30+ Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap

30+ Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap - Contoh soal essay/uraian ekonomi peminatan kelas xii semester ganjil K13 edisi revisi postingan ini, berisikan materi yang sama dengan 25 soal PG ekonomi peminatan yang telah admin publish sebelumnya, diambil dari Bab 3, "Akuntansi Perusahaan Jasa", seperti soal essay ekonomi tentang akuntansi perusahaan jasa dan soal essay mengenai tahap pelaporan dan tahap penutupan. Selain itu, postingan essay tentang akuntansi perusahaan jasa ini merupakan materi setelah siswa menyelesaikan 49 contoh soal UTS/PTS ekonomi.

Sebelumnya, admin juta telah memposting soal-soal essay ekonomi Bab 1 dan Bab 2 (materi sebelum UTS), yang bisa siswa menengah atas baca mulai dari postingan soal essay ekonomi tentang akuntansi sebagai informasi.

Semoga soal ekonomi peminatan kelas 12 semester ganjil postingan ini, bisa menjadi referensi belajar online mata pelajaran ekonomi.

Berikut di bawah ini, soal essay/uraian ekonomi peminatan kelas 12 semester 1 dilengkapi kunci jawaban kurtilas edisi revisi dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Mengapa laporan keuangan sering tidak dapat disusunlangsung dari neraca saldo?
Jawaban : Laporan keuangan sering tidak dapat disusun langsung dari neraca saldo. Hal tersebut karena data yang tercantum dalam neraca saldo masih memerlukan penyesuaian terlebih dahulu.

2. Terangkan tujuan penyusunan neraca saldo!
Jawaban : Neraca Saldo disusun untuk memastikan bahwa ayat-ayat jurnal dibukukan secara tepat dan menentukan keseimbangan Buku Besar.

3. Sebutkan prosedur penyususnan neraca saldo!
Jawaban : Prosedur menyusun Neraca Saldo adalah :
a. Pada nomorakun ditulis nomor akun dalam buku besar
b. Pada kolom nama akun sesuai dengan dengan nama nama akun yang ada di buku besar
c. Pada kolom debit ditulis saldo debit yang ada di buku besar
d. Pada kolom kredit ditulis saldo kredit yang ada di buku besar
e. Buktikan keseimbangan antara debit dan kredit.

4. Mengapa walaupun telah disusun neraca saldo, namun masih belum dapat dibuat laporan keuangan?
Jawaban : Walaupun telah disusun neraca saldo, namun sering masih belum dapat dibuat laporan keuangan.
Hal ini disebabkan adanya transaksi-transaksi yang belum dicatat seperti :
a. Beban yang belum dibayar
b. Pendapatan yang belum diterima
c. Penyusutan nilai aktiva tetap.

5. Sebutkan tahap-tahap pengikhtisaran siklus akuntansi!
Jawaban : Pada materi ini akan disajikan tahap-tahap pengikhtisaran transaksi usaha yang meliputi :
a. Menyusun neraca saldo
b. Membuat jurnal penyesuaian
c. Membuat neraca lajur

6. Tuliskan pengertian laporan keuangan menurut standar akuntansi keuangan!
Jawaban :
Pengetahuan laporan keuangan menurut standar Akuntansi Keuangan adalah gambaran mengenai dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar menurut karakteristik ekonominya.

7. Sebutkan karakteristik kualitatif laporan keuangan!
Jawaban : Karakteristik kualitatif laopran keuangan sebagai berikut
a. Laporan keuangan sebagai sumber informasi harus mudah dipahami oleh pemakai. Di sini diasumsikan bahwa pemakai telah memiliki pengetahuan tentang akuntansi dan aktivitas ekonomi yang lain
b. Informasi dalam laporan keuangan harus relevan dalam memenuhi kebutuhan pemakai dalam mengambil keputusan. Laporan keuangan dapat membantu para pemakai dalam mengevaluasi program kerja dan digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan .
c. Laporan keuangan harus andal, dalam arti yang jujur dan wajar. Jujur, maksudnya harus menggambarkan peristiwa atau aktivitas ekonomi yang seharusnya.
d. Laporan keuangan harus netral, maksudnya informasi disajikan untuk kebutuhan umum pemakai dan tidak untuk memenuhi kebutuhan pihakpihak tertentu.
e. Laporan keuangan harus digunakan oleh pemakai sebagai perbandingan dengan laporan keuanagn pada periode-periode yang lain. Perbandingan laporan keuangan antarperiode bertujuan untuk mengidentifikasi posisi keuangan perusahaan.

8. Apakah yang dimaksud laporan posisi keuangan?
Jawaban : Laporan posisi keuangan adalah Laporan mengenai posisi Harta, Utang dan Modal suatu perusahaan dalam suatu periode yang disusun secara sistematis

9. Sebutkan tujuan pembuatan jurnal penutup!
Jawaban : : Tujuan pembuatan jurnal penutupadalah sebagai berikut
a. Menghitung Laba Rugi untuk periode yang bersangkutan
b. Memisahkan transaksi pendapatan, penjualan dengan beban tahun tertentu dengan tahun sebelumnya
c. Mendapatkan Neraca AKhir (daftar saldo setelah penutupan) yang merupakan Neraca awal periode berikutnya.

10. Bagaimana cara membuat jurnal penutup?
Jawaban : Untuk membuat Jurnal Penutup dilakukan dengan cara.
1) Menutup semua akun Nominal yang bersaldo Debet, dengan memisahkan saldo akun yang bersangkutan ke sisi Debet akun Ikhtisar Laba Rugi dan mengkredit yang bersangkutan.
2) Menutup semua akun Normal yang bersaldo Kredit, dengan memindahkan saldo akun yang bersangkutan ke sisi kredit akun Ikhtisar laba rugi dan mendebet akun yang bersangkutan.

11. Pencatatan transaksi keuangan dilakuan pada saat transaksi keuangan yang bersangkutan telah diselesaikan secara tunai dinamakan….
Jawaban : cash basis

12. Pencatatan transaksi keuangan dilakukan pada saat terjadinya transaksi yang bersangkutan, terlepas transaksi tersebut telah diselesaikan secara tunai atau belum disebut….
Jawaban : accrual basis

13. Aktivitas meringkas dan mencatat transaksi perusahaan berdasarkan dokumen dasar secara kronologis beserta penjelasan yang di perlukan di dalam buku harian disebut….
Jawaban : jurnal umum atau jurnal transaksi
Baca jugaContoh Soal USBN Ekonomi SMA Kurikulum 2013 dan juga soal USBN Ekonomi SMA KTSP
14. Perusahaan telepon, stasiun televisi, stasiun radio, dan wartel termasuk dalam perusahaan….
Jawaban : telekomunikasi

15. Penginapan hotel, asrama, dan apartemen merupakan perusahaan….
Jawaban : akomodasi

Lanjut ke soal nomor 16-35 ==> 30+ Contoh Soal Essay Ekonomi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Lengkap Part2