-->

Senin, 18 Januari 2021

Contoh Soal Essay Kimia Kelas X Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013Part4

Contoh Soal Essay Kimia Kelas X Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part4 - Berbeda dengan soal essay kimia kelas 10 semester ganjil K13 bagian ke-1 sampai bagian ke-3 (soal nomor 26-35) untuk siswa SMA/MA yang diambil dari Bab 1, "Pengenalan Ilmu Kimia". Bagian ke-4 postingan admin ini berisikan materi soal tentang"Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur" (Bab 2).

Berikut dibawah ini, soal essay kimia peminatan kelas x semester ganjil kurtilas edisi revisi dilengkapi kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 36.

36. Jelaskan ketentuan dalam konfigurasi elektron!
Jawaban : Beberapa ketentuan dalam penulisan konfigurasi elektron.
a. Dimulai dari kulit yang terdekat dengan inti(K, L, M, N, dan sterusnya)
b. Jumlah elektron maksimum tiap kulit oleh Pauli dirumuskan dengan 2n2. n=nomor kulit.
c. Bila dalam satu kulit jumlah elektronnya tidak mencukupi isi maksimum, maka isinya seperti kulit sebelumnya.

37. Siapakah penemu neutron?Jelaskan!
Jawaban : Neutron ditemukan oleh James Chadwick melalui percobaan penembakan atom berilium(Be) dengan sinar alfa(α) dari percobaannya ditemukan partikel yang tidak bermuatan yang disebut neutron yang massanya hampir sama dengan massa proton.

38. Lon Klorida (yang berasal dari atom klorida) mengandung 17 proton, 18 elektron, dan 18 neutron. Bagaimana lambang ion klorida tersebut?
Jawaban : Atom klorida mengandung 17elektron (sama dengan dengan jumlah proton) oleh karena ion klorida mengandung 18 elektron, berarti ion klorin menangkap 1 elektron. Lambang ion klorin adalah C1.

39. Tentukan nomor atom dan nomor massa dari unsur yang inti atomnya mengandung:
a. 26 proton dan 30 neutron,dan
b. 30 proton dan 35 neutron!
Jawaban :
a. Nomor atom=26
    Nomor massa=26+30=56
b. Nomor atom=30
    Nomor atom=30+35=65

40. Jelaskan gagasan teori atom Dalton!
Jawaban : Dalton mengemukakan gagasannya tentang atom sebagai berikut.
a. Atom merupakan pertikel kecil yang tidak dapat dipecah lagi
b. Atom-atom dari unsur yang sama mempunyai sifat yang sama dan atom-atom dari unsur yang berbeda sifatnya juga berbeda.
c. Reaksi kimia merupakan penggabungan atom-atom, penguraian senyawa menjadi atom-atom

41. Bagaimana ke elektronegatifan senyawa dalam satu golongan? Jelaskan!
Jawaban : Dalam satu golongan, kelektronegatifan dari atas kebawah makin kecil karena jari-jari atom semakin besar sehingga semakin sukar menarik elecktron. Hal ini dikarenakan semakin bertambah kecil jari-jari atom dalam satu golongan mengakibatkan atom itu semakin mudah untuk menarik elektron dalam molekul suatu senyawa.

42. Bagaimana jari-jari dalam satu golongan dan satu periode? Jelaskan!
Jawaban : Dalam satu golongan jari-jari atom dari atas kebawah semakin besar, karena jumlah kulitnya semakin banyak dalam satu priode, jari-jari atom dari kanan ke kirisemakin besar, karena jumlah kulitnya sama , sedangkan inti atomnya makin kecil sehingga gaya Tarik-menarik inti dengan elektron terluarnya makin lemah.

43. Apakah yang dimaksud energi ionisasi?
Jawaban : Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan oleh atom untuk melepaskan satu electron di kulit terluarnya atau energi minum yang diperlukan atom netral dalam bentuk gas untuk melepaskan satu elektronnya membentuk ion bermuatan +1.

44. Jelaskan yang dimaksud afinitas electron!
Jawaban : Afinitas elektron, adalah energi yang dibebaskan bila suatu atom menerima satu elektron. Semakin negatif harga afinitas elektron. Semakin mudah atom tersebut menerima elektron dan semakin reaktif pula unsurnya.

45. Apa yang dimaksud jari-jari atom!
Jawaban : Jari-jari atom adalah jarak antara inti atom sampai kulit terluar

Lanjut ke soal nomor 46-60 ==> Contoh Soal Essay Kimia Kelas X Semester 1 Beserta Jawabannya Kurikulum 2013 Part5