Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Halaman 81, 82, 83, 85, 86

– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan, Halaman 81, 82, 83, 85, 86

Tema 7 Kelas 5 SD Subtema 2 Pembelajaran 1



Ayo Membaca

Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Sejak pagi, telah dilakukan persiapan di rumah Ir. Soekarno, untuk menyambut Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Banyak tokoh pergerakan nasional beserta rakyat berkumpul di tempat itu. Mereka ingin menyaksikan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Sesuai kesepakatan yang diambil di rumah Laksamana Maeda, para tokoh Indonesia menjelang pukul 10.30 waktu Jawa zaman Jepang atau pukul 10.00 WIB telah berdatangan ke rumah Ir. Soekarno. Mereka hadir untuk menjadi saksi pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Acara yang disusun dalam upacara di kediaman Ir. Soekarno itu, antara lain sebagai berikut.
a. Pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
b. Pengibaran bendera Merah Putih.
c. Sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.

Upacara Proklamasi Kemerdekaan berlangsung tanpa protokol. Latief Hendraningrat memberi aba-aba siap kepada semua barisan pemuda. Semua yang hadir berdiri tegak dengan sikap sempurna. Suasana menjadi sangat hening. Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dipersilakan maju beberapa langkah dari tempatnya semula. Ir. Soekarno mendekati mikrofon. Dengan suaranya yang mantap, Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh. Hatta membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang telah diketik oleh Sayuti Melik. Berikut teks Proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik.


 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Halaman 81, 82, 83, 85, 86

Pengibaran Bendera Merah Putih

Sesaat setelah pembacaan Proklamasi Kemerdekaan, dilanjutkan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Bendera Sang Saka Merah Putih dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno. Suhud mengambil bendera dari atas baki (nampan) yang telah disediakan dan mengibarkannya dengan bantuan Shodanco Latief Hendraningrat. Kemudian, Sang Merah Putih mulai dinaikkan dan hadirin yang datang bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bendera dinaikkan perlahan-lahan menyesuaikan syair lagu Indonesia Raya. Seusai pengibaran bendera Merah Putih, acara dilanjutkan sambutan dari Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi.

Kunci Jawaban Tematik halaman 81, 82

Ayo Berdiskusi

Berdiskusilah dengan teman sebangkumu mengenai bacaan di atas. Buatlah ulasan mengenai isi bacaan. Tuliskan pada kolom berikut.

1. Judul bacaan
Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi

2. Isi bacaan yang paling menarik
Sang Merah Putih mulai dinaikkan dan hadirin yang datang bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya. Bendera dinaikkan perlahan-lahan menyesuaikan syair lagu Indonesia Raya.

Ayo Berlatih

Ayo, temukan kosakata baku dan tidak baku pada bacaan yang berjudul “Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi”. Kemudian, carilah arti katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya kepada guru, atau berdiskusi.

Perhatikan cara-cara menggunakan kamus.
  1. Pilihlah sebuah kata dari daftar kosakata barumu. Misalnya: proklamasi
  2. Bukalah kamusmu, carilah daftar kata-kata yang dimulai dengan huruf awal “p”. Ingat, setiap kata pada kamus selalu diurutkan berdasarkan urutan abjad.
  3. Dalam daftar kata yang berhuruf awal “p” itu, carilah daftar kata yang dimulai dengan “pr”.
  4. Carilah daftar kata yang dimulai dengan “pro”. Kata proklamasi akan kamu temukan di antara kata-kata itu. Selamat mencari!
Kata Baku dan Tidak Baku
Kosakata Baku
Arti
Kosakata Tidak Baku
Arti
ProklamasiPemberitahuan resmi kepada seluruh rakyat; permakluman; pengumuman
Baki
Nampan
LaksamanaPangkat perwira tinggi dalam angkatan laut,
Shodanco
Pangkat kemiliteran Jepang
SaksiOrang yang melihat atau mengetahui sendiri suatu peristiwa
-
-
UpacaraRangkaian tindakan atau perbuatan yang terikat pada aturan tertentu
-
-
ProtokolOrang yang bertugas mengatur jalannya upacara
-
-

Kunci Jawaban Tematik Halaman 83

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan Peristiwa Pembacaan Teks Proklamasi. Kemudian, tuliskan kembali peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui kegiatan berikut.
  1. Kapan teks Proklamasi dibacakan: 17 Agustus 1945
  2. Di mana teks Proklamasi dibacakan: Rumah Laksamana Maeda
  3. Siapakah yang membuat dan membacakan teks Proklamasi: Ir. Soekarno
  4. Siapa sajakah tokoh yang hadir pada peristiwa pembacaan teks Proklamasi: Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta
  5. Susunan acara pada pembacaan teks proklamasi: Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan, Pengibaran bendera Merah Putih, dan sambutan Wali Kota Suwiryo dan dr. Muwardi

Ayo Membaca

Kalor Mengubah Suhu Benda

Kalor didefinisikan sebagai energi panas yang dimiliki oleh benda. Secara umum, mengetahui adanya kalor yang dimiliki oleh benda dapat dilakukan dengan cara mengukur suhu benda tersebut. Jika suhu benda tinggi, kalor yang dikandung oleh benda juga besar. Sebaliknya, jika suhu benda rendah, kalor yang dikandung oleh benda juga kecil.

Kalor yang dimiliki oleh suatu benda bisa berubah-ubah. Bisa naik, bisa juga turun karena kalor dapat berpindah dari suhu tinggi menuju suhu rendah.

Contoh bahwa kalor dapat mengubah suhu benda: Air panas memiliki suhu tinggi. Air dingin memiliki suhu rendah. 

Apabila kedua air dicampur, campuran itu akan menghasilkan suhu baru.Suhu rendah akan meningkat karena menerima panas yang bersuhu tinggi.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 85

Ayo Mencoba


Ceritakan pengalamanmu saat melakukan percobaan.

Saat air dipanaskan, air yang semula dingin (bersuhu rendah) menerima panas dari  api melalui cerek
Air menerima panas, lama-kelamaan air menjadi panas (suhu meningkat).

Kesimpulan:
Makin besar energi panas yang diterima air, makin besar pula kenaikan suhu pada air.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 86

Ayo Mengamati

Ayo, amatilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan adanya perubahan suhu benda yang disebabkan kalor. Indentifikasi dengan cara menuliskan perubahan suhu benda yang disebabkan oleh kalor pada tabel berikut!

Peristiwa Perubahan Suhu karena Kalor
1.
Saat memasak air air air yang dingin berubah menjadi panas
4
Besi yang dibakar akan menjadi panas
2.
Setelah berolah raga tubuh berkeringat
5
Saat siang hari tubuh terasa panas saat berjalan di bawah sinar matahari
3
Sendok menjadi panas saat digunakan mengaduk kopi
6
Air raksa dalam termometer akan naik saat terkena panas tubuh



Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku


Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 7 Subtema 2 Halaman 81, 82, 83, 85, 86 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam