Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 51, 53, 55, 56

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 53, 55, 56 - Kunci jawaban Buku Siswa Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku kegiatan Pembelajaran 1 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 2 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 53, 55, 56 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 7 kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Kurikulum 2013 SD/MI Semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 51, 53, 55, 56

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 7 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 42, 44, 47. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan. 

Baca Juga :

Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Pembelajaran 1

Ayo Membaca

Bacalah dalam hati teks berikut!

Urang Kanekes, Si Suku Baduy

Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian barat. Provinsi Banten memiliki kekayaan alam dengan pemandangan indah, termasuk pegunungan dan pantai. Di pegunungan Kendeng dengan ketinggian 600 m dari permukaan air laut, tinggal masyarakat adat yang biasa kita sebut suku Baduy. Namun, masyarakat suku Baduy lebih senang menyebut diri mereka urang Kanekes. Dalam bahasa Sunda, urang berarti orang.

Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan panamping. Kelompok tangtu dikenal sebagai Kanekes Dalam atau Baduy Dalam. Sebaliknya, kelompok panamping dikenal sebagai Kanekes Luar atau Baduy Luar. 

Kelompok Kanekes Dalam atau Baduy Dalam tinggal di tiga desa, yaitu Cikertawana, Cikeusik, dan Cibeo. Masyarakat Kanekes Dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi. Mereka tidak menggunakan alat-alat elektronika, tidak menggunakan alas kaki, tidak menggunakan kendaraan sebagai alat transportasi, serta mengenakan pakaian adat yang ditenun dan dijahit sendiri. Mereka menganut kepercayaan tradisional “sunda wiwitan” dan dipimpin oleh seorang Pu’un. Pu’un juga berkedudukan sebagai pemimpin masyarakat Kanekes.

Kelompok panamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam. Masyarakat Kanekes Luar atau Baduy Luar telah mengenal teknologi dan alat elektronik. Mereka juga mengenakan pakaian modern. Namun, masyarakat Baduy Luar masih bisa dikenali dari ciri khas mereka, yaitu mengenakan ikat kepala berwarna hitam.  

 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 2 Halaman 51, 53, 55, 56

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 51

Bentuklah kelompok bersama 4-5 temanmu. Bacalah dalam hati teks ”Urang Kanekes, Si Suku Baduy”. 

1.  Adakah kesamaan cara hidup suku bangsa Baduy dengan suku bangsamu? 

Ada

Jika ada, dalam hal apa? Jika berbeda, apa perbedaannya? 

Suku baduy dibagi menjadi 2 lingkup, yaitu suku baduy dalam dan suku baduy luar kehidupan suku baduy dalam jauh dari kata modernisasi. semua aktivitas masih bersifat tradisional, bahkan tidak juga terdapat alat komunikasi maupun teknologi lainnya sehingga cenderung terisolasi dengan globalisasi. sehingga suku baduy dalam masih sangat bergantung dengan alam. 

Sebaliknya, Kesamaan dengan bangsa kita kehidupan suku baduy luar sehari-hari adalah kebalikan dari suku baduy dalam. suku baduy luar sudah menggunakan teknologi yg ada, alat komunikasi, listrik, bahkan pakaian pun sudah seperti masyarakat modern saat ini. jadi dapat dikatakan bahwa kehidupan suku baduy Luar sama dengan lingkungan modern lainnya.

2.  Adakah kata sulit yang kalian temukan pada bacaan tersebut? Jika ada, tuliskan lalu carilah artinya. Tuliskan dalam bentuk tabel seperti berikut.

  1. Tradisi ( Kebiasaan turun temurun yang masih di jalankan oleh masyarakat)
  2. Alat Elektroni ( Alat yang bekerja menggunakan listrik )
  3. Teknologi ( Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

3. Tuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf pada teks “Urang Kanekes, Si Suku Baduy”.

Paragraf 1

Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa bagian Barat

Paragraf 2

Masyarakat Kanekes dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tangtu dan penamping

Paragraf 3

Masyarakat kanekes dalam masih sangat teguh dalam memegang tradisi

Paragraf 4

Kelompok penamping sedikit berbeda dari masyarakat Kanekes Dalam

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 53

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan kegiatan tersebut, diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman-teman sekelasmu.

1. Apa yang menyebabkan lampu menyala?

Karena adanyaaliran listrik yang dinyalakan melalui sambungan kabel menuju lampu.

2. Apa yang menyebabkan lampu tidak menyala?

Karena aliran listrik yang terputus / tidak tersambung melalui kabel menuju lampu.

Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Saat arus listrik mengalir melewati lampu, lampu akan menyala.

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut!

Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Muatan listrik yang terkandung pada penggaris plastik setelah digosok pada rambut kering tidak mengalir, sehingga disebut listrik diam atau listrik statis. Gaya listrik statis pada penggaris plastik itu hanya berlangsung sementara. Selama potongan kertas menempel pada penggaris plastik, terjadi perpindahan muatan listrik. Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, kedua benda itu akan saling menolak atau melepaskan diri. Akibatnya, potongan-potongan kertas akan terlepas dari penggaris plastik.

Jika ada listrik statis, ada pula listrik dinamis. Pada listrik dinamis terjadi aliran muatan listrik. Listrik dinamis dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 55, 56

1. Kamu telah membaca teks “Listrik Statis dan Listrik Dinamis”. Pengetahuan apa yang kamu dapat dari teks tersebut? Tuliskan dengan bahasamu sendiri.

Listrik statis adalah : listrik yang tidak mengalir dan perpindahan arusnya terbatas

Listrik dinamis adalah : adalah muatan listrik yang mengalir

2. Carilah contoh lain yang menunjukkan gejala listrik statis.

Contoh Gejala Aliran Listrik : Terjadinya petir cahaya kilat yang tampak ketika terjadi petir merupakan loncatan muatan dari awan kepermukaan bumi. Hal ini terjadi karena awan banyak mengandung muatan listrik.

Pada Pembelajaran 2, bacakan hasil tugasmu di depan Bapak/Ibu guru dan teman-temanmu.

Ayo Renungkan

Apa yang kamu pelajari pada hari ini?

  1. Mempelajari tentang berbagai hal yang dapat membantu saya untuk maju kedepannya
  2. Sangat membantu supaya badan saya selalu sehat dan tentunya menyenangkan.
  3. Sikap jujur,sportif dan tidak kasar serta tidak memaki.
  4. Dengan berdoa dan menjaga tumbuhan serta merwatnya sebagai bukti bahwa saya telah bersyukur.

Mengapa budaya satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa lain?

Karena setiap suku, memiliki adat istiadat, kepercayaan (agama), lingkungan (kebiasaan) yang berbeda, yang menyebabkan satu suku bangsa dapat berbeda dari suku bangsa yang lain.

Apa yang dimaksud dengan gaya listrik?

Gaya listrik adalah suatu gaya yang dialami oleh objek bermuatan yang berada dalam medan listrik

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 51, 53, 55, 56 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari