Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90


Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 6 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 1




Kamis pagi tanggal 17 Agustus 2018, Udin beserta teman-temannya mengikuti  upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman sekolah.

Kegiatan upacara diikuti oleh Bapak Ibu guru, karyawan, serta seluruh siswa. Dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah bertugas sebagai pembina upacara.

Upacara tersebut bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air serta jiwa patriotisme pada seluruh peserta didik.

Dalam upacara tersebut, Kepala Sekolah menegaskan bahwa kita sebagai warga negara harus mampu mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan baik. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Mengikuti kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia atau Proklamasi Kemerdekaan merupakan bentuk tanggung jawab sebagai warga negara.

Dengan mengikuti upacara tersebut, akan tumbuh rasa cinta pada negara. Selain itu kamu akan mengingat perjuangan para pahlawan yang gigih dan pantang menyerah untuk mewujudkan negara Indonesia merdeka, sehingga akan tumbuh rasa menghargai jasa para pahlawan.

Sebagai manusia, kamu harus mampu menjalankan tanggung jawabmu kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 84

Ayo Berdiskusi

Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Coba, diskusikan bersama satu orang temanmu. Tuliskan yang kalian ketahui mengenai tanggung jawab pada kolom berikut.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan melaksanakan kewajiban.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 86, 87


 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui tentang tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. Tanggung jawab sebagai warga negara merupakan bentuk dari pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara sesuai dengan landasan konstitusional negara Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar 1945. Bagaimana pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari? Bergabunglah dengan temanmu membentuk kelompok, kemudian carilah beberapa contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari!

Contoh pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari :
  • Memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjalankan tugas dan kewajiban yang dibebankan negara kepadanya dengan penuh tanggungjawab.
  • Menjadi teladan bagi rakyat dalam bertindak sebagai negarawan yang arif dan bijaksana.
  • Bagi para pelajar dengan belajar giat untuk meraih cita-cita mewujudkan warga bangsa yang cerdas.
  • Cerdas dan cermat dalam bertindak dan mengambil keputusan.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 88

Tuliskan kesimpulan tentang pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dikaitkan dengan terbentuknya negara Indonesia yang kuat dan tangguh.

Pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dapat mewujudkan negara Indonesia yang kuat dan tangguh.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 89

Ayo Menulis

Kamu telah mengetahui tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Sekarang lakukan identifikasi tentang upaya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera. Tuliskan hasilnya menggunakan bahasa dan kalimatmu sendiri.

Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan menuju masyarakat sejahtera:
  • Saling toleransi antar setiap warga negara Indonesia atas perbedaan masing-masing.
  • Saling menghormati antarindividu walaupun bertentangan.
  • Meratakan pembangunan ke seluruh pelosok negeri.
  • Membayar pajak tepat waktu yang nantinya juga berguna bagi kesejahteraan bersama.
  • Memperbaiki fasilitas umum agar penggunannya menjadi aman dan nyaman.
  • Memperbanyak lapangan kerja untuk mengurangi

Dalam setiap upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia seperti yang diikuti oleh Udin dan teman-teman di sekolah, pasti ada pembacaan teks Proklamasi oleh pembina upacara. Salah satu makna proklamasi kemerdekaan adalah memberikan arah dan kewenangan bagi bangsa Indonesia untuk menuju masyarakat yang sejahtera dengan kekuasaan serta menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 90

Ayo Mencoba

Cobalah melakukan wawancara dengan pejabat pemerintah atau tokoh masyarakat yang ada di sekitarmu tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia sejahtera. Selanjutnya buatlah laporan hasil wawancara dan serahkan pada gurumu untuk dinilai.

Jawaban halaman 90 tergantung dari narasumber yang di wawancarai oleh siswa.


Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Halaman 93, 94, 96, 97

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 1 Halaman 84, 86, 87, 88, 89, 90 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .