Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis-jenis Pekerjaan Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11 Semester I Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2017.

Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Siswa SD dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.

Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 ini terdiri dari beberapa halaman yaitu halaman 2, halaman 3, halaman 4, halaman 5, halaman 7, halaman 8, halaman 10, halaman 11 yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. buku yang kakak gunakan bersumber dari buku siswa kelas 4 tema 4 Berbagai Pekerjaan kurikulum 2013 sd/mi semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia

Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 1

 yang kami berikan dapat bermanfaat untuk  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11

Ayo Membaca

Ketika liburan tiba, Lani mengunjungi kakeknya. Kakek Lani tinggal di daerah pegunungan. Udara di sana terasa sejuk, berbeda dengan udara di tempat tinggal Lani. Setiap pagi, Lani tidak pernah bosan menemani kakeknya berjalan pagi. Tempat tinggal Kakek Lani dekat perkebunan teh. Kakeknya sering mengajak Lani berjalan-jalan mengitari perkebunan teh.

Lani diberitahu oleh kakeknya bahwa teh merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di daerah berudara sejuk.

Tempat Hidup Tanaman Teh

Teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat  di berbagai belahan dunia. Di Indonesia tanaman teh tumbuh subur di wilayah pegunungan yang berudara sejuk.

Teh merupakan salah satu tanaman yang tumbuh di daerah dengan ketinggian antara 200 sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut. Tanaman teh dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan suhu antara 14°–25°C, yang cukup mendapat curah hujan karena tanaman teh tidak tahan terhadap kekeringan. Curah hujan sangat dibutuhkan untuk menjaga perakaran tanaman teh.

Di Indonesia, perkebunan teh tersebar di beberapa wilayah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. Kedua pulau tersebut sangat mendukung pertumbuhan teh karena tanahnya sangat subur. Beberapa daerah perkebunan teh di Pulau Jawa antara lain Ciwidey dan Bogor (Jawa Barat), Brebes dan Wonosobo (Jawa Tengah), dan Malang (Jawa Timur). Adapun perkebunan teh di Pulau Sumatera antara lain di Simalungan (SumaterUtara) dan Kerinci (Jambi).

Pohon teh juga berfungsi untuk mencegah terjadinya erosi. Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter dapat menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air. Jadi, selain berfungsi sebagai bahan minuman, teh juga berfungsi untuk menjaga lingkungan.

Setelah membaca teks di atas, Lani semakin paham. Tak heran pohon teh di kebun dekat rumah kakeknya tumbuh subur. Iklim di sana memang sangat mendukung untuk tumbuh kembang tananam teh.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 2, 3

Jawablah pertanyaan berikut!

1. Di mana tanaman teh dapat tumbuh dengan baik?

Tanaman teh dapat tumbuh dengan baik adalah di daerah dengan ketinggian 800-1100 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 14-25 derajat celcius. Jika ketinggian kurang dari 800 meter di atas permukaan laut, maka pertumbuhannya akan terganggu. Jika suhu lebih dari 30 derajat celcius, maka pertumbuhan juga akan terganggu.

2. Bagaimana caranya agar tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi?

Tanaman teh yang ditanam berjajar rapi dengan jarak satu meter dapat menahan derasnya aliran air sehingga tanah tidak terkikis terbawa air.

3. Apa yang terjadi apabila tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar- besaran?

Pengambilan secara besar – besaran daun teh akan mengakibatkan matinya tanaman. Kematian tanaman secara besar- besaran akan membuat serapan air hujan di daerah yang bercurah hujan cukup tinggi ini akan berkurang. Akibatnya daerah di perkebunan dan sekitarnya menjadi rawan longsor.

4. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh petani teh agar tumbuhan teh tetap bertahan?

Pengolahan tanah adalah mengusahakan tanah menjadi subur, gembur dan bersih dari sisa-sisa akar dan tunggul, serta mematikan gulma yang masih tumbuh. Dalam penanaman, hal-hal yang harus diperhatikan adalah penentuan jarak tanam yang tepat, pengajiran, pembuatan lubang tanam, teknik penanaman dan penanaman tanaman pelindung yang diperlukan. Didalam budidaya teh, tanaman harus bersih dari gulma dan dilakukan pemangkasan agar tanaman tidak terserang penyakit.

5. Apa yang dapat kamu lakukan agar tanah yang digunakan untuk menanam tetap subur?

Yaitu dengan memberikan pupuk Organik yg tidak terlalu berlebihan , rajin menyiramnya dengan air,kemudian menjaga perawatan tanaman yang teratur.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 4

Buatlah peta pikiran yang berisikan informasi tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan kelestarian sumber daya alam bagi manusia.

 yang kami berikan dapat bermanfaat untuk  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 5

Ayo Menulis

Banyak masyarakat yang menikmati teh. Akan tetapi, tahukah kamu tentang proses pembuatan teh? Amati gambar di bawah ini!

 yang kami berikan dapat bermanfaat untuk  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11

 yang kami berikan dapat bermanfaat untuk  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11

Untuk mengolah teh menjadi minuman, banyak jenis pekerjaan yang terlibat. Ada penanam teh, pemetik teh, penggiling daun teh, dan pengemas teh.

Apa yang kamu ketahui tentang jenis pekerjaan di sekitarmu? Bandingkan temuanmu dengan informasi yang dimiliki temanmu!

Tulislah hasilnya dalam diagram Venn. Diagram Vennmu harus memuat dua jenis pekerjaan, daerah mereka bekerja, apa yang dikerjakan, hasil yang diperoleh, dampak dari pekerjaan mereka bagi masyarakat dan pekerja.

 yang kami berikan dapat bermanfaat untuk  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11

Kembangkan diagram Vennmu dalam bentuk tulisan! Sampaikan hasilnya kepada gurumu!
  • Penanam teh bertugas menanam tanaman teh ketika perkebunan mulai ditanami.
  • Pemetik teh bertugas memetik teh yang ada di kebun teh
  • Pengolah teh bertugas mengolah teh di dalam pabrik
  • Pengemas teh bertugas memasukan teh kedalam kemasan yang siap untuk dijual.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 7, 8

1. Siapa yang tinggal di dalam hutan bakau?

Kupik dan Ayahnya 

2. Apa yang biasa dilakukan Kupi dengan ayahnya?

Malam itu, di pesisir pantai, Kupi berjalan pelan di gundukan pasir.

3. Mengapa Kupi sedih dan marah?

Kupi sedih karena tidak bisa bertemu teman-teman kecilnya lagi, kupi marah karena manusia merusak hutan bakau.

4. Gambarlah salah satu tokoh! Tulislah pendapatmu tentang tokoh tersebut!

 yang kami berikan dapat bermanfaat untuk  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11

5. Apakah gambarmu sama dengan gambar temanmu? Jelaskan!

Jawaban di sesusikan dengan siswa yang mengambar.

6. Apakah komentarmu tentang tokoh sama dengan komentar temanmu? Jelaskan!

Jawaban disesuaikan dengan informasi yang di dapatkan oleh siswa.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 10

Mengapa kita harus menjaga kelestarian tanaman bakau?

Tanaman bakau memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan.

Apa yang terjadi jika hutan bakau rusak?

Jika hutan bakau rusak maka keseimbangan alam akan terganggu.

Bagaimana hutan bakau dapat menjaga keseimbangan alam? Jelaskan!

Hutan bakau menciptakan udara pesisir yang bersih dan melindungi pantai dari abrasi.

Apa saranmu agar hutan bakau tetap lestari?

Hutan bakau harus dijaga kelestarianya agar keseimbangan alam dan keselamatan manusia tetap terjaga.

Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 4 Halaman 11

Di sekitarmu terdapat sumber daya alam yang harus kamu jaga. Sebutkan dua sumber daya alam yang ada di lingkunganmu dan tulislah paling sedikit tiga kegiatan untuk menjaganya!

Sumber daya alam
Contoh kegiatan untuk menjaga kelestariannya
Tumbuhan

1.     Tidak menebang pohon sembarangan.

2. Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.

3. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman.

4.      Pemeliharaan tanaman dengan benar.

Hewan
  
  1.      Tidak berburu hewan sembarangan.

2.      Melindungi hewan hewan langka.

3.      Hewan langka dibudi dayakan.

4.     Mencari alternatif pemanfaatan hewan-hewan  langka dengan menciptakan pengganti berbahan sintetis.


Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 4

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .com

Kunci Jawaban Tematik Tema 4 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 2, 3, 4, 5, 7, 8, 10, 11