Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 61, 62, 65, 66, 69

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Bumiku Subtema 1 Bumiku dan Musimnya Pembelajaran 2 Halaman 61, 62, 65, 66, 69 Semester II Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.


Pembelajaran Tema 8 terdiri dari Tiga Subtema dan di bagi menjadi Enam Pembelajaran yang akan di pelajari oleh siswa, Subtema 1 Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya, Subtema 2 Bumiku dan Musimnya, Subtema 3 Bumi, Matahari dan Bulan.

Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaian kompetensi tersebut dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.

Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 61, 62

Ayo Mengamati

Pada siang hari, suhu udara panas. Akibatnya, kaca jendela memuai. Namun, pada malam hari, suhu menurun. Perubahan suhu membuat kaca jendela menyusut. Karena itulah, ukuran bingkai lebih besar daripada ukuran kaca. Ada cukup ruang tersedia saat kaca memuai sehingga kaca tidak pecah. Saat musim kemarau, malam hari tampak cerah. Cobalah pergi keluar teras rumahmu saat bulan purnama. Pandangilah Bulan.

Bagaimana bentuk Bulan?

Bulan nampak bulat jika dilihat dari bumi.

Apakah Bulan bergerak?

Ya, Bulan bergerak pada orbitnya mengitari bumi.

Apakah Bulan memiliki cahaya sendiri?

Tidak, cahaya bulan berasal dari pantulan sinar matahari.

Apakah Bulan berputar?

Ya, Bulan berputar pada porosnya.

Apa yang dikelilingi Bulan?

Bulan mengelilingi bumi.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 61, 62, 65, 66, 69

Apa yang dapat kamu simpulkan dari gerak Bulan?
  • Bulan bergerak pada porosnya disebut Rotasi Bulan.
  • Bulan bergerak mengelilingi Bumi disebut Revolusi Bulan.
  • Bulan bergerak mengelilingi Bumi/Revolusi Bulan dalam waktu 1 bulan.
  • Gerak Revolusi Bulan karena adanya gaya gravitasi.
  • Cahaya bulan berasal dari pantulan sinar matahari.

Fakta Sains

Bulan berotasi pada porosnya. Bulan berevolusi mengelilingi Bumi. Bulan selalu bersama Bumi sehingga disebut sebagai satelit Bumi. Bulan bersama Bumi mengelilingi Matahari. Bulan tidak memiliki cahaya sendiri. Cahaya Bulan berasal dari pantulan Matahari.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 61, 62, 65, 66, 69


Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 65

Ayo Berdiskusi

Setelah melakukan percobaan, diskusikan pertanyaan berikut bersama dengan kelompokmu.

1. Apa yang kamu lihat ketika mengintip melalui lubang-lubang tersebut

Terjadi perbedaan-perbedaan cahaya yang diterima oleh bola plastik styrofoam yang merupakan perwujudan bentuk dari fase-fase bulan.

2. Matikan lampu senter. Apa yang terjadi?

Bola plastik styrofoam tidak terlihat.

3. Melalui lubang mana kamu dapat melihat bentuk yang sama dengan bentuk Bulan baru?

Lubang pada posisi miring yang lebih rendah dari lampu senter.

4. Ada berapa banyak fase Bulan? Apa saja bentuknya? Jelaskan! Presentasikan hasilnya di depan kelas!

1. Fase New Moon (Bulan baru)

Bulan berada di tengah-tengah Matahari dan Bumi. Fase ini memungkinkan terjadinya gerhana Matahari. Cahaya Matahari yang seharusnya menyinari Bumi terhalang oleh Bulan. Akibatnya, bagian Bulan yang menghadap Bumi tidak terkena cahaya Matahari, sehingga Bulan seolah-olah tidak terlihat sama sekali.

2. Fase Waxing Cresent (Hilal awal bulan/bulan sabit awal)

Setelah Bulan baru, bulan bergerak meninggalkan konjungsi (titik tengah antara Matahari dan Bumi). Bagian Bulan yang terkena cahaya Matahari hanya kurang dari setengah, sehingga Bulan menyerupai bentuk seperti Sabit, fase ini terjadi pada hari ke-1, 2, 3.

3. Fase First Quarter (Paruh awal)

Bulan berbentuk setengah lingkaran. Karena Bulan terus bergerak dan kini berada di seperempat lingkaran dari posisi awal.

4. Fase Waxing Gibbous (Cembung awal)

Bulan berada agak di belakang Bumi, Bagian yang terkena cahaya Matahari adalah tiga per empat nya. Maka, ketika kita melihat Bulan dari Bumi, bentuknya menjadi cembung.

5. Fase Full Moon (Bulan purnama)

Fase di mana Matahari, Bumi, dan Bulan berada pada satu garis lurus. Mirip seperti fase First quarter. Bedanya, Bulan berada di belakang Bumi. Sehing cahaya Matahari yang seharusnya menyinari Bulan, tertutup oleh Bumi yang ukurannya lebih besar. Hasilnya, Bulan terlihat bulat sempurna.

6. Fase Wanning Gibbous (Cembung Akhir)

Setelah melewati setengah putaran, fase Bulan kembali ke awal. Pergerakan Bulan terus ke Barat sehingga cahaya Matahari sedikit tertutup oleh Bumi. Hasilnya, bulan terlihat cembung.

7. Fase Third Quarter (Paruh akhir)

Fase ini adalah saat di mana posisi Bulan sudah mencapai tiga per empat putaran. Karena letaknya, cahaya Matahari setengah bagian Bulan. Sehingga dari Bumi, Bulan terlihat setengah lingkaran.

8. Fase Wanning Cresent (Hilal akhir bulan/bulan sabit akhir)

Bulan kembali berbentuk sabit. Saat tersebut, Bulan sudah hampir mengitari Bumi sebanyak satu putaran penuh. Setelah fase ini, bulan akhirnya kembali ke posisi awal (New Moon), di mana Bulan berada di depan Bumi dan kembali tidak terlihat.


Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 66

Ayo Berlatih

Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan kembali gagasan utama dari bacaan dan informasi penting yang mendukung gagasan utama tersebut.

 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Halaman 61, 62, 65, 66, 69


Gagasan Utama :

Bulan adalah satelit alami Bumi.

Informasi penting :
  • Bulan satelit terbesar kelima dalam tata surya.
  • Permukaan Bulan sebenarnya gelap.
  • Bulan berpengaruh terhadap budaya manusia.
  • Gravitasi Bulan menyebabkan pasang surut di lautan.
  • Bulan adalah benda langit.
  • Posisi bulan yang menutupi matahari mengakibatkan terjadinya gerhana matahari total.


Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 69

Berdasarkan informasi yang kamu peroleh tentang contoh-contoh tarian yang ditarikan secara berkelompok, buatlah kartu informasi yang berisi tentang informasi dari tari-tarian tersebut.

Tari Bedhaya Ketawang :
  • Tari dari Surakarta, Jawa Tengah.
  • Tarian sakral.
  • Pementasan saat penobatan raja baru.
  • Diiringi dengan musik pokok bentuk ketawang (Jawa) yang berarti langit.

Tari Serimpi :
  • Tari berasal dari Jawa Tengah.
  • Tari klasik.
  • Gerak lemah gemulai.
  • Tari dengan kedudukan istimewa.

Tari Pakarena :
  • Tari berasal dari Sulawesi Selatan.
  • Ada 2 jenis tarian, yaitu Pakarena gowa dan pakarena Gantarang.
  • Dimainkan oleh 4 orang penari wanita.
  • Pertama kali ditampilkan tahun 1903 saat penobatan raja.

Tari Gantar :
  • Tari berasal dari Kalimantan Timur.
  • Dipentaskan pada upacara adat tertentu.
  • Tarian dengan properti tongkat dan bambu.
  • Menggambarkan tentang menanam padi.



Baca Juga : Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Halaman 71, 73, 75


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 2 Halaman 61, 62, 65, 66, 69 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .com