Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.

.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 3 Ayo Menjadi Penemu Pembelajaran 4 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.

Tema 3 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 4

 Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.

Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas. Kita sering ngelihat lampu lalu lintas di perempatan atau persimpangan jalan. Lampu lalu lintas terdiri dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.

 Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.

Tahukah kamu siapa yang nemuin lampu lalu lintas? Ia adalah Garret Augustus Morgan, seorang warga Amerika berkulit hitam yang peduli dengan keselamatan orang lain.

Morgan terpanggil untuk menciptakan sistim lampu lalu lintas setelah ngelihat terjadinya kecelakaan antara mobil dengan kereta kuda. Ia enggak ingin kejadian itu terus berulang. 

Hingga saat ini, penemuan Morgan sangat bermanfaat untuk mengatur lalu lintas dan menyelamatkan pengguna jalan dari kecelakaan.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 135

Ayo Berlatih 

Temukan kosakata non baku dan kalimat tidak efektif dalam teks di atas. Tulislah dalam tabel berikut!

 Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.

Sampaikan hasilmu kepada gurumu!

Kapan kita menggunakan kosakata baku?

Kosa kata baku biasanya kita gunakan di saat keadaan sedang formal seperti rapat dan pidato di upacara maupun pertemuan pertemuan formal lainnya
Mengapa kita menggunakannya?

Agar semua orang dapat memahami apa yang kita sampaikan

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 136

Cermatilah tulisanmu sebelumnya!

Carilah kosakata non baku yang masih kamu tulis!

Ubahlah ke dalam kosakata baku!

 Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.

Ayo Berdiskusi

Setelah membaca teks “Rambu Lalu Lintas”, tulislah pertanyaan tentang hal yang ingin kamu ketahui lebih lanjut tentang lampu lalu lintas terkait dengan tanggung jawab melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Bagaimana cara kerja lampu lalu lintas?

Apa manfaat dari lampu lalu lintas?

Rangkaian listrik apa yang digunakan pada lampu lalu lintas?
Diskusikan pertanyaan yang telah kamu tulis dengan teman yang ada di sebelahmu!

Kamu telah mengetahui bahwa lampu lalu lintas ditemukan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Selain lampu lalu lintas, masih banyak lagi rambu-rambu lainnya yang mempunyai tujuan masingmasing.

Setiap warga negara mempunyai kewajiban untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas tersebut agar hak orang lain untuk mendapatkan keamanan dan kenyaman terjamin.

Berdasarkan pengalamanmu, diskusikan dalam kelompok tentang contoh sikap warga yang sudah menunaikan kewajiban sebagai warga yang baik di jalan raya. Berikan pula contoh pengguna jalan yang tidak melaksanakan kewajibannya.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 137

 Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.

Ketika seseorang tidak melaksanakan kewajibannya di jalan raya, apakah hal tersebut dapat mengganggu hak orang lain?

Ya, seseorang yang tidak melaksanakan kewajibannya di jalan raya dapat menggangu hak orang lain karena orang lain juga berhak berkendara di jalan raya dengan selamat sampai tujuan.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 138 dan 139

Ayo Mengamati

Selain lampu lalu lintas, terdapat juga rambu-rambu lalu lintas lainnya. Amati rambu-rambu berikut!

 Kita semua pasti sudah mengenal lampu lalu lintas Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142.

Diskusikan dengan seorang temanmu mengenai rambu-rambu tersebut untuk menjawab pertanyaan berikut!

1. Apa arti dari masing-masing rambu tersebut?

1. Rambu STOP adalah perintah yang mewajibkan pengguna jalan untuk berhenti atau larangan untuk berjalan terus.
2. Segitiga merah terbalik adalah rambu berupa larangan berjalan terus jika mengakibatkan hambatan, rintangan, gangguan lalu lintas bagi mereka dari arah lain yang harus didahulukan.
3. Tanda silang merah (biasa juga dijumpai dalam warna putih) bermakna larangan berjalan terus, wajib untuk bertenti sejenak mencari kepastian apakah aman atau tidak.
4. Gambar motor yang disilang artinya bahwa kendaraan bermotor dilarang masuk atau melintas di kawasan tersebut.
5. Tulisan nama tempat dengan panah tersebut adalah rambu penunjuk arah lokasi CIBITUNG.
6. Rambu dengan gambar ranjang dan tanda plus tersebut menunjukan keberadaan rumah sakit.
7. Rambu dengan tulisan DIENG 10 KM merupakan rambu petunjuk yang menerangkan bahwa jarak Dieng dari titik tersebut sebanyak 10 KM.

