Soal UKK PKn Kelas 3 SD Semester 2 Terbaru Lengkap Kunci Jawaban

 Materi soal latihan Ulangan Kenaikan Kelas UKK PKn Semester  Soal UKK PKn Kelas 3 SD Semester 2 Terbaru Lengkap Kunci Jawaban
Materi soal latihan Ulangan Kenaikan Kelas UKK PKn Semester 2 Kelas 3 SD terbaru 2018 yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Soal UKK PKn SD juga berlaku untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah kelas 3 sebagai bahan acuan pembelajaran dalam menghadapi ulangan pada setiap semester.

Selain itu soal dan kunci jawaban UKK Matpel Pendidikan Kewarganegraan PKn ini dapat kalian download pdf secara gratis. Mudah-mudahan soal latihan ini dapat membantu adik-adik yang akan sebentar lagi menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Semester 2 akhir tahun ini.

Bahan ajar dan sumber soal ulangan latihan ini disesuaikan dengan kisi-kisi serta mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 dan Kurikulum 2013 serta Buku Paket, Buku Tema tahun ajaran terbaru yang digunakan pada setiap satuan pendidikan tingkat sekolah dasar.

Soal UKK Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 3 SD Semester 2 (genap)

Dibawah ini adalah materi/bahan untuk membuat soal ulangan yang terdiri dari rangkuman pokok materi yang akan dibuat soal ulangan. Dengan menghafal materi pokok soal ini diharapkan siswa mampu menjawab soal-soal UKK PKn SD dengan benar.


  • Untuk menjaga harga diri, dapat kita lakukan pada lingkungan keluarga, sekolah, serta masyarakat. Contoh perilaku menjaga harga diri dalam keluarga adalah dengan mematuhi nasihat orang tua dan menjalankannya dengan baik.
  • Dengan mematuhi tata tertib yang ada di sekolah merupakan salah satu contoh menjaga harga diri dilingkungan sekolah.
  • Jika kita bersikap ramah, santun dan tidak sombong adalah wujud dari menjaga harga diri di lingkungan masyarakat.
  • Ciri khas dari bangsa Indonesia, terdiri dari kebhinnekaan, kekayaan alam, dan keramahtamahannya
  • Kebhinnekaan bangsa Indonesia, terdiri dari berbagai macam keragaman bangsa dan budaya.
  • Bentuk keanekaragaman masyarakat Indonesia dapat dilihat dari perbedaan seperti rumah adat, pakaian, lagu daerah dan bahasa.
  • Ragam budaya di Indonesia yang beraneka ragam dapat terlihat dari bentuk upacara-upacara adat, dan kesenian daerah.
  • Tahukah kamu bahwa Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah, baik di daratan dan lautan. Contohnya ikan, padi, minyak bumi, hasil hutan seperti kayu dan lainnya.
  • Bangsa Indonesia dapat menjalani hidup rukun dan damai karena memiliki semboyan yang kita namakan Bhinneka Tunggal Ika artinya meskipun berbeda-beda, tetapi tetap satu.
  • Salah satu contoh bentuk harga diri, antara lain dengan menghargai serta mengakui kelebihan dan kekurangan diri sendiri.
Materi soal diatas adalah contoh bagaimana kita mengetahui kalimat yang mengandung (materi) soal dan kunci jawaban. Materi pokok sudah admin berikan tanda cetak tebal pada kalimat, tinggal kalian mencari kunci jawaban yang benar dengan materi pokok tersebut.

Bahan soal UKK PKn Kelas 3 diatas sudah admin rangkum dari Bab pertama sampai akhir yang dapat kalian download pdf secara gratis diakhir postingan ini.

Tips Menghadapi UKK 

Soal-soal ulangan kenaikan kelas (ukk) pkn biasanya diambil dari soal harian, soal uas dan soal uts pada setiap semester yang kemudian dipilah untuk dijadikan soal ukk. Jika kalian tidak mempunyai dokumen soal ukk pkn kelas 3 ini kalian bisa menuju tautan berikut ini :

Untuk mendapatkan UPDATE soal ulangan terbaru secara GRATIS dalam blog ini silahkan BERLANGGANAN atau Ikuti Google Plus.

Demikian uraian materi contoh soal ulangan kenaikan kelas (ukk) mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKn) untuk tingkat sekolah dasar kelas 3 dan mi terbaru tahun ajaran 2017/2018 yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban. Share agar lebih bermanfaat.
Download Pdf Soal UKK PKn Kelas 3 SD/MI dan Kunci Jawaban