Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39

– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku, Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39

Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 tema 3 ini merupakan jawaban dari soal-soal yang terdapat pada Buku Tematik Terpadu. Dengan adanya Kunci Jawaban ini kami berharap bisa membantu para rekan-rekan guru yang mengajar dan para siswa dalam menjawab soal - soal latihan atau pekerjaan rumah.

Tema 3 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 5


Kunci Jawaban Tematik Halaman 32

Ayo Mengamati

Amati gambar dan baca teks tentang tanaman padi dan teh berikut.

Di manakah padi dan teh biasa tumbuh? Lingkungan yang seperti apa yang baik untuk tanaman tersebut?
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39

Apa kesimpulanmu tentang tanaman padi dan teh di atas? 
Jawaban:
Tanaman teh tumbuh dengan baik di daerah pegunungan dengan suhu 13-15 derajat celsius.

Apa perbedaan antara tempat hidup tanaman padi dan teh? 
Jawaban:
Padi tumbuh baik di daerah berhawa panas, sedangkan teh tumbuh baik di daerah berhawa dingin.

Menurutmu, apakah padi bisa tumbuh dengan baik di pegunungan?
Jawaban:
Padi dapat tumbuh dengan baik di daerah pegunungan apabila tanah di daerah pegunungan tersebut banyak mengandung praksi pasir, debu, dan lempung.

Sebaliknya, apakah teh bisa tumbuh dengan baik di sawah?
Jawaban:
Jelaskan alasanmu. Teh dapat tumbuh dengan baik di daerah persawahan yang bersuhu dingin dengan tanah banyak mengandung bahan organik.

Apakah keadaan alam (iklim dan bentuk muka bumi) mempengaruhi pertumbuhan tanaman?
Jawaban:
Jelaskan! Ya keadaan iklim sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, suhu dan kandungan unsur tanah sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Sebelum menanam tumbuhan tertentu, apa saja yang perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik?
Jawaban:
Sebelum menanam tumbuhan, kita perlu memperhatikan: kualitas tanaman itu sendiri, kualitas tanah, kondisi lingkungan (suhu), cuaca (Hujan atau Kemarau), dan perawatan tanaman.

Tukarkan jawabanmu dengan temanmu dan diskusikan jika terdapat perbedaan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 33

Ayo Berdiskusi

Kondisi dan karakteristik alam yang berbeda mempengaruhi jenis tumbuhan yang hidup di sekitar wilayah tersebut. Ayo, cari tahu tentang kondisi dan karakteristik alam yang ada di sekitarmu (iklim, lapisan tanah, dan bentuk muka bumi).

Tumbuhan apa saja yang cocok tumbuh di wilayah tersebut? Kamu dapat menggali informasi dari berbagai sumber (buku perpustakaan, internet, atau narasumber).

Tulis hasil temuanmu pada kolom berikut
Hasil suatu jenis tanaman bergantung pada interaksi antara faktor genetis dan faktor lingkungan seperti jenis tanah, topografi, pengelolaan, pola iklim dan teknologi. Dari faktor lingkungan, maka faktor tanah merupakan modal utama. Keadaan tanah sangat dipengaruhi oleh unsur-unsur iklim, yaitu hujan, suhu dan kelembaban.
  1. Suhu udara dan tanah mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Tanaman tropis misalnya coklat memerlukan suhu tinggi sepanjang tahun. Batas atas suhu yang mematikan aktivitas sel-sel tanaman berkisar antara 120 sampai 140 F tetapi nilai ini beragam sesuai dengan jenis tanaman dan tingkat pertumbuhannya.
  2. Air adalah faktor yang lebih penting dalam produksi tanaman pangan dibandingakan dengan faktor lingkungan lainnya. Tanaman pangan memperoleh persediaan air dari akar, itu sebabnya pemeliharaan kelembaban tanah merupakan faktor yang penting dalam pertanian. Jumlah air yang berlebih dalam tanah akan mengubah berbagai proses kimia dan biologis yang membatasi jumlah oksigen dan meningkatkan pembentukan senyawa yang berbahaya bagi akar tanaman. Curah hujan yang lebat dapat menggangu pembungaan dan penyerbukan.
  3. Curah hujan memegang peranan pertumbuhan dan produksi tanaman pangan. Hal ini disebabkan air sebagai pengangkut unsur hara dari tanah ke akar dan dilanjutkan ke bagian-bagian lainnya.
  4. Tumbuhan di sekitar kita memberi banyak manfaat bagi manusia. Selain untuk makanan, tumbuhan juga dapat dimanfaatkan untuk karya seni, seperti karya seni kolase yang telah kamu buat.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 34

Ayo Berkreasi

Pada pertemuan sebelumnya kamu dan teman-temanmu telah membuat kolase dari tumbuhan. Pamerkan kolase tersebut di meja masing-masing. Jelaskan hasil karyamu kepada teman satu kelompok secara bergiliran.

Amati hasil karya teman-temanmu tersebut dan beri komentar sebagai bentuk apresiasimu. Tuliskan pada potongan kertas yang telah disediakan di setiap meja.

