Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 102, 104, 106, 107

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku Subtema 3 Bumi, Matahari dan bulan Pembelajaran 2 Halaman 102, 104, 106, 107 Semester II Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.


Pembelajaran Tema 8 terdiri dari Tiga Subtema dan di bagi menjadi Enam Pembelajaran yang akan di pelajari oleh siswa, Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Subtema 2 Bumiku dan Musimnya, Subtema 3 Bumi, Matahari dan Bulan.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaian kompetensi tersebut dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 8 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 2


Gerhana Bulan

Gerhana bulan merupakan suatu peristiwa yang terjadi dimana kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, sehingga bayangan Bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan Bulan. Proses terjadinya gerhana bulan ini dimulai saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan pada satu garis yang sama. Hal ini mengakibatkan sinar Matahari tidak sampai ke Bulan karena terhalang oleh Bumi.

Gerhana bulan ini bisa terjadi karena pada saat Bumi berada di antara Matahari dan juga Bulan dalam posisi sejajar seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada hal demikian Bumi akan menghalangi sinar Matahari yang menuju ke Bulan, sehingga permukaan Bulan akan tertutupi oleh bayangan Bumi. Proses terjadinya gerhana bulan ini lebih lama jika dibandingkan dengan Matahari, meskipun perbedaan waktunya hanya beberapa menit saja. Seperti halnya gerhana matahari, proses terjadinya gerhana bulan ini sebagai berikut.

1. Dimulai ketika Bulan yang bersinar terang tiba-tiba tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan hitam. Bayangan hitam tersebut adalah bayangan dari Bumi.

2. Setelah itu lama-kelamaan Bulan yang bulat akan tertutup semakin banyak hingga Bulan hanya terlihat sebagian dan semakin lama Bumi akan terlihat menyabit.

3. Setelah Bumi menyabit, lama-kelamaan Bulan akan tampak menghilang karena tertutup oleh bayangan Bumi. Saat inilah kita tidak dapat melihat Bulan, Bulan seperti menghilang.

4. Setelah Bulan tertutup semua dan tampak seperti menghilang, kemudian kita akan menyaksikan Bulan kembali muncul dari arah pertama kali Bulan menghilang. Munculnya Bulan ini dimulai dari bentuk Bulan sabit, setelah itu Bulan tersebut semakin lama akan semakin terlihat setengah, dan semakin lama akan semakin utuh sehingga tampak seperti semula.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 102

Teks bacaan diatas terdiri dari tiga paragraf yang memiliki gagasan pokok yang berbeda. Bacalah kembali masing-masing paragraf. Carilah informasi penting dari paragraph tersebut yang bisa disajikan melalui gambar (visual) dan sajikan kembali informasi tersebut secara visual.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 102, 104, 106, 107


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 104

Ayo Mencoba

Lakukan kembali pada halaman 96-98. Pada kesempatan ini, fokuskanpengamatanmu pada posisi Bulan. Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas lima siswa. Bagaimanakah kenampakan Bulan dari Bumi?

Pilihlah salah satu kegiatan di bawah ini!

Siapkan alat dan bahannya dan ikuti petunjuk kegiatan secara runut.

1. Kegiatan A

Alat dan bahan :
  • Senter (model matahari)
  • Bola plastik ukuran kecil/bola tenis (model bulan)
  • Bola plastik ukuran besar/globe (model bumi)
Langkah kegiatan :
  • Bagilah tanggung jawab dalam kelompokmu
  • 1 orang memegang senter (matahari)
  • 1 orang memegang bola plastik kecil (bulan)
  • 1 orang memegang bola plastik besar (bumi)
  • 1 orang memberikan instruksi untuk menyalakan/mematikan senter dan memastikan bahwa kedudukan senter, bola kecil dan bola besar mengikuti garis lurus
  • 1 orang mengamati dan mencatat
  • Buat posisi seperti pada gambar!
  • Nyalakan senter dan amati apa yang terjadi
  • Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang gelap
  • Coba kamu perhatikan posisi bulan. Bagaimanakah kenampakan bulan dari bumi?
Kedudukan bulan (bola plastik kecil) berada diantara bumi (bola plastik besar) dan matahari (senter). Kedudukan tersebut menyebabkan cahaya matahari (senter) ke bumi (bola plastik besar) terhalang oleh bulan (bola plastik kecil). Dengan demikian A ini merupakan simulasi gerhana matahari.
 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 102, 104, 106, 107

2. Kegiatan B

Alat dan bahan :
  • Senter
  • benang
  • Globe/bola ukuran besar
  • bola tenis
  • Dudukan bola
Langkah kegiatan :
  • Letakkan globe/bola besar di atas meja
  • Ikatlah bola tenis dengan tali, kemudian gantungkan pada kedudukan bola
  • Letakkan bola tenis di belakang globe/bola besar
  • Nyalakan senter, kemudian arahkan cahaya pada bola besar/globe sehingga membentuk garis lurus
  • Amati dan catatlah apa yang kamu lihat
  • Usahakan kamu melakukan kegiatan ini di ruang yang gelap.
Ketika senter dinyalakan, sinar senter (matahari) tidak sampai kebola tenis (bulan) karena terhalang oleh globe / bola ukuran besar (bumi). Dengan demikian kegiatan B merupakan simulasi gerhana bulan.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 102, 104, 106, 107

Lakukan kegiatan ini secara bergantian sehingga setiap anggota kelompok melakukan percobaan dan pengamatan.

Catatlah hasil pengamatanmu dan sajikan dalam bentuk laporan. Presentasikan laporan pengamatan dan percobaan yang kamu lakukan.

Perhatikan presentasi laporan kelompok lain yang melakukan kegiatan yang berbeda dengan kelompokmu. Bandingkan laporanmu dengan laporan kelompok tersebut.

Apakah kamu menemukan hal yang sama?

Apakah kamu menemukan hal yang berbeda?

Tuliskan hasil perbandinganmu di kotak yang disediakan.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 102, 104, 106, 107

Jawaban dari tabel di atas mungkin berbeda tergantung dari laporan kelompokmu dan laporan kelompok temanmu.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 106, 107

Ayo Berkreasi

Persiapkan sebuah kegiatan pameran informasi.

Bentuklah kelompok kerja yang terdiri atas tiga atau empat orang.

Sajikan kembali semua informasi yang telah kamu dapatkan dan pelajari sebelumnya tentang gerhana matahari dan gerhana bulan.

Kamu boleh menggunakan catatanmu atau hasil-hasil belajar sebelumnya sebagai bahan yang akan kamu pamerkan dan presentasikan.

Supaya menarik, buatlah reklame pameranmu dalam bentuk brosur, buatlah semenarik mungkin dan tempelkan di dinding kelas.

Sajikan kalimat informasi dalam katalog yang kamu buat. Perhatikan komposisi huruf dan gambar, kontras warna dan tata letaknya.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Halaman 102, 104, 106, 107


Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 109, 110, 111, 112

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 2 Halaman 102, 104, 106, 107 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari