-->

Minggu, 17 Januari 2021

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan JawabanPart4

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Part4 - Soal essai B. Indonesia K13 edisi revisi kelas xii semester ganjil SMA/MA/SMK/MAK/Sederjat bagian ke-4 postingan ini, merupakan lanjutan soal essay/uraian b. Indonesia bagian ke1 sampai dengan bagian ke3 (soal nomor 26-40) materi "Memahami Surat Lamaran Pekerjaan" (Bab 1). Tentunya berbeda dengan bagian keempat yang sedang anda baca ini, yang berisikan "Cerita Sejarah Indonesia (Bab 2), seperti soal essai tmengidentifikasi informasi dalam teks cerita sejarah, mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah, menganalisis kebahasaan teks cerita sejarah sampai soal essai tentang menulis teks cerita sejarah.
Baca juga: soal pg b. Indonesia tentang cerita sejarah Indonesia
Berikut di bawah ini soal bahasa Indonesia kelas 12 semeter ganjil kurtilas beserta jawaban dengan pertanyaan dimulai dari soal nomor 41.

41. Apa yang anda ketahui tentang cerita?
Jawaban : Cerita adalah pengungkapan secara lisan maupun tertulis mengenai suatu kejadian atau pemahaman.


Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 42-45!

          Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richer menguncang kawasan barat provinsi Balucistan,Pakistan,gempa ini terjadi pada 24 September 2013. Pusat gempa berada di kedalaman 23 kilometer,sekitar 233 kilometer tenggara Dalbandin, Balucistan.Bencana menyebabkan sedikitnya 515 orang tewas, 765 orang terluka, dan lebih dari 100.000 Orang terlantar, serta mengancurkan sejumlah fasilitas umum dan infastruktur.
         Gempa juga dirasakan masyarakat di Gwadar, khuzdar, Chagai, haidrabat, dan karaci yang berada ratusan kilometer dari pusat gempa. Bahkan Guncangan terasa sampai New Delhi, India.
         Beberapa jam setelah gempa, sebuah pulau baru muncul di kota pelabuhan Gwadar di pesisir Pakistan. Pulai itu diduga terbentuk dari lapisan tanah di kawah lumpur.Gundukan dan batu itu tingginya 18 meter dengan panjang 30 meter dan lebar 76 meter.

42. Apa informasi yang terdapat pada paragraph pertama?
Jawaban : Sebuah gempa bumi terjadi di provinsi Baluchistan Pakistan, gempa ini berkekuatan 7.8 skala richter.

43. Berapa korban jiwa atas bencana tersebut?
Jawaban : Bencana menyebabkan sedikitnya 515 orang tewas, 765 orang terluka, dan lebih dari 100.000 Orang terlantar, serta mengancurkan sejumlah fasilitas umum dan infastruktur.

44. Dimana saja gempa bumi itu dirasakan oleh masyarakat?
Jawaban : Gempa juga dirasakan masyarakat di Gwadar, khuzdar, Chagai, Hyderabad, dan karaci yang berada ratusan kilometer dari pusat gempa. Bahkan Guncangan terasa sampai New Delhi, India.

45. Kapan gempa itu terjadi?
Jawaban : gempa ini terjadi pada 24 September 2013

46. Apa yang dimaksud nilai?
Jawaban : Nilai adalah alat yang menunjukan alasan dasar bahwa “cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan.

Bacalah penggalan teks berikut untuk menjawab soal nomor 47-50!

            Candi Borobudur adalah monument Buddha terbesar yang ada di bumi ini.Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada sekitar tahun 824.Candi ini didirikan sekitar 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa dibangun.
           Monumen Buddha terbesar di indonesia ini memiliki luas 123x123 m2 dengan 504 patung Buddha,72 stupa terawang,dan 1 stupa induk Candi Borobudur ini berarsitektur Gupta yang menggambarkan kekentalan gaya arsitektur dari india. Anda akan mendapat pengalaman tersendiri setelah mengunjungi candi ini.
           Lembaga internasional dari PBB, yaitu UNESCO mengakui dan juga memuji kemegahan dari arsitektur Candi Borobudur sebagai salah satu monument Buddha terbesar tidak hanya di Indonesia tetapi juga dunia. Candi ini memiliki 2672 panel relief yang jika ditata berjajar-jajar akan menghasilkan panjang mencapai 6 km, Ansambel reliefnya sendiri merupakan yang paling lengkap di dunia dan tidak bisa ditandingi dari segi nilai seninya serta setiap bagiannya adalah mahakarya yang sangat mengagumkan.

47. Apa itu Candi Borobudur?
Jawaban : Candi Borobudur adalah monument Buddha terbesar yang ada di bumi ini
Sekitar tahun 824.

48. Kapan Candi Borobudur dibangun?
Jawaban : Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari wangsa Syailendra pada Sekitar tahun 824.

49. Berapa jumlah patung dalam Candi Borobudur?
Jawaban : 504

50. Siapa yang mengakui dan memuji kemegahan Candi Borobudur?
Jawaban : Lembaga internasional dari PBB yaitu UNESCO mengakui dan juga memuji kemegahan dari arsitekur Candi Borobudur sebagai salah satu monument Budhha terbesar tidak hanya di indonesia tetapi juga di dunia.

Lanjut ke soal nomor 51-60 ==> Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Part5