Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 29, 30, 33, 34

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 33, 34 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 5 Pahlawanku subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran 4 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing  yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 5 kelas 4 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

 Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 29, 30, 33, 34

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 5 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 22, 23, 25, 27. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan.

Baca Juga :

Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 4

Ayo Mengamati

Balaputradewa Raja Kerajaan Sriwijaya

Balaputradewa menjadi raja di Kerajaan Sriwijaya sekitar tahun 850 M. Pada saat pemerintahan Raja  Balaputradewa,  Kerajaan  Sriwijaya mencapai puncak kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.
 Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 29, 30, 33, 34
Balaputradewa berjuang membangun armada laut yang kuat. Tindakan itu bertujuan supaya jalur pelayaran di wilayah Sriwijaya  menjadi  aman. Banyak pedagang merasa aman ketika singgah. Peningkatan ekonomi diperoleh dari pembayaran upeti, pajak, maupun keuntungan dari hasil perdagangan. Dengan demikian, Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan yang besar dan makmur.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 29

Diskusikan pertanyaan berikut.
 Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 29, 30, 33, 34
Jelaskan apa yang akan terjadi jika Balaputradewa tidak memimpin Sriwijaya!
Jika Kerajaan Sriwijaya tidak dipimpin oleh Raja Balaputradewa, kejayaannya dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan mungkin tidak akan tercapai karena tidak ada yang membangun armada laut yang kuat. Tetapi, mungkin saja akan ada tokoh lain yang melakukan hal tersebut.

Apa hasil dari perjuangan Raja Balaputradewa terhadap Kerajaan Sriwijaya?
Hasil perjuangan Balaputradewa antara lain kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang memiliki armada laut yang kuat dan kejayaan Sriwijaya dalam bidang ekonomi, pendidikan dan kebudayaan.

Sikap kepahlawanan apa yang dimiliki oleh Balaputradewa?
Sikap kepahlawanan yang dimiliki oleh Raja Balaputradewa adalah berani dan pantang menyerah dalam membangun armada laut sehingga keamanan dan kesejahteraan rakyatnya terjamin.

Berikan pendapatmu apakah Raja Balaputradewa dapat disebut sebagai pahlawan pada masa Kerajaan Sriwijaya? Jelaskan jawabanmu!
Sangat setuju, bahwa Raja Balaputradewa adalah pahlawan bagi rakyatnya karena beliau telah berani dan pantang menyerah berjuang untuk rakyatnya sehingga rakyatnya hidup aman dan sejahtera. Kerajaan Sriwijaya juga mencapai puncak kejayaana dibawah kepemimpinan Balaputradewa.

Perjuangan apa yang telah dilakukan oleh Raja Balaputradewa?
  • Balaputradewa berjuang membangun Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara pertama dengan wilayah yang sangat luas.
  • Balaputradew menjadikan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim karena kekuatan angkatan laut yang tangguh dan wilayah perairan yang luas.
  • Balaputradewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat penyebaran agama Budha dengan banyaknya perguruan tinggi Budha.
  • Baplaputrdewa menjadikan Sriwijaya sebagai pusat perdagangan sehingga banyak kapal yang singgah.
  • Ayo Berdiskusi

    Berdasarkan perjuangan Balaputradewa tulislah sikap-sikap yang sesuai dengan Sila ke empat Pancasila. Jelaskan pula alasanmu.
    1. Balaputradewa membangun kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan yang besar. Hal tersebut menunjukan bahwa Balaputradewa menjalankan amanat yang diberikan oleh rakyatnya
    2. Balaputradewa membangun armada laut yang kuat hal tersebut menunjukan bahwa Balaputradewa memperhatikan keamanan dan kesejahteraan rakyatnya.

    Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 30

    Sikapku yang sudah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah
    Jawaban di sesuaikan dengan jawaban siswa yang bersangkutan.

    Sikapku yang belum sesuai dengan nilai-nilai Pancasila adalah
    Jawaban di sesuaikan dengan jawaban siswa yang bersangkutan.

    Rencana perbaikan yang harus aku lakukan adalah:
    1. Mencari Tau tentang tokoh- tokoh  sejrah

    2. Memahamai Arti dari pancasila itu sendiri

    Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 33

    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut

    1. Berdasarkan percobaan tersebut, mana garis yang berpotongan? Jelaskan jawabanmu!
    Percobaan yang menghasilkan garis yang berpotongan adalah percobaan 2, karena kedua siswa tersebut berdiri agak menyerong, sehingga jika senter dinyalakan secara lurus, maka akan ada sinar senter yang berpotongan/bertemu di satu titik.

    2. Mana garis yang sejajar? Jelaskan!
    Percobaan yang menghasilkan garis yang sejajar adalah percobaan 1, karena kedua siswa tersebut berdiri menghadap arah yang sama, sehingga jika senter dinyalakan secara lurus, maka sinar senter tersebut tidak akan pernah berpotongan.

    3. Apa perbedaan antara kedua garis?
    Garis sejajar adalah 2 buah garis yang jika diteruskan tidak akan pernah bertemu. Selalu beriring-iringan.

    Sedangkan Garis berpotongan adalah 2 buah garis yang jika diteruskan akan saling bertemu di suatu titik.

    Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Halaman 34

    Amatilah garis-garis yang terbentuk!

    Apakah kamu menemukan garis-garis sejajar? Apakah kamu menemukan garis yang berpotongan? Tunjukkan kepada guru dan temanmu.

     Perjuangan Para Pahlawan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 29, 30, 33, 34
    Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 33, 34 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari