Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13, 15


Tema 3 Kelas 4 SD Subtema 1 Pembelajaran 2


Sebelumnya kamu sudah belajar tentang tanaman padi. Betapa banyak manfaat padi. Sebagian besar orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan utama. Begitu juga Beni. Beni makan nasi sebagai makanan pokoknya.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 7

Ayo Berdiskusi

Setiap hari Beni, Adik, dan kedua orang tuanya selalu makan malam bersama. Di keluarga Beni semua orang diberi kesempatan untuk mengambil nasi sendiri. Ibu Beni selalu berpesan, ambil secukupnya.

Adik Beni, sering tidak menghabiskan nasinya. Alasannya karena ia sudah kenyang. Sering kali Ibu mengingatkannya. Namun, adik Beni belum juga mau menghabiskannya.

Berbeda dengan adiknya, Beni selalu menghabiskan makanannya. Dia selalu mengambil secukupnya.

Diskusikan dengan kelompokmu.
1. Apa yang dilakukan adik Beni terhadap makanannya? Jelaskan alasanmu. Adik Beni belum mau menghabiskan nasinya ketika makan.

2. Apa yang dilakukan Beni terhadap makanannya? Jelaskan alasanmu. Beni selalu menghabiskan makanannya karena dia mengambil makanan secukupnya saja.

3. Manakah yang menurutmu telah bersikap bijak terhadap makanan? Beni atau adiknya? Jelaskan alasanmu. Menurut saya sikap Beni lebih bijak dibanding adiknya karena kita tidak boleh menyia-nyiakan makanan, ambilah makanan secukupnya saja jangan berlebihan.

4. Ketika adik Beni membuang makanan, siapa saja yang dia rugikan? Jelaskan alasanmu. Pihak yang dirugikan adalah ayah dan ibu yang telah berusaha mencari dan menyediakan makanan tersebut untuk anak-anaknya. Pihak lain yang dirugikan adalah para petani karena mereka dengan susah payah menanam padi sampai menjadi beras.

5. Ketika adik Beni makan malam, apakah dia sudah mendapatkan haknya? Jelaskan alasanmu. Sebagai seorang anak berhak mendapatkan makanan dari kedua orang tuanya.

6. Ketika adik Beni membuang makanannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan alasanmu. Ketika adik Beni membuang makanan berati dia belum melaksanakan kewajibannya. Seharusnya kita bijak dalam memanfaatkan makanan.

7. Ketika Beni menghabiskan makanannya, apakah dia sudah melaksanakan kewajibannya? Jelaskan alasanmu. Ketika Beni menghabiskan makananya berarti Beni telah melaksanakan kewajibannya, kita tidak boleh menyia-nyiakan makanan kta harus bijak memanfaatkan makanan.

Tanaman mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Selain untuk makanan, tanaman juga menghasilkan oksigen. Kita berhak menikmati manfaat dari tanaman. Namun, kita juga wajib untuk bijak menggunakannya. Salah satu cara bijak dalam menikmati manfaat dari tanaman adalah dengan tidak membuang-buang makanan.

Bayangkan kalau semua orang seperti adik Beni, berapa banyak nasi yang terbuang sia-sia setiap hari? Berapa banyak sumber daya alam dan energi yang terbuang setiap hari?

Bagaimana dengan kamu? Sudahkah kamu memanfaatkan makananmu dengan baik?

Berpikirlah Sebelum Kamu Membuangnya

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13, 15

Karena ternyata untuk memperoleh sepiring nasi dibutuhkan perjuangan panjang dari mulai menanam padi sampai tersedia sepiring nasi.

Perhatikan gambar berikut.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13, 15

Kunci Jawaban Tematik Halaman 9, 10

Berdasarkan gambar di atas diskusikan.

Pertanyaan
Gambar A
Gambar B
Gambar C
Apa yang dilakukan
orang pada gambar
tersebut?
Menebang pohonMenanam PohonMerusak Tanaman
Apakah tindakan
tersebut baik?
Mengapa?
Kurang baik karena dapat merusak lingkunganBaik karena dapat menjaga kelestarian tanamanTidak baik karena dapat merusak tanaman
Dampak bagi
lingkungan
Hutan menjadi gundulLingkungan menjadi hijauBanyak tanaman mati
Dampak bagi orang
lain
Hutan yang gundul dapat menyebabkan banjir dan tanah longsorOrang lain dapat menikmati lingkungan yang indahJika banyak tanaman yang mati lingkungan menjadi gersang
Apakah perbuatan
dalam gambar
tersebut melanggar
hak orang lain?
Mengapa
Ya, dengan menebang hutan berarti melanggar hak orang lain untuk mendapatkan lingkungan yang sehatTidak, dengan menanam tanaman justru membantu orang lainYa, dengan merusak tanaman berarti melangar hak oran lain mendapatkan lingkungan yang hijau
Apakah orang
tersebut sudah
melaksanakan
kewajibannya?
Mengapa?
Belum, seharusnya kita memanfaatkan hutan dengan bijakSudah, menanam tanaman berarti menjaga kelestarian alamBelum merusak tanaman tindakan yang kurang baik
Apakah yang
sebaiknya
dilakukan?
Kita tidak boleh menebang hutan sembaranganMenanam tanaman dapat menghijaukan lingkunganKita tidak boleh mersak tanaman

Bijak memanfaatkan tumbuhan berarti kita menghematnya, tidak membuang-buangnya, tidak mengambil secara berlebih dan tidak merusaknya. Ketika kita tidak memanfaatkan tumbuhan dengan baik berarti kita sudah mengambil hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang nyaman. Sekarang, lihatlah diri kamu. Apakah kamu sudah memanfaatkan tumbuhan dengan bijak.

Pernyataan
Uraian
Contoh sikapmu yang sudah bijak terhadap tumbuhanMerawat tanaman bunga yang ada di rumah dengan cara menyiramnya
Dampak dari sikapmu tersebut bagi
lingkungan
Tanaman tumbuh dengan baik sehingga lingkungan rumah menjadi indah
Contoh sikapmu yang belum bijak
terhadap tumbuhan
Membiarkan tanaman mati kekurangan air
Dampak dari sikapmu yang belum
bijak tersebut bagi lingkungan
Tanaman menjadi mati karena tidak terawat
Apa rencanamu untuk memperbaikiTanaman harus disiram pagi dan sore agar tumbuh dengan baik

Mengambil makanan secukupnya adalah hal yang bijak yang bisa dilakukan untuk menghemat makan. Kamu berkewajiban menghemat makanan.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 11, 12, 13

Ayo Berlatih

Tahukah kamu bahwa diperkirakan 1,3 miliar ton makanan hilang atau dibuang setiap tahunnya. Fakta tersebut berasal dari PBB.

Diperkirakan 1,3 miliar ton adalah bilangan taksiran. Sekarang, bagaimana cara menaksirkan bilangan desimal?

Untuk menaksirkan bilangan desimal kamu bisa membulatkannya. Caranya hampir sama dengan kamu membulatkan bilangan bulat.

 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13, 15

Jika bilangan desimal setelah koma lebih dari 5, maka dibulatkan ke atas Jika bilangan desimal setelah koma kurang dari 5, maka dibulatkan ke bawah

Misalkan bulatkan nilai 5,3. 
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13, 15
Lebih dekat kemanakah bilang 5,3? Ke 5,0 atau 6,0? Jelaskan.
Bilangan 5,3 lebih dekat ke 5,0 daripada ke 6,0 sehingga 5,3 dibulatkan menjadi 5,0

Letakkan bilangan 5,23 ke garis bilangan berikut
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13, 15

Lebih dekat ke manakah bilang 5,23? Ke 5,20 atau 5,30? Jelaskan.
Bilangan 5,23 lebih dekat ke 5,20 daripada ke 5,30 maka 5,23 dibulatkan menjadi 5,20.

Siti dan teman-temannya melakukan observasi untuk mengukur tinggi tanaman di sekitarnya. Berikut adalah data yang Siti temukan

Nama Tanaman
Dalam centimeter
Dalam meter (dibagi 100)
Pembulatan ke Persepuluh terdekat
Jambu1361,361,4
Mangga1251,251,3
Cocor bebek330,330,3
Mawar560,560,6
Melati240,240,2

Temukan bilangan-bilangan desimal di sekitarmu. Lalu mintalah temanmu untuk membulatkannya.
Soal
Jawaban
Panjang sebuah meja adalah 1, 25 meter. Berapa panjang meja jika dibulatkan ke persepuluhan terdekat?Panjang meja jika dibulatkan ke persepuluhan terdekat menjadi 1, 3 m angka dibelakang koma 0,25 lebih dekat ke 0,30.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 15

Ayo Berkreasi

Saatnya kamu berkreasi membuat kolase dari tumbuhan yang ada di sekitarmu.
Apa itu kolase?
Kolase merupakan karya seni tempel pada permukaan gambar.
Amatilah kolase berikut.
 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas  Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13, 15

Sekarang, diskusikan dengan kelompokmu bagaimana teknik membuat kolase.
Teknik Pembuatan Kolase
  1. Siapkan bahan dari barang bekas, seperti koran, majalah, dan kertas. Media dan perangkat yang dibutuhkan: kalender bekas/kertas gambar, pewarna, gunting pensil, dan lem.
  2. Buat gambar bunga (atau gambar lain yang kalian inginkan) di kalender bekas/kertas gambar.
  3. Rencanakan penempelan bahan bekas pada gambar yang sudah kamu buat. Bahan bekas diberi pewarna terlebih dahulu.
  4. Gunting atau sobek bahan bekas menjadi ukuran kecil.
  5. Oleskan lem sedikit demi sedikit pada gambar yang akan ditempeli kertas.
  6. Tempelkan guntingan atau sobekan bahan bekas tadi pada kertas.
  7. Lakukan dengan rapi sesuai kreativitasmu. Usahan tempelan kertas  tertata dengan rajin sehingga hasil kolase juga rajin.
Buatlah kolase dari tumbuhan yang ada di sekitarmu.
Bahan: daun-daun, batang tumbuhan, dan lem. Alat: gunting
Langkah-langkah:
  1. Siapkah bahan
  2. Buatlah sketsa gambar yang kamu sukai. (atau kamu bisa minta sketsa gambar kupu- kupu kepada gurumu)
  3. Aturlah daun-daun atau batang tumbuhan menutupi sketsa gambarmu. Perhatikan ukuran, perpaduan warna, dan bentuknya.
  4. Tempelkan daun atau batang tumbuhan kering pada kertas gambarmu dengan menggunakan lem. Tempel dengan rapi




Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Halaman 7, 9, 10, 11, 12, 13,  15 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam