Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 77, 78, 79, 80, 81

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku Subtema 2 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 4 Halaman 77, 78, 79, 80, 81 Semester II Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.


Pembelajaran Tema 8 terdiri dari Tiga Subtema dan di bagi menjadi Enam Pembelajaran yang akan di pelajari oleh siswa, Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Subtema 2 Bumiku dan Musimnya, Subtema 3 Bumi, Matahari dan Bulan.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaian kompetensi tersebut dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 8 Kelas 6 SD Subtema 2 Pembelajaran 4


Vietnam

Keadaan Sosial Budaya

Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka  disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.


Thailand

Keadaan Sosial Budaya

Thailand dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Buddha Theravada. Ada juga pemeluk agama Islam, Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya. Bahasa inggris diajarkan di sekolah. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. Thailand merupakan daerah tujuan wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Mereka ingin mengunjungi objek wisata pantainya, misalnya Pantai Pattaya.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 77

Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Vietnam dan Thailand. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 77, 78, 79, 80, 81

Kondisi Geografis Vietnam :
Luas Vietnam kurang lebih 331.210 km2. Daerahnya terdiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat serta sedikit dataran rendah. Wilayah Vietnam bagian utara berupa pegunungan, sedangkan bagian selatan berupa dataran rendah yang subur.

Kondisi Sosial Budaya Vietnam :
Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal ditepi pantai. Orang Hoa (Etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan di pakai oleh wanita.

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya :
Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal ditepi pantai. Orang Hoa (Etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah.

Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 77, 78, 79, 80, 81

Kondisi Geografis Thailand :
Wilayah Geografis Thailand dapat dibedakan menjadi empat wilayah, yaitu dataran rendah, pegunungan, pegunungan kapur, dan tanah genting kra. Bagian utara dan barat wilayah Thailand merupakan pegunungan. Pohon jati banyak tumbuh di pegunungan utara. Bagian tengah wilayah Thailand berupa dataran rendah. Sungai utama di Thailand adalah sungai Chao Phraya, Sungai Chi, dan sungai Mun. Negara Thailand beriklim tropis. 

Kondisi Ssosial Budaya Thailand :
Thailand dikenal sebagai negara gajah putih. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Budha Theravada. Ada juga pemeluk agama Islam, Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya. Bahasa Inggris diajarkan disekolah. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. Thailand merupakan negara tujuan wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Mereka ingin mengunjungi objek wisata pantainya, misalnya pantai pattaya.

Analisis hubungan kondisi geografis dan sosial budaya :
Daerah yang menjadi pusatkegiatan masyarakat Thailand berupa dataran rendah di daerah aliran sungai Chao Phraya.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 78, 79

Ayo Berlatih

Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 77, 78, 79, 80, 81

Gagasan Utama : Pertanian merupakan sektor yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian negara, khususnya bagi negara-negara berkembang di kawasan Asia Tenggara.

Kata Kunci/Gagasan pendukung :
1. Pertanian
2. Perekonomian
3. Thailand, Vietnam dan Kamboja

Ringkasan Bacaan : Pertanian merupakan sektor utama penggerak perekonomian negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara itu antara lain Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Selain sebagai penyumbang perkembangan perekonomian, juga mampu menyerap tenaga kerja yang tinggi. Sektor pertanian terutama pertanian padi merupakan sumber pendapatan utama petani negara-negara seperti Thailand, Vietnam dan Kamboja. Produksi sempat turun saat negara-negara tersebut terlibat perang saudara, namun kembali pulih setelah perang berakhir.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 80

Ayo Mengamati

Kita telah mempelajari keadaan alam dan sosial budaya beberapa negara di Asia Tenggara. Setiap negara memiliki keunikan masing-masing, namun ada satu persamaan yang dimili ki oleh negara-negara tersebut yaitu kebutuhan rakyatnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut.

Pernyataan tersebut tercantum dalam Pasal 27 Ayat 2.

Pesan apa yang kamu dapatkan dari bunyi pasal di atas?

Pesan yang didapatkan dari bunyi pasal diatas adalah warga negara berhak untuk mendapatkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya.

Apakah menurutmu dalam pasal tersebut juga disinggung tentang tanggung jawab warga negara dalam mengusahakan kehidupan yang layak ?

Ya, karena tanggung jawab warga negara dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya secara seimbang, sehingga mendapatkan hak pekerjaan dan kehidupan juga merupakan bentuk tanggung jawab warga negara.

Kalimat yang manakah yang menyatakan hal tersebut?

"Berhak atas pekerjaan dan penghidupan".

Amatilah lingkungan sekitarmu.
Identifikasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak!

• Bekerja dengan sungguh-sungguh
• Mengikuti diklat (pendidikan dan latihan) kerja
• Mendapat sistem pengupahan yang baik
• Menaati peraturan yang ada

Apa yang akan terjadi apabila warga negara tersebut tidak melakukan tanggung jawabnya?

Akan terjadi ketidak seimbangan antara hak dan kewajiban yang akan menimbulkan pertikaian, konflik, permusuhan, yang pada akhirnya hilangnya nilai kebersamaan, kekeluargaan dan persatuan.

Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 83, 84, 85, 86

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 4 Halaman 77, 78, 79, 80, 81 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari