Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 83, 84, 85, 86

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 5 Halaman 83, 84, 85, 86 Semester II Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.


Pembelajaran Tema 8 terdiri dari Tiga Subtema dan di bagi menjadi Enam Pembelajaran yang akan di pelajari oleh siswa, Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Subtema 2 Bumiku dan Musimnya, Subtema 3 Bumi, Matahari dan Bulan.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaian kompetensi tersebut dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Ayo Mengamati

Perputaran Bumi mengelilingi Matahari dan perputaran Bulan mengelilingi Bumi menyebabkan gerhana bulan dan gerhana matahari. Apa perbedaan antara gerhana bulan dan gerhana matahari? Bagaimana posisi Bumi, Bulan, dan Matahari jika terjadi gerhana bulan atau gerhana matahari? Agar kamu memahaminya, pelajarilah uraian berikut.

Gerhana Bulan

Pernahkah kamu melihat gerhana bulan? Kapan gerhana bulan dapat dilihat? Gerhana bulan hanya mungkin terjadi pada malam hari ketika bulan purnama. Gerhana bulan terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus. Kedudukan Bumi berada di antara Bulan dan Matahari.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman  83, 84, 85, 86

Pada waktu gerhana bulan, cahaya Matahari yang seharusnya diterima Bulan terhalangi Bumi. Bulan berada dalam bayang-bayang Bumi. Bayang-bayang Bumi ada dua macam, yaitu umbra dan penumbra.

Ada dua macam gerhana bulan, yaitu gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan total terjadi ketika posisi Bulan berada pada umbra Bumi sehingga Bulan tertutup penuh oleh bayangan Bumi. Adapun gerhana bulan sebagian terjadi ketika hanya setengah bagian Bulan masuk ke dalam umbra Bumi. Bulan bergerak dan masuk ke daerah penumbra Bumi.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 83

Buatlah kartu informasi yang memuat informasi tentang gerakan bulan dan gerhana bulan!

Bekerjalah bersama temanmu. Gunakan bacaan yang telah kamu baca sebagai salah satu sumber informasi. Kamu dapat menggunakan sumber-sumber informasi lainnya.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman  83, 84, 85, 86

Gerakan Bulan :
  • Berputar pada porosnya
  • Gerakannya mengitari Bumi 
  • Gerakan bulan mengelilingi bumi selama satu bulan
  • Gerakan bulan mengelilingi bumi adalah dari arah barat ke arah timur
Gerhana Bulan :
  • Gerhana Bulan hanya terjadi pada pada malam hari
  • Terjadi ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus, Bumi ada di antara Bulan dan Matahari
  • Bayang-bayang Bumi ada dua macam, yaitu Umbra dan Penumbra
  • Gerhana Bulan ada dua macam, yaitu gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 84

Ayo Mencoba

Bekerjalah bersama kelompokmu. Lakukan kegiatan percobaan “Peristiwa Gerhana Bulan." Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dan ikuti urutan kegiatannya secara runut.

Kegiatan Percobaan “Peristiwa Gerhana Bulan“

Alat dan Bahan  : senter, bola sepak, dan bola tenis

2. Bagilah peran untuk tiap anggota kelompok:

a. 1 orang sebagai Matahari (memegang senter)

b. 1 orang sebagai Bumi (memegang bola)

c. 1 orang sebagai Bulan (memegang bola tenis)

d. 1 orang sebagai pengarah

e. 1 orang sebagai pengamat dan pencatat

3. Lakukan kegiatan di dalam ruangan gelap atau sedikt cahaya.

4. Posisikan Matahari, Bumi, dan Bulan dalam satu garis lurus. Nyalakan senter yang diibaratkan sebagai Matahari. Lalu, anggota kelompok yang berperan sebagai pengamat melakukan pengamatan pada bola tenis dari sisi bola sepak yang tidak terkena cahaya. Bagaimana tampilan Bulan dari sisi bola sepak yang gelap?

5. Bersama dengan anggota kelompok, diskusikan hal-hal di bawah ini.

a. Gambarkan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan saat terjadi gerhana bulan sesuai dengan kegiatan di atas!

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman  83, 84, 85, 86

b. Kapan terjadi peristiwa gerhana bulan?

Gerhana Bulan terjadi ketika kedudukan bulan, bumi dan matahari membentuk garis lurus. Kedudukan bumi berada di antara bulan dan matahari.

c. Apakah semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan? Jelaskan!

Tidak semua daerah di Bumi dapat menyaksikan gerhana bulan, hal ini dikarenakan letak yang berbeda-beda dan hanya terjadi di malam hari.

d. Apa yang akan terjadi pada bagian Bumi yang mengalami gerhana bulan?

Bagian bumi yang mengalami gerhana bulan akan menjadi lebih gelap dan dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut akibat gravitasi bulan. Jika gerhana bulan total, biasanya fenomena pasang ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan dengan ombak yang keras.

6. Apa yang dapat kelompokmu simpulkan dari kegiatan tersebut? Buatlah laporan hasil kegiatan tersebut yang mencakup judul, identitas kelompok, tujuan, alat, dan bahan, langkah kegiatan, hasil kegiatan, dan kesimpulan. Gunakan kertas HVS.

Gerhana bulan terjadi pada malam hari, ketika kedudukan Bulan, Bumi, dan Matahari membentuk garis lurus, dan Bumi berada di antara  Bulan dan Matahari. Tidak semua tempat di bumi dapat menyaksikan gerhana bulan karena gerhana bulan hanya terjadi di malam hari. Jika gerhana bulan total, biasanya fenomena pasang ini akan berlangsung selama tiga hari ke depan dengan ombak yang keras.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 85

Ayo Mengamati

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman  83, 84, 85, 86

Perhatikan peta pikiran di atas.

Jelaskan informasi yang kamu dapatkan dari peta pikiran di atas secara tertulis.

Bumi melakukan gerak rotasi bumi dan gerak revolusi bumi. Gerak rotasi bumi adalah gerak bumi berputar pada porosnya. Sedangkan gerak revolusi bumi adalah gerak bumi mengelilingi matahari.

Gerak rotasi bumi menyebabkan terjadinya siang dan malam. Sedangkan Gerak bumi mengelilingi matahari menyebabkan adanya sistem kalender masehi, gerak revolusi bumi juga menyebabkan terjadinya gerhana bulan, ketika posisi matahari, bumi dan bulan berada dalam satu garis lurus, dimana bumi berada di antara matahari dan bulan.

Bumi memiliki satelit, yaitu bulan. Bulan sendiri mengalami pergerakan, yaitu gerakan berputar pada porosnya yang disebut gerak rotasi bulan, serta gerak revolusi bulan. Gerak revolusi bulan terbagi menjadi dua, yaitu gerak bulan mengitari bumi dan gerak bulan mengitari matahari.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 86

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman  83, 84, 85, 86

Rotasi :
  • Bulan berputar pada porosnya.
  • Jangka waktu rotasi Bulan sama dengan jangka waktu Bulan mengelilingi bumi
  • Menyebabkan permukaan Bulan yang menghadap Bumi selalu sama
Revolusi mengelilingi bumi :
  • Revolusi bulan adalah gerakan bulan mengelilingi bumi.
  • Fase-fase bulan merupakan akibat dari revolusi bulan
  • Fase bulan dipengaruhi posisi bulan terhadap bumi dan matahari
Revolusi mengelilingi matahari :
  • Ikut mengelilingi matahari karena bulan merupakan satelit bumi
  • Jangka waktu bulan mengelilingi matahari sama dengan jangka waktu bumi mengelilingi matahari
  • Dalam 1 tahun bulan sekali mengelilingi matahari dan 12 kali bulan bergerak mengelilingi bumi
  • Menyebabkan adanya 12 bulan dalam 1 tahun di dalam kalender
Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 92

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 83, 84, 85, 86 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari