Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60, 61, 62, 63


Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 6 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 3



Siti, Dayu, dan teman-teman lainnya menjadi generasi penerus bangsa yang pandai, cerdas, dan mempunyai jiwa yang baik. Mereka selalu mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di sekolah dengan semangat. Jika saat berkegiatan ada sesuatu yang kurang jelas, Siti dan temanteman selalu berani bertanya kepada guru. Ibu Guru pun selalu menjelaskan dengan senang hati saat ada pertanyaan dari Siti dan temanteman.

Siti dan teman-temannya telah mendapatkan hak sebagai warga negara Indonesia yaitu hak memperoleh pendidikan dan pengajaran. Siti dan temantemannya menjadi generasi yang pandai dan cerdas. Itulah salah satu manfaat pemenuhan hak warga negara. Masih banyak manfaat pemenuhan hak warga negara Indonesia lainnya. Apa sajakah itu?

Ayo Membaca


Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.  

Salah satu contoh manfaat yang diperoleh dari pemenuhan hak atas pendidikan dan pengajaran yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea empat. 

Manfaat lain bisa dipahami berdasarkan pemenuhan hak warga negara. Contohnya manfaat atas pemenuhan hak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Pemenuhan hak ini sangat bermanfaat bagi peningkatan perekonomian warga negara Indonesia dan mengurangi jumlah pengangguran.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60, 61, 62, 63

Adapun pemenuhan hak atas perlindungan hukum jelas akan bermanfaat bagi terwujudnya keamanan, keadilan, dan keteraturan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan demikian, akan tercipta ke hidupan yang harmonis antar warga negara Indonesia dan antara warga negara dengan pemerintah.

Untuk pemenuhan hak atas perolehan fasilitas pelayanan kesehatan sangat bermanfaat dalam menciptakan kesejahteraan umum. Masyarakat yang sehat dapat menjalankan segala kegiatan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehingga tercipta keasejahteraan umum. Menciptakan kesejahteraan umum ini juga merupakan salah satu tujuan nasional Indonesia.  

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 60, 61

Ayo Berlatih

Di depan telah disajikan bacaan nonfiksi yang terdiri atas lima paragraf.  Bacalah kembali dengan cermat teks nonfiksi di atas. Selanjutnya, kerjakan perintah berikut!

1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.

2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.

3. Tuliskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.

4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60, 61, 62, 63

Masih banyak manfaat atas terpenuhinya hak-hak warga negara Indonesia. Kamu bisa mengidentifikasinya melalui berbagai bentuk pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia. Pada dasarnya, pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah dalam mencapai tujuan nasional. Oleh karena itu, lakukan hak-hakmu sebagai warga negara secara seimbang. Dengan demikian, kamu telah ikut serta mewujudkan tujuan nasional.

Pemenuhan hak-hak warga negara Indonesia sebagai upaya pencapaian tujuan nasional juga menjadi cara ampuh untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Mengapa demikian?

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 62

Ayo Berdiskusi

Buatlah kelompok di kelas yang terdiri atas tiga sampai lima orang. Bacalah dengan cermat bacaan di atas, kemudian diskusikan dengan teman satu kelompokmu cara-cara untuk mempertahankan kemerdekaan. Tuliskan cara lain yang dapat kamu lakukan selain yang ada dalam bacaan.

Hasil Diskusi :

Berikut cara-cara lain untuk mempertahankan kemerdekaan :
  • Belajar dengan giat, tekun dan rajin.
  • Menggunakan produk buatan dalam negeri
  • Melestarikan budaya asli Indonesia


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 63

Ayo Mengamati

Lakukan pengamatan terhadap perilaku warga masyarakat di lingkungan tempat tinggalmu. Identifikasilah perilaku warga masyarakat yang mencerminkan sikap mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tuliskan hasil pengamatanmu dan presentasikan secara lisan di depan kelas.

Hasil Pengamatan :

Untuk jawaban halaman 63 setiap jawaban siswa berbeda, karena berdasarkan hasil dari pengamatan atau pendapat masing-masing siswa, berikut jawaban alternatif dari kami :
  • Menjaga kerukunan dengan pergaulan tanpa membeda-bedakan
  • Menjaga persatuan dengan bersama-sama ikut gotong royong
  • Beribadah dengan rajin sesuai agama masing-masing dengan tetap menghormati perbedaan agama




Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran 3 Halaman 60, 61, 62, 63 Semester II yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari