Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 86, 87, 89

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan Subtema 2 Pemimpin Idolaku Pembelajaran 4 Halaman 86, 87, 89 Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca . Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 7 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 4



Ayo Membaca

”Selamat pagi Bapak, Ibu, dan teman-teman semua. Hari ini, kita akan saling berbagi cerita dan pengalaman tentang persatuan. Saya akan menyampaikan kisah saya mengenai persatuan, lalu saya akan belajar dari kisah teman-teman.”

“Menurut saya, persatuan itu sangat penting, karena dengan bersatu tugas-tugas yang harus kita kerjakan akan menjadi lebih mudah. Dengan adanya persatuan pula kita dapat belajar dari perbedaan-perbedaan yang ada.”

“Saya telah mengalami dan merasakan sendiri betapa bergunanya persatuan. Sekolah saya adalah sekolah yang murid maupun gurunya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa teman saya adalah anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly juga berasal dari sana. Kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya, dan lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain. Walaupun berasal dari Indonesia Timur, Pak Welly tidak hanya mementingkan murid-muridnya yang berasal dari timur. Pak Welly tidak ragu untuk juga mempercayai kemampuan murid-muridnya yang berasal dari tanah Jawa untuk maju. Saya juga belajar banyak dari budaya teman-teman saya yang sangat beragam.”

“Bagi sekolah di pelosok kabupaten, bukan hal yang mudah untuk mengirim saya ke sini, karena sekolah kami tidak memiliki cukup biaya. Kepala sekolah kami memiliki cara yang cerdik untuk mengumpulkan dana. Ia meminta bantuan kepada saya dan teman-teman untuk melelang pisang di halaman sekolah. Para pembelinya merupakan pejabat-pejabat di daerah. Pak Bupati, Pak Camat, Pak Lurah, bahkan Ketua RW dan Ketua RT hadir mendukung. Meskipun hanya saya yang datang ke sini, namun di belakang saya semua ikut berpartisipasi. Itulah mengapa saya sudah merasakan bahwa persatuan sangat penting dan berguna.”

“Itulah pengalaman saya tentang persatuan. Bagaimana cerita teman-teman? Saya juga ingin mendengar dan belajar dari cerita kalian. Terima kasih.”

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 86, 87


Ayo Menulis


Tulislah pendapatmu mengenai isi pidato Sudin. Kamu dapat menilai pidatonya dengan memberi tanda ceklis () pada kolom berikut yang sesuai.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 86, 87, 89

Kamu dapat menuliskan kesimpulan penilaianmu di bawah ini.

Sudin sudah berpidato dengan baik, karena dalam pidatonya, Sudin sudah memuat unsur-unsur penting pidato secara lengkap, ditambah penggunaan kata-kata baku yang sudah benar dari pidato Sudin.

Ayo Membaca


Kerja Sama Bidang Sosial Budaya Negara-Negara ASEAN

Kerja sama dalam bidang budaya negara-negara ASEAN ditandai dengan pembentukan komunitas sosial budaya negara-negara ASEAN (ASEAN Social Cultural Community/ASCC). Komunitas ini memiliki empat bagian utama sebagai berikut.
  1. Mengelola dampak-dampak sosial dari integrasi ekonomi.
  2. Membentuk masyarakat yang lebih peduli dan berbagi untuk mengatasi isu-isu kemiskinan, keadilan, dan pengembangan sumber daya manusia.
  3. Meningkatkan perlindungan lingkungan.
  4. Memperkuat dasar-dasar bagi ikatan sosial kawasan.
Kerja sama nyata dalam bidang sosial budaya negara-negara ASEAN antara lain sebagai berikut.
  1. Pertukaran kunjungan antarseniman ASEAN.
  2. Festival lagu dan lomba menyanyi negara-negara ASEAN.
  3. Kerja sama promosi pariwisata.
  4. Kerja sama budaya serumpun Melayu.
  5. Pertukaran berita dan penyiaran informasi mengenai ASEAN melalui televisi dan radio.
  6. Penyelenggaraan pesta olahraga SEA-Games setiap dua tahun sekali.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Halaman 89


Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai tahun dan tempat penyelenggaraan SEA-Games. Carilah informasi penyelenggaraan SEA-Games pertama dan lima penyelanggaraan terakhir. Catatlah dalam bentuk tabel sebagai berikut.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 86, 87, 89


Baca Juga : Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Halaman 86, 87, 89

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 86, 87, 89 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari