Soal UTS SBK Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog .. Pada kesempatan kali ini akan kami bagikan contoh latihan Soal UTS / Ulangan Tengah Semester 2 / Genap Kelas 8 / VIII SMP / MTs Mapel SBK / Seni Budaya dan Kunci Jawaban

Cuplikan Soal 1 : 

Pilihlah jawaban yang paling benar dengan menghitamkan  diantara huruf A, B, C, atau D pada LJK!

1        Kemampuan mengenal atau memahami suatu nilai estetika yang mengandung daya pesona, kagum, masyur, dan agung.
a.    Apresiasi
b.    Presepsi
c.    Ekspresi
d.   Dekorasi

2        Dalam apresiasi pendekatan deskriptif, maksudnya :
a.       pendekatan dilakukan dengan mengamati dan memaparkan karya seni apa adanya. Misalnya, mengenai objek gambar, penggunaan warna, komposisi warna, tema, judul, orang yang membuatnya, tahun pembuatan, media yang digunakan, ukuran karya, dan waktu yang diperlukan untuk membuat karya seni tersebut

b.      pendekatan yang dilakukan dengan mengamati karya seni berdasarkan kaidah kaidah estetika yang baku, Misalnya, melalui aspek tematik, teknik pengerjaan, penerapan asas kesenirupaan, serta makna atau arti yang tersirat didalamnya.
c.       pendekatan yang dilakukan melalui proses pengukuran, baik objektif maupun subjektif.
d.      pendekatan dilakukan untuk menilai suatu karya seni dilihat dari berbagai disiplin keilmuan seperti antropologi, psikologi, kebudayaan, filsafat, ekonomi, dan linguistic (kebahasaan)

3        Usaha untuk meningkatkan kesadaran betapa pentingnya apresiasi seni di kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum, dapat ditempuh dengan usaha sebagai berikut, kecuali :
a.       Memperkaya pengetahuan dan wawasan seni budaya terhadap pelajar dan masyarakat melalui pendidikan seni atau kursus seni di bengkel seni, sanggar` seni, studio musik, dan padepokan seni.
b.      Mendorong kreativitas penciptaan seni modern dan kontemporer yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuihan zaman serta cita rasa estetika masysrakat.
c.       Mengadakan kunjungan ke objek wisata budaya, museum, galeri, tempat bersejarah (monument), candi, dan cagar budaya lainnya
d.      Meningkatkan perdagangan jual beli karya seni

4        Peranan apresiasi seni bagi siswa sekolah dan masyarakat pada umumnya adalah sebagai berikut, kecuali :
a.       Mencintai dan menghargai sepenuhnya terhadap karya sendiri dan orang lain.
b.      Termotivasi untuk menciptakan karya seni yang bermutu tinggi.
c.       Meningkatkan penghargaan terhadap seni budaya negeri sendiri yang beraneka ragam, baik seni tradisional, modern, maupun kontemporer
d.      Mengadakan eksport dan import karya seni

5        Pendekatan karya mengaitkan karya seni dengan alam (nature) atau segala sesuatu yang berhubungandengan unsur-unsur alamiah,  adalah :
a.       Struktural
b.      Mimetik
c.       Ekspresi
d.      Semiotik

Silakan klik link di bawah untuk men download soal selengkapnya :


Soal UTS SBK Kelas 8 SMP / MTs Semester 2 / Genap + Kunci Jawaban

Demikianlah contoh Soal UTS / Ulangan Tengah Semester 2 (Genap) Kelas 8 SMP / MTs Mapel Seni Budaya. Semoga Bermanfaat.