-->

Selasa, 26 Januari 2021

40+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Tentang Membangun Opini

40+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Tentang Membangun Opini Edisi Revisi untuk siswa SMA/MA - Soal-soal essay/uraian Bahasa Indonesia K13 kelas xii semester ganjil postingan ini, merupakan materi setelah siswa menyelesaikan UTS/PTS b. Indonesia, yang diambil dari Bab 3, "Membangun Opini/Editorial Publik", seperti soal mengidentifikasi informasi dalam teks editoral, menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial., menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial serta soal mengenai merancang teks editorial.

Selain itu, bagi anda yang saat ini belum membaca soal-soal essay/uraian (materi sebelum UTS/PTS) dari Bab 1, "Memahami Surat Lamaran Pekerajaan" sampai dengan Bab 2, "Ceria Sejarah Indonesia", silahkan baca, mulai dari soal essay b. Indonesia kelas 12 tentang surat lamaran pekerjaan (ada
Baca juga: soal pg b. Indonesia kelas 12 semester ganjil tentang membangun opini
Semoga soal-soal essay/uraian b. Indonesia kelas 12 semester 1 tentang membangun opini ini bisa dijadikan referensi belajar online mata pelajaran b. Indonesia.

Berikut dibawah ini soal bahasa Indonesia Kurtilas edisi revisi kelas xii semester ganjil dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Mengapa teks editorial harus menggunakan bahasa yang santun?
Jawaban : Karena teks editorial dibaca oleh semua kalangan

2. Jelaskan pengertian faktual!
Jawaban : Faktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi tetapi tidak terikat dengan waktu.

3. Apa yang dimaksud koran?
Jawaban : Koran adalah sejenis media massa yang memberitakan kejadian-kejadian sehari-hari dalam kehidupan manusia.

4. Jelaskan pengertian opini!
Jawaban : Perkiraan, pikiran, atau tantangan tentang suatu hal (seperti orang atau peristiwa)

5. Di mana teks editorial ditulis ?
Jawaban : Teks editorial biasanya ditulis dan diterbitkan dalam surat kabar atau majalah.

6. Apa yang dimaksud informasi?
Jawaban : Informasi adalah sekumpulan data/fakta yang diorganisasi atau diolah dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima

7. Apa kegunaan informasi dalam teks editorial?
Jawaban : Informasi berguna sebagai pendukung teks tersebut

8. Mengapa teks editorial harus mengandung informasi?
Jawaban : Karena teks editorial berisi pendapat seseorang terhadap suatu isu atau masalah

9. Bagaimana cara menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial?
Jawaban : Menyeleksi ragam informasi dalam teks editorial dapat dilakukan dengan membaca isi keseluruhan dalam teks editorial. Menemukan ide pokok dalam teks editorial serta menemkan kesimpulan dalam teks editorial

10. Jelaskan pengertian kesimpulan!
Jawaban : Kesimpulan adalah suatu proposisi (kalimat yang disampikan) yang diambil dari beberapa premis (ide pemikiran) dengan aturan-aturan inferensi (yang berlaku).

11. Apa yang dimaksud struktur teks?
Jawaban : Struktur teks adalah struktur yang membangun dalam sebuah teks

12. Jelaskan pengertian diksi menurut KBBI!
Jawaban : Pilihan kata yang tepat atau selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan, sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang di harapkan)

13. Sebutkan macam kata keterangan!
Jawaban : Berikut macam-macam kata keterangan :
a. Kata keterangan waktu
b. Kata keterangan tempat

Bacalah untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!

(1) Beberapa hari lagi Ujian Nasional akan segera dilaksanakan baik ditingkat SMA hingga tingkat SD. Pelaksanaannya pun sama dengan pelaksanaan ujian nasional tahun lalu, hanya saja pemerintah dalam hal ini kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menambahkan sedikit aturan baru yaitu dengan melaksanakan Ujian Nasional secara online di beberapa sekolahan.
(2) Jika di lihat dari keadaan dan situasi yang ada dilapangan saat ini, rencana pelaksanaan Ujian Nasional online tersebut tidaklah tepat dan perlu untuk dipertimbangkan kembali. Sebenarnya ide uang disampaikan oleh pemerintah untuk melaksanakan Ujian Nasional tersebut sangat baik, tetapi dalam pelaksanaannya di lapangan akan menimbulkan berbagai macam permasalahan seperti infastruktur yang belum merata dan kurangnya pengetahuan tenaga-tenaga ahli di berbagai sekolah.
(3) Jika pelaksanaan Ujian Nasional online ini tetap dilakukan, beberapa sekolah akan mengalami kesulitan karena ketiadaan infastruktur yang memadai seperti komputer, akses internet dan daya listrik. Coba kita bayangkan jika di sekolah tersebut memiliki 300 siswa yang mengikuti Ujian Naional, maka berapa jumlah komputer yang dibutuhkan oleh pihak sekolah untuk melaksanakan Ujian Nasional ini, Tentunya mereka akan membutuhkan komputer yang sangat banyak. Apabila tetap dipaksakan, cara satu-satunya adalah dengan menggunakan komputer secara bergantian, tetapi cara ini malah akan menimbulkan masalah baru yaitu timbulnya kecurangan-kecurangan dalam Ujian Nasional. Kalau pun kecurangan ini tetap dibiarkan terjadi, lantas apa gunanya Ujian Nasional dilaksanakan dengan menghambur-hamburkan uang negara yang tidak sedikit tersebut?

14. Apa yang dibahas dalam teks di atas?
Jawaban : Teks tersebut membahas tentang Ujian Nasional yang akan segera dilaksanakan

15. Apa struktur yang membangun pada paragraf pertama?
Jawaban : Pada paragraph pertama menggunakan struktur bagian orientasi.

16. Apa yang maksud merancang?
Jawaban : Membuat sesuatu

17. Apa ciri yang paling menonjol dalam teks editorial?
Jawaban : Ciri yang paling menonjol adalah penggunaan teks editorial antara lain yang berhubungan dengan adverbial, konjungsi, verba (material, relasional, dan mentah) dan kosa kata

18. Sebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyunting!
Jawaban : Dalam menyunting teks editorial ada hal-hal yang harus diperhatikan misalnya, sebelum mulai menyunting teks editorial, penyunting wajib mencari informasi mengenai kaidah penulis teks editorial.

19. Apa yang di maksud fakta?
Jawaban : Fakta adalah hal atau keadaan yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi.

20. Mengapa menulis teks editorial harus berdasarkan fakta?
Jawaban : Karena teks editorial memaparkan sesuatu yang nyata nemun ditungkan berdasarkan opini penulis.

Lanjut ke soal nomor 21-45 ==> 40+ Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Tentang Membangun Opini Part2