-->

Rabu, 20 Januari 2021

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) Part-4

Melanjutkan Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) bagian ke-3 (soal nomor 21-30), bagian ke-4 berisikan materi yang sama dengan PG B. Indonesia bagian ke-7 dan kedelapan, yaitu tentang "Antologi Puisi".

Berikut, contoh soal B.Indonesia kelas 10 semester genap beserta jawaban bagian ke-4, dimulai dari soal nomor 31.

31. Apa yang dimaksud dengan antologi puisi....
Jawaban: buku yang memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair.

32. Sebutkan ciri-ciri antalogi puisi....
Jawaban:
a. Terdiri atas beberapa puisi.
b. Karya dari seorang penulis atau beberapa penulis.

33. Jelaskan tentang unsur intrinsik puisi....
Jawaban:
a. Tema, gagasan pokok atau ide yang menjadi dasar suatu puisi.
b. suasana merupakan unsur pemikiran dan perasaan penyair yang mampu membuat suatu suasana terhadap pembaca atau pendengar setelah membaca atau mendengar suatu puisi.
c. Imaji merupakan gambaran yang ditimbulkan ketika membaca puisi tersebut melalui indra manusia, pendengaran, pengelihatan, perabaan, dan sebagainya.
d. Simbol merupakan unsur puisi yang menyatakan bahwa kata-kata dalam puisi sebagai suatu lambang untuk maksud dan tujuan yang lain.
e. Musikalitas puisi (nada/bunyi), sebuah puisi disusun atas kata-kata tertentu yang penuh makna dan indah untuk didengar yang berfungsi terhadap keseluruhan makna yang terdapat dalam puisinya.
f. Gaya bahasa merupakan cara penyair menyampaikan pikiran dan perasaan saat membuat puisi tersebut.
g. Amanat merupakan pesan dari penyair kepada pembaca atau pendengar setelah memahami tema, bunyi, dan makna dalam puisi tersbut.

34. Sebutkan jenis-jenis puisi baru....
Jawaban: Belanda, Himne, Ode, Epigram, Romansa, Elegi, Soneta, dan sebagainya.

35. Jelaskan yang dimaksud dengan struktur fisik puisi dan struktur batin puisi....
Jawaban: struktur fisik puisi merupakan unsur pembangun puisi yang bersifat fisik atau nampak dalam bentuk susunan kata-kata. Adapun struktur batin puisi merupakan unsur pembangun puisi yang tidak tampak langsung dalam penulisan kata-katanya.

36. Sebutkan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk memahami makna puisi....
Jawaban: a. Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau lirik karna kata-kata tersebut merupakan inti baris tersebut.
b. Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau parafrasa.
c. Menafsirkan makan kata.
d. Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata.

37. Mengapa puisi lebih bersifat konotaif jika dibandingkan dengan karya sastra lain....
Jawaban: karna banyak digunakan makna hias dan makna lambang. Dibandingkan dengan bentuk dengan bentuk karya sastra lain, puisi lebih bersifat konotatif. Bahasanya lebih banyak mengandung kemungkinan makna. Hal ini disebabkan ternjadinya pengonsentrasian atau pemadatan segenap kekuatan bahasa dalam puisi. Apabila dilihat dari segi bentuk penulisannya, puisi memiliki suatu tata wajah atau penampilan khusus diatas kertas, yang biasa disebut tipografi.

38. Mengapa setiap penyair memiliki gaya bahasa yang berbeda-beda....
Jawaban: setiap penyair mempunyai gaya bahasa yang berbeda-beda, sesuai dengan pikiran dan perasaan saat membuat puisitersebut. Ada beberapa hal yang menyebabkan perbedaan pemilihan kata pada puisi, seperti bedanya zaman, pengalaman hidup penyair, perbedaan tempat budaya, dan sebagainya.

39. Bagaimana cara mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban: Mendemonstrasikan antalogi puisi akan berbeda dengan membaca sebuah teks cerita. Penjiwaan dan penghayatan dalam demonstrasi atau musikalisasi antalogi puisi harus diperhatikan. Kita juga harus memperhatikan lafal dan intonasi yang jelas. Memahami isi puisi adalah upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi agar dapat mengungkapkan makna tersirat dari untaian kata yang tersirat.

40. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam mendemonstrasikan antologi puisi....
Jawaban: a. Vokal merupakan hal pertama yang harus diperhatikan dalam membacakan puisi. Suara yang lantang, bersih, dan jernih akan sangat berpengaruh dalam mendemonstrasikan puisi. Dalam hal ini, vokal mencangkup artikulasi, diksi, tempo, dinamika, modulasi, intonasi, jeda, dan pernapasaan.
b. Penampilan merupakan faktor lain untuk keberhasilan seseorang dalam membaca puisi. Penampilan ini berkaitan dengan kepribadian atau performance sesorang diatas pentas saat mempersembahkan sebuah puisi.usahakan terkesan tenang, tak gelisa, tak gugup, berwibawa dan meyakinkan serta mengasyikan (tidak demam panggung). Hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penampilan saat mendemonstrasikan antologi puisi, antara lain gerak, komunikasi, ekspresi, dan konsentrasi.

Lanjut ke soal nomor 41-50 => Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas X Semester 2 Kurikulum 2013 (Wajib) Part-5