Apresiasi seni merupakan suatu penilaian terhadap suatu karya seni, mulai dari mengenali, menilai, dan menghargai makna atau nilai-nilai yang terkandung dalam karya seni tersebut.

Pilih salah satu hasil karya temanmu. Tulis apresiasimu atas hasil karya tersebut dengan menjawab pertanyaan berikut.

Apa yang kamu ketahui tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban:
Jawaban disesuaikan oleh siswa dalam menuliskan informasi yang mereka temukan.

Bagaimana pendapatmu tentang hasil karya temanmu tersebut?
Jawaban:
Jika memang hasil karyanya bagus dan menarik kita hargailah, kasih pujian biar semangat untuk kedepannya.  jika kurang bagus kita dukung, jangan malah merendahkan, agar ia belajar lebih tekun lagi.

Menurutmu, bagian mana yang menarik dari karya tersebut? Mengapa?
Jawaban:
Menurut saya yang menarik dari karya adalah cara pembutannya,dari inspirasi seseorang yang membangkitkan berkarya.

Apa saran yang ingin kamu sampaikan agar karya seni tersebut lebih baik lagi?
Jawaban:
Saran yang bisa saya jawab adalah, kita harus bisa membuat sebuah karya baru yang dibisa di terima oleh masyarakat dan menganggap seni sebagai budaya yang perlu di lestarikan

Kunci Jawaban Tematik Halaman 35, 36, 38, 39

Ayo Berlatih

Amati 3 karung beras berikut.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39
Taksirlah berat karung A dan B jika digabungkan.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6. Hasil penjumlahan = 8 + 6 = 14 kg.


Taksirlah berat karung A dan C jika digabungkan.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. Hasil penjumlahan = 8 + 4 + 12 kg.

Taksirlah berat karung A, B, dan C jika digabungkan.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6, Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. Hasil penjumlahan = 8 + 6 + 4 = 18 kg

Taksirlah selisih berat karung A dan B.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6. Hasil pengurangan = 8 - 6 = 2 kg.

Taksirlah selisih berat karung A dan C.
Jawaban:
Karung A =1/5 lebih dekat ke nol sehingga menjadi 8, Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. Hasil pengurangan = 8 - 4 = 4 kg

Taksirlah selisih berat karung B dan C.
Jawaban:
Karung B 3/4 lebih dekat ke 1 sehingga menjadi 6, Karung C 2/3 lebih dekat ke 1 sehingga dibulatkan menjadi 4. Hasil pengurangan = 6 - 4 = 2 kg.

Kamu akan berlatih melakukan penaksiran terhadap penjumlahan dan pengurangan pecahan. Sebelumnya perhatikan soal cerita berikut.

Contoh 1 
Seorang petani berjalan 3 1/10 km dari rumahnya menuju sawah. Setelah itu, Ia berjalan lagi sejauh 2 4/5 km ke ladangnya. Taksirlah berapa km petani tersebut berjalan?

Kamu hanya perlu mengetahui berapa km petani tersebut berjalan. Oleh sebab itu, kamu bisa menaksir jumlah 3 1/10 dan 2 4/5 . Bagaimana caranya?. 1/10 lebih dekat dengan 0 sehingga 3 1/10 digulatkan menjadi 3, 4/5 lebih dekat dengan 1 sehingga 2 4/5 dibulatkan menjadi 3. Jadi petani tersebut berjalan 6 km dari rumah ke sawah dan dilanjutkan ke ladang.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39

Contoh 2:
Dayu tinggal 6 4/10 km dari sekolah. Udin tinggal 2 9/10 km dari sekolah. Kira-kira lebih jauh berapa km tempat tinggal Dayu dibandingkan Udin?

Jawab:
4/10 lebih dekat ke setengah sehingga 6 4/10 dibulatkan menjadi 6, 9/10 lebih dekat ke 1 sehingga 2 9/10 dibulatkan menjadi 3.  Selisih = 6 -3 = 3 km. Dayu tinggal kira-kira 3 km lebih jauh dari pada Udin dari sekolah.

Taksirlah penjumlahan dan pengurangan pecahan berikut
1. 2 1/4 + 1 1/3 = 2 + 1 = 3
2. 1/4 + 1 1/3 = 0 + 1 = 1
3. 2 1/4 - 1 = 2 - 1 = 1
4. 4 3/4 - 2 = 5 -2 = 3

5. Buatlah soal cerita tentang penjumlahan pecahan. Minta temanmu menaksir hasil pejumlahan pecahan dalam soal cerita tersebut.
Ibu berbelanja di pasar membeli 1/4 kg bawang merah , 1 1/4 kg bawang putih, 1/2 kg dan 4/5 kg minyak goreng. Berat seluruh belanjaan ibu kira-kira ...kg.

6. Buatlah soal cerita pengurangan pecahan. Minta temanmu menaksir hasil pengurangan pecahan tersebut.
Ahmad memiliki tali sepanjang 3 7/8  m. Kemudian tali tersebut dipotong 1 3/7  m, maka sisa tali Ahmad kira-kira … m.





Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 32, 33, 34, 35, 36, 38, 39 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam