-->

Selasa, 19 Januari 2021

Contoh Soal Ekonomi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Essay (Part-4)

Berisikan materi yang sama dengan contoh soal PG ekonomi kelas X semester 1 K13 bagian ke-7 dan ekonomi kelas 10 semester satu bagian kedelapan, yaitu tentang "Terbentuknya Keseimbangan dan Struktur Pasar", seperti: demand, supply, equilibrium price dan elastisitas permintaan dan penawaran. Selain itu, contoh soal essay ekonomi bagian ke-4 ini, merupakan lanjutan dari Contoh Soal Ekonomi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Essay bagian ke-3 (soal nomor 31-45).

Berikut, contoh soal essay ekonomi kelas X Semester ganjil dan kunci jawabannya untuk siswa SMA/MA/Sederajat, dimulai dari soal nomor 46 sampai dengan 60.

46. Permintaan akan muncul karena adanya....konsumen
Jawaban:  kebutuhan

47. Permintaan yang tidak didukung oleh daya beli dan lebih merupakan angan-angan disebut permintaan....
Jawaban: absolut

48. Jika pendapatan konsumen meningkat, maka jumlah permintaan akan....
Jawaban: bertambah

49. Contoh pasar yang dilakukan setiap satu tahun sekali, yaitu....
Jawaban: Pekan Raya Jakarta

50. Apabila harga naik maka jumlah penawaran....
Jawaban: bertambah

51. Rumus fungsi permintaan adalah....
Jawaban: Qd=a – bP

52. Grafik yang menunjukkan jumlah barang-barang yang ditawarkan penjual pada berbagai tingkat harga adalah pengertian....
Jawaban: kurva penawaran

53. Kurva permintaan berbentuk miring dari.... ke ....
Jawaban: kiri atas ke kanan bawah

54. Dalam elastisitas permintaan inelastis sempurna nilai elastisitasnya (Ed)....
Jawaban: (Ed) nol

55. Titik temu antara permintaan dan penawaran barang disebut juga....
Jawaban: equilibrium

56. Jelaskan yang dimaksud dengan permintaan, penawaran, dan harga pasar!
Jawaban:
a. Permintaan adalah jumlah barang dan jasa tertentu yang diminta (dibeli) pada berbagai kemungkinan tingkat harga dan dalam waktu tertentu
b. Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual/menyerahkan berbagai jumlah barang pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu
c. Harga pasar adalah harga yang disepakati oleh penjual dan pembeli pada saat terjadinya transaksi

57. Mengapa adanya barang pengganti berpengaruh terhadap besar kecilnya permintaan?
Jawaban: adanya barang pengganti berpengaruh terhadap besar kecilnya permintaan karena jika barang pengganti harganya lebih murah maka konsumen akan beralih untuk menggunakan barang pengganti tersebut. Hal ini mengakibatkan turunnya jumlah permintaan.

58. Sebutkan dan jelaskan peran IPTEK terhadap perubahan jenis dan struktur pasar!
Jawaban: peran IPTEK terhadap perubahan jenis dan struktur pasar
a. Memunculkan industrialisasi baru di dalam pasar
Pemanfaatan iptek tersebut memunculkan industrialisasi baru dalam kegiatan ekonomi adalah e-commerce. Industri e-commerce menjadi kegiatan usaha yang sedang berkembang dan disukai oleh para pelaku usaha baru. Mereka memanfaatkan iptek yang ada untuk mengembangkan kreativitas dalam industri e-commerce tersebut.
b. Menghasilakn produk baru dalam kegiatan pasar
Perkembangan inovasi produk akan terus berlanjut seiring dengan perkembangan iptek, salah satu jenis produk yang menjadi inovasi dalam kemajuan iptek adalah handphone. Awalnya fungsi dasar handphone hanya sebatas komunikasi dan mengirim pesan saja. Seiring berkembangnya zaman, muncul smartphone yang menyebut dirinya sebagai handphone pintar, karena kecanggihannya dapat memenuhi kebutuhan manusia.
c. Menciptakan persaingan kompetentif dalam kegiatan ekonomi
Kemajuan iptek sangat mendukung strategi yang dimiliki pelaku usaha untuk menignkatkan produktivitasnya di pasaran, sehingga persaingan untuk mendapat perhatian konsumen atas produk yang dihasilkan lebih maksimal.
d. Menghasilkan produk yang berkualitas di pasar
Perkembangan iptek yang ada, membuat pelaku usaha menghasilkan produk-produk yang berkualitas baik. Dengan pemanfaatan iptek yang tepat, maka pengelolaan mutu dan kualitas produk dapat terjaga dengan baik

59. Jelaskan pengertian pasar dalam ilmu ekonomi!
Jawaban: pasar dalam ilmu ekonomi adalah bertemunya permintaan dan penawaran untuk suatu barang/jasa yang diperjualbelikan.

60. Jelaskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna!
Jawaban: ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah:
a. Terdapat banyak sekali penjual (perusahaan) dan pembeli
Oleh karena terdapat banyak sekali penjual dan pembeli masing-masing tidak dapat menentukan harga (price taker). Harga terbentuk dengan kesepakatan antara kedua belah pihak (mekanisme pasar).
b. Produk-produk homogen (persis sama)
Barang yang dihasilkan oleh para produsen homogen, persis sama baik dalam bentuk, warna, kualitas, dan lain-lain. Sehingga produk yang satu merupakan substitusi yang sempurna bagi produk dari produsen yang lain.
c. Bebas keluar masuk pasar
Dalam pasar persaingan sempurna baik penjual maupun pembeli bebas untuk keluar masuk pasar, tidak ada aturan tertentu yang membatasi hal tersebut. Adanya batasan dan hambatan akan mengurangi persaingan.
d. Penjual dan pembeli mengetahui kondisi pasar secara sempurna
Masing-masing penjual maupun pembeli dapat memperoleh informasi dengan cepat dan tepat tentang perubahan harga dan produksi sehingga masing-masing tidak dapat menjadi penentu harga.
e. Faktor-faktor produksi bergerak bebas
Faktor-faktor produksi bergerak bebas tidak dikuasai oleh salah satu atau beberapa produsen saja sehingga tidak ada pihak yang dapat menentukan harga secara sepihak.
f. Tidak ada campur tangan pemerintah
Adanya campur tangan pemerintah akan menimbulkan batasan-batasan dan hambatan untuk terbentuknya persaingan sempurna. Oleh karena itu, di dalam pasar persaingan sempurna tidak ada campur tangan pemerintah.

Lanjut ke soal nomor 61-75 => Contoh Soal Ekonomi Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Essay (Part-5)