2. Apa manfaat rambu-rambu tersebut bagi pengguna jalan?

Manfaatnya adalah untuk melindungi dari resiko kecelakaan, memberikan petunjuk, menertibkan lalu lintas dan lain lain.
3. Jika rambu-rambu tersebut tidak ada, apa pengaruhnya terhadap pengguna jalan?

Apabila rambu-rambu tersebut tak ada maka kondisi lalu lintas menjadi kacau dan tidak tertib. Kondisi ini selain menjadikan perjalanan tidak efektif juga bisa berakibat fatal yakni berujung pada kecelakaan. Untuk rambu-rambu yang bersifat petunjuk, kalau tidak ada maka akan membuat pencarian menjadi tidak praktis.
4. Apakah kamu pernah melihat rambu-rambu lain di jalan? Jelaskan tentang rambu-rambu tersebut!

Sering. Rambu-rambu ini sering saya lihat baik itu di jalanan besar maupun jalanan kecil. Di jalanan besar, rambu-rambu yang sering saya jumpai seperti larangan parkir, larangan bagi kendaraan tertentu melintas, rambu untuk wajib stop dan lain sebagainya. Khusus di jalanan kecil seperti gang, rambu-rambu lalu lintas yang paling sering saya jumpai adalah rambu yang dipasang mandiri oleh warga. Umumnya rambu tersebut berisi perintah melambatkan laju kendaraan.

Sekarang bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah melaksanakan hak dan kewajibanmu dengan tanggung jawab saat di jalan raya? Ayo, ceritakan.

Hal-hal yang perlu kamu tulis adalah:

1. Contoh hak yang sudah kamu dapatkan.

Mendapatkan seragam sekolah, memperoleh pendidikan yang layak, dan mendapat kasih sayang dari orang tua.
2. Contoh kewajiban yang sudah kamu laksanakan.

Adalah menggunakan dan dan merawat seragam sekolah dengan baik, belajar dan mendengar nasihat orang tua.
3. Penilaianmu mengenai hak dan kewajiban tersebut. Apakah hak yang kamu  dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang kamu laksanakan?

Ya, hak yang saya dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang saya laksanakan.
4. Manfaat dari melaksanakan hak dan kewajiban secara tanggung jawab.

Agar apa yang sudah menjadi hak dan kewajiban kita tidak menggangu hak-hak orang lain.
5. Hal-hal yang masih perlu kamu perbaiki dalam melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.

Menyadari dan melaksanakan kewajiban dengan baik
6. Apa yang dapat kamu perbaiki dari dirimu di masa yang akan datang?

Yang dapat saya perbaiki dari diri saya di masa yang akan datang adalah belajar dengan rajin, mematuhi tata tertib sekolah, dan rajin beribadah.
7. Menurutmu, kenapa lampu rambu lalu lintas berbentuk lingkaran? Apa yang terjadi jika bentuknya bukan lingkaran?

Menurut saya mengapa lampu lalu lintas berbentuk lingkaran adalah lingkaran tersebut menjadi simbol agar mudah di pahamioleh semua pengguna jalan.

Ayo, terus berusaha untuk menjadi penemu. Seorang penemu mempunyai  sikap pantang menyerah. Sekarang kita akan menemukan luas dan keliling lingkaran ketika digabungkan dengan bangun lainnya.

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 142

Ayo Mencoba

• Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib dan peraturan yang terdapat di jalan raya adalah cerminan sikap warga negara yang menjalankan kewajiban. Jelaskan pendapatmu tentang hal ini! Berikan contoh!

Mematuhi tata tertib dan peraturan yang terdapat di jalan raya itu sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan raya. Contohnya tidak berkendara di jalur pejalan kaki, menggunakan helm, berhenti ketika lampu lalu lintas berwarna merah.

• Apa yang telah kamu lakukan dalam rangka menghargai orang lain?

Adalah menghormati hak-hak orang lain, tidak ribut di dalam kelas, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat di jalan raya.

• Tuhan menginginkan umatnya tertib dan taat kepada aturan dalam kehidupan sehari-hari. Berikan contoh perilakumu dalam menaati aturan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak boleh tidur larut malam, mengembalikan barang-barang yang sudah di gunakan ke tempat semula, dan menyelesaikan tugas sekolah sebelum bermain.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 4 Halaman Halaman 135, 136, 137, 138, 139, 142 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam