Rabu, 26 Februari 2020

[Fix]: Mengatasi Error Unable to locate package isc-dhcp-server di debian ketika install DHCP Server

Salah satu permasalahan yang sering muncul ketika melakukan instalasi paket software di linux termasuk di debian adalah gagalnya instalasi dengan pesan Error "Unable to locate package ....", pesan tersebut muncul dikarenakan sistem tidak mengenali sumber repository dari paket aplikasi yang akan diinstal. tugas anda adalah menambahkan sumber instalasi baik itu dvd maupun alamat situs ke daftar sumber repository.

di artikel kali ini saya akan coba menguraikan artikel mengenai cara  Menatasi masalah "E: Unable to locate package isc-dhcp-server" di Debian ketika install DHCP namun sebelum itu saya akan coba jelaskan sedikit mengenai debian.


Salah satu permasalahan yang sering muncul ketika melakukan instalasi paket software di li [Fix]: Mengatasi Error Unable to locate package isc-dhcp-server di debian ketika install DHCP Server

Debian merupakan salah satu sistem operasi keluarga linux yang cukup banyak digunakan sampai saat ini, alasannya karena debian salah satu sistem operasi server yang cukup stabil dan sangat aman, selain itu paket aplikasi server di debian cukup lengkap terutama untuk paket aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh sebuah server.

Beberapa paket aplikasi server linux debian diantaranya adalah
  • Open SSH server, sebagai salah satu aplikasi remote server linux, sehingga server debian memungkinkan untuk bisa diakses dari jarak jauh menggunakan aplikasi remote client seperty PUTTY, Winscp, curasder dll.
  •  NTP Server, merupakan sebuah protokol yang memungkinkan waktu di server debian bisa disahre ke komputer client
  • Samba server, sebuah aplikasi linux yang memungkinkan server debian bisa saling sharing data dengan sistem operasi windows
  • DHCP server, memungkinkan server debian bisa memberikan ip address otomatis kepada setiap client yang terhubung, sehingga client tidak perlu repot-repot harus melakukan seting konfigurasi ip address secara manual.
  • Web server, memungkinkan server debian difungsikan sebagai  web server yang diperuntukan untuk menyimpan halaman-halaman web yang siap diakses oleh client.
  • Dan masih banyak lagi paket-paket aplikasi server yang siap digunakan jika diperlukan.

 Aplikasi-aplikasi server diatas, umumnya tidak langsung aktif atau terinstal begitu saja, sehingga untuk dapat menggunakan paket aplikasi tersebut, aplikasi tersebut perlu diinstal di server debian.

Cara instal aplikasi di linux termasuk debian sangat berbeda sekali dengan windows, umumnya setiap paket aplikasi yang diinstal sumbernya harus dikenali terlebih dahulu oleh sistem operasi, maka langkah pertama adalah memasukan sumber instalasi di daftar repository linux (daftar sumber paket instalasi).

di debian sendiri daftar repository terdapat pada  file /etc/apt/sources.list untuk membukanya anda bisa menggunakan perintah:
nano /etc/apt/sources.list

Maka anda dapat melihat daftar teks sumber repository yang siap diinstal apabila diperlukan

Di artikel sebelumya saya sudah menjelaskan bagaimana cara menginstal dan mengkonfigurasi samba server di linux debian agar linux debian bisa melakukan sharing data file/ folder dengan sistem operasi linux.

Masih berkaitan dengan aplikasi server, selain Samba server dan paket aplikasi server lainnya, ada salah satu paket aplikasi server yang cukup banyak digunakan yaitu DHCP server.

Menginstal aplikasi apapun di debian atau keluarga linux sebenarnya sangat mudah, tapi sayangnya tidak jarang muncul masalah, sehingga paket instalasi tidak bisa diinstal, yang paling banyak dialami adalah keluarnya pesan eror E: Unable to locate package....., yang cukup membuat bingung pemula.

Mengetahui Penyebab masalah E: Unable to locate package isc-dhcp-server

Untuk melakukan instalasi di debian sebenarnya sangat mudah, cukup dengan menuliskan perintah
 apt-get install namapaketinstalasi

Seperti misalnya untuk menginstal DHCP server, maka caranya dengan mengetikan perintah:
apt-get install isc-dhcp-server

Perintah di atas adalah perintah terbaru untuk instal DHCP server,

Tapi sayangnya, terkadang ketika melakukan instalasi DHCP server banyak pengguna yang tidak berhasil melakukan instalasi DHCP dengan pesan kesalahan: E: Unable to locate package isc-shcp-server.

Permasalahan tersebut pernah saya alami ketika pertama kali berinteraksi dengan Linux debian, setiap kali melakukan instalasi dengan perintah apt-get install isc-dhcp-server. selalu muncul pesan di atas.

Penyebab pesan di atas ternyata, sistem debian tidak menemukan sumber instalasi untuk dhcp server di daftar repository nya, sehingga muncul kesalahan tersebut.

Karena kita tau ketika melakukan perintah instalasi, maka sistem debian akan mencari sumber paket instalasi di repositorynya, jika direpository terdapat sumber CD Rom, maka sistem akan mencarinya ke CDROM, jika sumber paket instalasinya alamat situs, maka sistem akan melakukan download dan instal dari alamat situs.

Cara Menatasi masalah "E: Unable to locate package isc-shcp-server" di Debian ketika install DHCP Server

Untuk anda yang kebetulan mengalami masalah tidak bisa instal paket instalasi aplikasi server dhcp server lainnya dengan pesan E: Unable to locate package ......., maka cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

Paket instalasi untuk aplikasi DHCP server di debian terdapat di DVD 2, kemungkinan besar permasalahan diatas dikarenakan sumber DVD 2 belum tercatat di daftar repository debian, sehingga sistem debian tidak bisa mengenali perintah instal dhcp server.

Yang harus anda lakukan ntuk mengatasi permasalahan tersebut adalah, memasukan sumber instalasi DVD 2 ke daftar repository debian.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke sistem operasi debian sebagai super user.

2. Masukan DVD 2 pada CDRom.

3. Tambahkan sumber instalasi dvd 2 ke daftar repository debian, caranya dengan mengetikan perintah:
 apt-cdrom add 

Lalu setelah itu, silahkan cek daftar sumber repositorynya dengan mengetikan perintah:
 nano /etc/apt/sources.list 
 Maka anda akan melihat daftar tulisan sebagai berikut:

deb cdrom:[Debian GNU/Linux 8.5.0 _Jessie_ - Official amd64 DVD Binary-2 20160604-15:35]/ jessie contrib main

Itu artinya sumber DVD 2 sudah di tambahkan pada daftar repository debian, dan ketika kita menginstal paket instalasi dia akan mencari ke DVD 2.

Anda juga bisa menambahkan suber instalasi DVD 1, DVD 3 dan seterusnya ke repository debian, sehingga ketika melakukan instal paket aplikasi dan paket aplikasi yang terdapat di DVD maka anda tinggal memasukan DVD ke CDRom, instalpun akan berhasil.

4. Setelah paket instalasi DVD 2 di masukan ke daftar repository, maka selanjutnya coba lagi untuk melakukan instalaksi DHCP server, dengan cara:

Masukan DVD 2, lalu ketikan perintah:
 apt-get install   isc-dhcp-server 

Proses instalasi pun akan dilakukan, dan anda tidak akan mengalami lagi masalah gagal instalasi dengan pesan Unable to locate package isc-dhcp-server.

Bagaimana jika saya tidak punya DVD 2 debian ?

Jika anda kebetulan ingin menginstal DHCP server, anda harus memiliki DVD2 instalasi debian, karena sumber repository DHCP server salah satunya terdapat di DVD 2, namun jika anda kebetulan tidak memiliki DVD 2, maka anda bisa mengambil sumber repository dari alamat internet.

Anda harus menambahkan repository alamat situs yang menyediakan sumber repository dhcp server ke dalam file /ect/apt/source.list.

Berikut daftar situs local yang menyediakan repository dhcp server yang bisa anda coba gunakan.

KAMBING-UI
deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie main contrib non-free
deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie-updates main contrib non-free
deb http://kambing.ui.ac.id/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free

KEBO VLSM
deb http://kebo.vlsm.org/debian/ jessie main contrib non-free
deb http://kebo.vlsm.org/debian/ jessie-updates main contrib non-free
deb http://kebo.vlsm.org/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free

DATA UTAMA SURABAYA
deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/debian/ jessie main contrib non-free
deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/debian/ jessie-updates main contrib non-free
deb http://kartolo.sby.datautama.net.id/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free

UNEJ
deb http://mirror.unej.ac.id/debian/ jessie main contrib non-free
deb http://mirror.unej.ac.id/debian/ jessie-updates main contrib non-free
deb http://mirror.unej.ac.id/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free

Saran saya tambahkan sumber repository dari KAMBING-UI, karena lebih stabil dan serverya jarang sekali down.

Untuk menambahkan sumber repository ke debian langkahnya adalah sebagai berikut:

1. ketikan perintah
nano  /etc/apt/sources.list

2. Tambahkan sumber repository dari KAMBING-UI. yaitu:

KAMBING-UI
deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie main contrib non-free
deb http://kambing.ui.ac.id/debian/ jessie-updates main contrib non-free
deb http://kambing.ui.ac.id/debian-security/ jessie/updates main contrib non-free


3. Simpan dengan menekan CTRL + X lalu tekan tombol Y kemudian enter.

4. Ketikan perintah apt-get update.

5. Pastikan Server debian sudah bisa konek ke internet. karena sumber repository yang ditambahkan bersumber dari online.

5. Sekarang, coba instalkan lagi paket aplikasi dhcp server dengan mengetikan perintah:
apt-get install isc-dhcp-server.

seharusnya berhasil.

Itulah tentang [Fix]: Menatasi masalah "E: Unable to locate package isc-dhcp-server" di Debian ketika install DHCP, semoga dengan mengikuti tutorial di atas, anda bisa menginstal paket aplikasi di server debian anda.