30+ Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban LengkapPart2

30+ Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap Part2 - Postingan kedua atau terakhir dari soal essay/uraian ekonomi peminatan kelas xii semester ganjil K13 edisi revisi ini, berisikan materi yang sama dengan 30+ soal essay ekonomi peminatan sebelumnya (latihan soal nomor 1-15) yaitu diambil dari Bab 3, "Akuntansi Perusahaan Jasa".

Selain itu, bagi siswa menengah atas yang duduk di bangku kelas X dan XI, bisa membaca postingan yang telah admin publish sebelumnya, yaitu contoh soal essay ekonomi kelas 10 dan soal esay ekonomi peminatan kelas 11

Dimulai dari pertanyaan nomor 16, berikut dibawah ini soal essay ekonomi peminatan kelas 12 semester ganjil tentang akuntansi perusahaan jasa.

16. Media yang digunakan untuk mencatat transaksi perusahaan secara ringkas, permanen dan lengkap serta disusun secara kronologis untuk referensi di masa mendatang, dan merupakan catatan akuntansi yang pertama, sehingga dikenal sebagai the books of original entry dinamakan….
Jawaban : buku jurnal

17. Secara umum buku jurnal berbentuk….dan ….
Jawaban : empat kolom dan halaman jurnal

18. Referensi informasi yang dicatat pada akun disebut….
Jawaban : halaman jurnal

19. Sementara dalam perusahaan dagang, transaksi pembelian dan penjualan barang dagangan akan sering terjadi, baik yang dilakukan dengan pembayaran….maupun….
Jawaban : tunai maupun kredit

20. Buku yang berisi kumpulan akun (account) terpadu yang sering kali disebut juga sebagai rekening atau perkiraan disebut….
Jawaban : buku besar

21. Andre mendirikan bengkel JAWARA. Untuk itu, Andre menyetorkan uang tunai sebesar Rp20.000.000,00 sebagai modal awal. Bagaimana analisis pencatatan akunnya?
Jawaban : Analisisinya adalah karena kas bertambah Rp20.000.000,00, maka akun yang bersangkutan harus didebit sebesar Rp20.000.000,00 (jika aktiva bertambah akun yang bersangkutan harus didebit). Sedangkan modal juga bertambah sebesar Rp20.000.000,00. Penambahan modal mengakibatkan akun yang bersangkutan harus dikredit sebesar Rp20.000.000,00.

22. Bengkel JAWARA membeli peralatan servis seherga Rp15.000.000,00. Dibayar tunai sebesar Rp10.000.000,00 dan sisanya akan dibayar satu bulan kemudian. Apa akibat dari adanya transaksi tersebut dalam proses akuntansi?
Jawaban : Akibat dari transaksi ini sebagai berikut.
a. Akun pada aset akan bertambah dan akun kewajiban juga bertambah.
b. Nama akun aset yang dipakai adalah akun kas dan Peralatan. Nama akun kewajiban yang dipakai adalah Utang Usaha.
c. Dicatat sebagai debit (penambahan) sebesar Rp15.000.000,00 pada Peralatan dan kredit (pengurangan) sebesar Rp10.000.000,00 pada kas, serta kredit (penambahan) sebesar Rp5.000.000,00 pada Utang.

23. Pada tanggal 2 Desember, Tuan Tarno membeli perlengkapan bengkel secara tunai seharga Rp1.000.000,00. Bagaimana analisis terdapat transaksi tersebut?
Jawaban : Transaksi ini menyembabkan aset kas bertambah dan pendapatan bertambah. Nama rekening yang berpengaruh dari transaksi ini adalah Kas dan Perlengkapan. Pembelian perlengkapan secara tunai tersebut dicatat dalam akun Kas pada sisi kredit sebesar Rp1.000.000,00 (karena Kas berkurang) dan catat ke dalam akun Perlengkapan pada sisi debit (karena perlengkapan bertambah).

24. Pada tanggal 5 Januari, bengkel Aladin menerima pendapatan jasa service sebesar Rp3.000.000,00. Bagaimana analisis pencatatan akunnya?
Jawaban : Transaksi in menyebabkan aset kas bertambah dan pendapatan bertambah. Nama akun yang terpengaruh akibat dari transaksi ini adalah kas dan pendapatan yang disebut Pendapatan jasa servis. Pendapatan jasa sevis ini dicatat ke sisi debit akun kas (karena kas bertambah) dan sisi kredit akun Pendapatan jasa servis (karena pendapatan usaha bertambah).

25. Pemilik mengambil uang perusahaan untuk keperluan pribadinya sebesar Rp400.000,00 Bagaimana analisis pencacatan akunya?
Jawaban : Transaksi ini menyebabkan modal barkurang dan aset berkutang. Nama akun yang terpengaruh oleh transaksi ini adalah Kas dan akun Prive. Transaksi ini dicatat pada sisi debit akun Prive (karena modal berkurang) dan sisi kredit akun kas (karena kas berkurang). Maka akun-akun Bengkel SPG adalah:

26. Jelaskan prosedur debit dan kredit untuk akun yang di sajikan dalam neraca!
Jawaban : Akun aktiva akan bertambah jumlahnya bila sisi debet ditambah, akun pasiva akan bertambah bila sisi kredit ditambah, demikian pula sebaliknya.

27. Apakah yang dimaksud bukti transaksi eksternal?
Jawaban : Bukti transaksi eksternal adalah bukti yang dibuat oleh pihak luar dan digunakan untuk proses akuntansi perusahaan.

28. Tuliskan penggolongan bukti transaksi berdasarkan pihak yang menggunakannya1
Jawaban : Penggolongan bukti transaksi berdasarkan pihak yang menggunakannya yaitu bukti transaksi internal dan eksternal.

29. Jelaskan bahwa salah satu manfaat bukti transaksi yaitu dapat mengurangi kesalahan!
Jawaban : Ciri penting dari bukti transaksi adalah semua data yang penting tersebut direkam dalam bentuk tulisan, sehingga dapat mengurangi kesalahan.

30. Sebutkan akun yang berkurang bila di sisi kredit!
Jawaban : Akun yang berkurang bila di sisi kredit yaitu sktiva, beban, dan prive.

31. Terangkan informasi yang dapt kita peroleh dari laporan laba rugi?
Jawaban : Dan laporan laba rugi akan dapat diketahui tingkat perkembangan sebuah perusahaan Karena dalam laporan ini akan disajikan informasi mengenai penghasilan yang diperoleh dan beban yang dikeluarkan oleh perusahaan selama periode tertentu.

32. Apakah kegunaan dibuatnya taksiran piutang tak tertagih?
Jawaban : Taksiran piutang tak tertagih digunakan untuk mencatat kemungkinan kerugian aatas piutang tak tertagih.
Baca juga50 Soal UN Ekonomi SMA dan Kunci Jawaban (Latihan Ujian Nasional)
33. Jelaskan fungsi histories dari jurnal!
Jawaban : Fungsi histories adalah transaksi yang di catat di dalam jurnal diurutkan menurut tanggal terjadinya transaksi, sehingga suatu transaksi mudah ditelusuri dan dibuktikan. 

34. Mengapa bentuk buku besar perusahaan yang satu dengan yang lainnya berbeda?
Jawaban : Bentuk buku besar perusahaan yang satu berbeda dengan bentuk perusahaan yang lain. Karena bentuk buku akun buku besar tergantung dari kebutuhan masing-masing perusahaan.

35. Apakah yang dimaksud kertas kerja?
Jawaban : Kertas kerja adalah kertas berkolom yang digunakan untuk mempermudah dalam menyusun laporan keuangan.

Lanjut ke soal penilaian akhir semester ganjil ==> 40 Contoh Soal UAS/PAS Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap