Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat SMP Tahun 2018 - Kemdikbud

Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat SMP Tahun 2018 - Kemdikbud merupakan Kompetisi sepak bola untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) yang diharapkan menjadi ajang pencarian bibit-bibit unggul pemain sepak bola profesional di masa mendatang. Penyelenggaraan GSI ini merupakan kerja sama Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (Dit PSMP), pemerintah daerah, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

merupakan Kompetisi sepak bola untuk siswa sekolah menengah pertama  Kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat SMP Tahun 2018 - Kemdikbud

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyempatkan membuka GSI tingkat Kota Tangerang Selatan, di Global Jaya International School Bintaro, Kota Tangerang Selatan, Jumat (05/04/2018). Di Kota Tangerang Selatan sebanyak 127 Siswa SMP mengikuti seleksi GSI.

Penyelenggaraan liga sepak bola siswa usia dini ini merupakan wujud komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan revitalisasi percepatan persepakbolaan nasional yang diamanatkan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pada bulan April 2017.

"Penyelenggaraan Gala Siswa ini merupakan realisasi dari instruksi Presiden dalam rapat kabinet terbatas, agar Kemendikbud dapat menyelenggarakan semacam kompetisi di level sekolah dalam rangka mencari bibit unggul, bibit yang memiliki bakat luar biasa di sepak bola," kata Mendikbud.

Mendikbud menjelaskan bahwa penjaringan bibit pemain sepak bola paling tepat dimulai pada jenjang SMP. Hal ini sudah berjalan di negara-negara yang sepak bolanya maju. "Untuk mencari bibit-bibit luar biasa, saya kira sejak mulai SMP inilah yang harus kita lakukan," tambah Muhadjir.

Penyelenggaraan GSI ini merupakan kerja sama Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (Dit PSMP), pemerintah daerah, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). "Saya senang sekali dukungan semua pihak dan pemerintah daerah terhadap penyelenggaraan GSI. Mudah-mudahan musim kompetisi ini akan terus berlangsung, karena apa yang kita lakukan ini adalah pilihan yang tepat untuk membangun sepak bola Indonesia. Tingkatkan prestasi dan sportivitas,” pesan Mendikbud.

Penyelenggaraan GSI tahun ini diikuti sekitar 144 ribu siswa se-Indonesia. Seleksi dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, sampai tingkat nasional. Tema yang diusung GSI adalah "Melalui Gala Siswa SMP Membentuk Generasi Cinta Prestasi Akademik, Olahraga, dan Berbudi Pekerti Luhur".

Sumber: kemdikbud.co.id

Bagi Anda yang membutuhkan Petunjuk Teknis Registrasi Online Gala Siswa SMP Tahun 2018, silakan unduh filenya di bawah ini: