Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 141, 42, 143

Tema 6 Kelas 4 SD Subtema 3 Pembelajaran 4

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 141, 42, 143

Ayo Membaca

Mimpi Seorang Laskar Pelangi

Andrea Hirata adalah seorang penulis novel Indonesia. Novelnya yang terkenal berjudul ”Laskar Pelangi ”.Karyanya tiba-tiba menjadi pembicaraan di m ana-m ana, terlebih di dunia sastra.
Karya Andrea Hirata dianggap sangat mewakili kehidupan anak-anak di Indonesia, apalagi novel ini diangkat dari kisah nyata sang penulis.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 141, 42, 143
Sewaktu kecil Andrea menimba ilmu di sebuah sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan.Bahkan, bangunan itu hampir roboh. Kondisi sekolah yang bernama SD Muhamadiyah tersebut memang cukup memprihatinkan. Sebagai anak dari pegawai rendahan PN (Perusahaan Negara) Timah di Belitong, ia terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak.

Kendati harus menimba ilmu di bangunan yang tak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang besar untuk belajar. Di sekolah itu pula, ia bertemu dengan sahabat-sahabatnya yang dijuluki dengan sebutan Laskar Pelangi. Di SD Muhammadiyah, Andrea bertemu dengan seorang guru bernama NA (Nyi Ayu) Muslimah. Kegigihan Bu Muslimah untuk mengajar siswa yang hanya berjumlah tak lebih dari 11 orang itu ternyata sangat berarti bagi kehidupannya. Berkat Bu Muslimah, Andrea mendapatkan dorongan yang membuatnya mampu menempuh jarak 30 km dari rumah ke sekolah untuk menimba ilmu. Bu Muslimah juga yang memacunya untuk mengejar cita-citanya bersekolah di negeri seberang, Perancis. Sebuah mimpi dan cita-cita yang sangat mustahil kala itu.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 138

Ayo Menulis

Lengkapilah diagram berikut ini berdasarkan bacaan tersebut!
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 141, 42, 143

Keterangan Jawaban diagram
1. Cita-cita Andrea Hirata adalah bersekolah di negeri seberang, Perancis.
2. Halangan yang dihadapi Andrea Hirata adalah
  • Ia menimba ilmu di sekolah yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan bahkan bangunannya hampir roboh.
  • Ia anak seorang pegawai rendahan PN (perusahaan Negara) sehingga ia harus sekolah yang bentuknya lebih mirip kandang hewan.
  • Jarak dari rumah hingga sekolahnya sangat jauh, yaitu 30 km.
3. Sikap yang dimiliki Andrea Hirata adalah
  • Tidak mudah menyerah
  • Gigih 
  • Rajin belajar
4. Usaha yang dilakukan Andrea Hirata adalah tetap berangkat ke sekolah meski jaraknya sangat jauh dan bangunan tempatnya belajar hampir roboh.

5. Kesimpulan saya terhadap usaha Andrea Hirata untuk meraih cita-citanya adalah Andrea Hirata tetap berusaha meraih cita-citanya untuk sekolah di negeri seberang, Perancis, meski sekolahnya sangat jauh dan bangunannya hampir roboh dan mirip dengan kandang ternak.

Bacalah puisi di bawah ini dalam hati dengan saksama. Pahamilah arti dan maknanya.

Laskar Pelangi

Karya: Nidji

Mimpi adalah kunci
Untuk kita menaklukkan dunia
Berlarilah tanpa lelah
Sampai engkau meraihnya

Laskar pelangi takkan terikat waktu
Bebaskan mimpimu di angkasa
Warnai bintang di jiwa

Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada yang kuasa
Cinta kita di dunia, selamanya

Cinta kepada hidup
Memberikan senyuman abadi
Walau hidup kadang tak adil
Tapi cinta lengkapi kita

Setelah membaca puisi di atas, lakukan langkah-langkah berikut ini!
  1. Tuliskan makna puisi di atas dalam buku catatanmu.
  2. Tandai kalimat-kalimat dalam baris puisi di atas dengan meletakkan tanda jeda dan tekanan yang telah kamu pelajari sebelumnya.
  3. Baca kembali beberapa kali hingga kamu mantap dengan intonasi dan pemenggalannya.
  4. Hafalkan puisi tersebut termasuk kapan kamu berhenti dan memberikan tekanan sesuai tanda yang telah kamu buat.
  5. Bacakan puisi tersebut dengan percaya diri di depan kelas.

Ayo Mengamati

Andrea Hirata merupakan salah satu contoh pemuda masa kini yang gigih memperjuangkan mimpi dan cita-citanya. Kemiskinan keluarganya tidak menghalanginya mengejar mimpinya hingga ke negeri orang. Ayah Andrea adalah pegawai di PN Timah, Belitung, memang tidak dapat menyediakan banyak dana untuk sekolah Andrea.

Belitung dahulu merupakan daerah penghasil timah andalan Indonesia. Timah adalah salah satu hasil sumber daya alam tambang.

Perhatikan peta daerah persebaran sumber daya bahan tambang berikut!

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 141, 42, 143

Berdasarkan peta sumber daya alam bahan tambang di atas, terdapat berbagai barang tambang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Barang-barang tambang yang terdapat di wilayah Indonesia antara lain minyak bumi, batu bara, tembaga, besi, timah, kapur, yodium, asbes, marmer, dan belerang.

Kunci Jawaban Halaman 141

Ayo Berlatih

Barang tambang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri. Ada banyak manfaat dari bahan tambang. Carilah informasi tentang manfaat sumber daya alam tambang dengan melengkapi tabel berikut!
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 141, 42, 143

Berdasarkan tabel dan peta sumber daya bahan tambang tersebut, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1. Barang tambang apa saja yang terdapat di provinsimu?
Barang-tambang yang terdapat di prosinsi saya adalah Barang tambang Minyak mentah dan barang tamabang batu bara

2. Barang tambang apa saja yang tidak dimiliki oleh daerah provinsimu?
Barang tamabang yang tidak dimiliki di provinisi saya adalah Barang tambang mas

3. Digunakan untuk apa sajakah barang tambang yang ada di daerahmu?
Barang tambang yang ada di daerah saya digunaka untuk Pembuatan minyak bensi, solar yang dikelolah secara tradisional

Ayo Mengamati

Jika kamu perhatikan sekali lagi peta persebaran sumber daya alam yang ada di Indonesia, apakah kesimpulanmu? Setiap daerah di Indonesia menghasilkan sumber daya alam yang berbeda-beda. Akan tetapi, sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, semua sumber daya alam itu dikelola negara untuk kemakmuran rakyatnya. Keragaman sumber daya alam di ber- bagai daerah tersebut akan memperkuat rasa saling membutuhkan antara satu daerah dengan daerah yang lain.

Tidak hanya keragaman sumber daya alam, keragaman kegiatan keagama- an di Indonesia juga menjadikan Indonesia sebagai negeri yang unik. sebagai negeri yang unik. Keragaman itu justru meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

Perhatikan beberapa kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia! Kamu dapat dengan mudah mengetahuinya dari kalender nasional yang menandai kegiatan hari raya keagamaan sebagai hari libur nasional. Tahukah kamu tentang perayaan-perayaan keagamaan keenam agama besar di Indonesia? Bagaimana para umat beragama merayakannya?

Kunci Jawaban Tematik Halaman 142, 143

Ayo Berlatih

Lengkapilah tabel berikut ini dengan menggunakan berbagai sumber informasi.
Jelaskan tujuan perayaan keagamaan dan bagaimana masyarakat di daerahmu merayakannya. Lakukan kegiatan ini secara berpasangan. Gunakan kalender tahun ini untuk mengetahui hari raya keagamaan.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 141, 42, 143

Tukarkan hasil pekerjaanmu dengan kelompok yang lain. Diskusikan beberapa perbedaan yang ditemui. Carilah informasi yang tepat untuk memperbaikinya.
Pilihlah satu perayaan keagamaan yang paling kamu ketahui yang dilakukan masyarakat di daerah kamu tinggal. Tuliskan penjelasanmu dalam sebuah paragraf, dan tuliskan di bawah ini!

Nama Perayaan:
Hari Raya Idul Fitri

Tujuan perayaan:
Untuk Merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa.

Sejarah singkat tentang perayaan:
Sebelum ajaran Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw di Makkah, masyarakat Jahiliyah Arab sudah memiliki dua hari raya, yakni Nairuz dan Mahrajan. Kaum Arab Jahiliyah menggelar kedua hari raya itu dengan menggelar pesta-pora. Selain menari-nari, baik tarian perang maupun ketangkasan, mereka juga merayakan hari raya dengan bernyanyi dan menyantap hidangan lezat serta minuman memabukkan. Nairuz dan Mahrajan merupakan tradisi hari raya yang berasal dari zaman Persia Kuno,’’ tulis Ensiklopedi Islam. Setelah turunnya kewajiban menunaikan ibadah puasa Ramadhan pada 2 Hijriyah, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan An-Nasa’i, Rasulullah SAW.

Cara masyarakat merayakan:
  • Mandi
  • Memakai pakaian baru
  • Mengenakan Wewangian Yang Paling Baik
  • Takbir
  • Berkunjung
  • Ucapan Selamat
  • Melebihkan Makan dan Minum






Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 6 Subtema 3 Halaman 138, 141, 42, 143 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam