bisa sampai di rumahmu!

Pohon di hutan ditebang dan kemudian diangkut sampai ke pengrajin kayu. Pengrajin kayu mengubah kayu menjadi barang seperti meja dan kursi. Setelah jadi meja dan kursi dijual oleh pengrajin ke toko mebel. Dari toko mebel masyarakat yang membutuhhkan meja dan kursi dapat membelinya di toko tersebut.

2. Profesi apa saja yang terlibat agar meja dan kursi sampai di rumahmu?

Penebang kayu, Tukang pengangkut barang, Pengrajin kayu, Pedagang Mebeler.

3. Ternyata perjalanan meja dan kursi hingga bisa ada di rumahmu cukup panjang, ya. Bagaimana sebaiknya kamu merawat meja dan kursi di rumahmu?

Sebaiknya kita merawat barang yang kita miliki dengan baik agar awet. Karena barang-barang yang ada di rumah kita dibuat dari sumber daya alam yang jumlahnya bisa berkurang sewaktu-waktu.

Ayahku mendapatkan kayu untuk bahan baku mebel dari hutan. Salah satu hutan di Indonesia yang sering diambil pohonnya adalah hutan di Kalimantan.Dahulu hutan Kalimantan sangat lebat dan merupakan paru-paru dunia (penghasil oksigen). Akan tetapi, kini pohon-pohonnya semakin berkurang.Sering sekali karena kebakaran hutan.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Halaman 101, 102

Ayo Mengamati

Perhatikan kenampakan hutan di Kalimantan pada gambar di bawah ini!Warna hijau menunjukkan adanya pohon dan warna putih menunjukkan hutan yang gundul.
 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman  96, 97, 98, 99, 100, 101, 102
Menurutmu bagaimana perkembangan pohon yang ada di hutan Kalimantan dari tahun ke tahun? Diskusikan hasilnya dengan teman kamu.

 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman  96, 97, 98, 99, 100, 101, 102

1. Bandingkan kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010.

Tahun 1950=masih banyak pohon pohon ada juga penampakan hewan hewan yang pada saat sekarang sudah mulai punah,ada juga kenampak hewan masehi
Tahun 2010=sudah mengurang pohon pohon akibat ditebang,sudah jarang ada kenampakan hewan hewan langka.

2. Menurutmu, mengapa kenampakan hutan pada tahun 1950 dan 2010 sangat berbeda?

Tahun 1950 hampir seluruh kalimantan masih tertutup oleh hutan. Sedangkan tahun 2010 hutan di Kalimantan sudak berkurang karena digunakan untuk pemukiman.

3. Bagaimana kondisi hutan jika terjadi penebangan terus-menerus?

Jika hutan ditebang terus menerus maka hutan akan rusak dan hutan menjadi gundul.

4. Apa yang akan terjadi jika pohon di hutan semakin berkurang?

Apabila pohon di hutan semakin kurang maka banyak hewan yang akan kehilangan tempat tinggalnya.

5. Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan?

  • Memberikan sangsi bagi penebang yang melakukan penebangan sembarangan
  • Tidak membuang sampah sembarangan di hutan
  • Menerapkan sistem tebang-tanam
  • Melindungi dan menjaga habitat yang ada di hutan
  • Mengurangi penggunaan kertas berlebih
  • Mengidentifikasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan
  • Melakukan penebangan secara konservatif

6. Sikap apa yang sebaiknya dimiliki oleh pengrajin kayu agar kelestarian hutan tetap terjaga?

Sebaiknya pengrajin kayu melakukan tebang pilih yaitu memilih kayu yang sudah tua dan setelah memotong pohon menanamnya kembali.

Keberadaan hutan sangat berpengaruh pada pekerjaan seorang tukang kayu. Untuk itu, hutan perlu dijaga kelestariannya.

Ayo Membaca

Menurut kamu, bagaimana kenampakan hutan di Kalimantan pada tahun 2030? Jelaskan pendapatmu!

jika terus terjadi kebakaran hutan setiap tahun, maka penampakan hutan kalimantan tahun 2030 adalah hutan tersebut gundul habis terbakar. tapi jika di tindak lanjuti dengan penanaman hutan kembali (reboisasi) dan masyarakat sekitar selalu menjaga kelestariannya maka hutan kalimantan masih ada dan tetap menjadi kebanggaan kita warga indonesia sebagai paru-paru dunia.

Warnai peta di bawah ini dengan warna hijau untuk menunjukkan masih adanya pohon di hutan!

 pekerjaan orangtuaku kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 3 Halaman  96, 97, 98, 99, 100, 101, 102

Apa yang harus dilakukan untuk menghindari kerusakan hutan?

  1. Melakukan reboisasi utamanya pada lahan-lahan yang kritis.
  2. Menerapkan sistem tebang pilih agar kerusakan hutan tidak semakin bertambah.
  3. Mengalakan penyuluhan yang menekankan pentingnya hutan bagi kehidupan.
  4. Menindak tegas mereka yang terbukti merusak hutan.
  5. Aktif mengevaluasi ijin usaha perusahaan-perusahaan yang aktifitas usahanya melibakan pembebasan lahan hutan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101, 102  yang kakak share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari .com