40 Contoh Soal UAS/PAS Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013Part3

40 Contoh Soal UAS/PAS Informatika Kelas XI semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Part3 untuk siswa SMA/MA - Soal penilaian akhir semester ganjil informatika kelas 11 semester ganjil postingan ketiga ini, merupakan bagian terakhir dari rangkaian tulisan UAS/PAS informatika. Bila soal UAS informatika bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal nomor 11-20), butir soalnya berbentuk piihan ganda/PG, maka untuk bagian terakhir merupakan essay/uraian.

Dimulai dari pertanyaan nomor 21, berikut dibawah ini soal UAS informatika kelas 11 semester ganjil dan kunci jawaban kurtilas edisi revisi.

2. Terangkan pengertian Direct Cable Connection!
Jawaban: Direct Cable Connection digunakan untuk memanfaatkan port serial atau pararel yang ada di hampir semua komputer memakai kabel pararel atau serial. Koneksi jenis ini zaman sekarang sudah jarang sekali di pakai.

22. Tuliskan hubungan antara aktivitas yang tidak normal dengan aktivitas normal dalam keamanan jaringan!
Jawaban: Dengan adanya pemantauan yang teratur maka penggunaan sistem oleh yang tidak berhak dapat dihindari/cepat diketahui. Guna mendeteksi aktivitas yang tidak normal, maka perlu diketahui aktivitas normal. Bila hal-hal yang mencurigakan terjadi, maka perlu dijaga kemungkinan adanya intruder. Metodologi keamanan informasi bertujuan untuk meminimalisasi kerusakan dan memelihara keberlangsungan dengan memerhatikan semua kemungkinan kelemahan dan ancaman terhadap aset informasi.

23. Jenis kabel yang biasa digunakan pada topologi bus adalah….
Jawaban: coaxial

24. Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk imemperoleh informasi dari basis data tersebut disebut….
Jawaban: basis data (database)

25. Pada papan PCB sudah terlapisi timah dengan tujuan….
Jawaban: perlindungan dari korosi

26. Salah satu sistem yang dapat mengubah data menjadi informasi adalah sistem pengolah informasi berbasis komputer yang disebut sebagai….
Jawaban: Computer-based information processing system

27. Sistem embedded modern yang pertama dikenali adalah….
Jawaban: Apollo Guidance Computer

28. Sistem informasi berbasis komputer maupun Artificial Intelligence merupakan hasil dari kemajuan teknoli komputer yang diciptakan untuk….
Jawaban: membantu pekerjaan manusia

29. Jika terdapat data 105 10 20 64 50 59 39 78 26 88, bagaimanakah proses pencarian Bagi Dua (Binary Search) untuk menemukan data 88?
Jawaban: Jika terdapat data 105 10 20 64 50 59 39 78 26 88, dan data yang di cari adalah data 88, maka langkah-langkah proses pencarian bagi dua (binary search) adalah sebagai berikut.
a. Langkah pertama adalah mengurutkan data : 10 20 26 39 50 59 64 78 88 105
b. Pencarian dimulai dari tengah: 10 20 26 39 50 59 64 78 88 105
c. Baris bilangan dibagi dua bagian dengan bagian yang lebih kecil dari data yang dicari diabaikan: 59 64 78 88 105
d. Pencarian dimulai dari tengah : 59 64 78 88 105
e. Baris bilangan dibagi dua bagian. Bagian yang lebih kecil dari data yang dicari diabaikan: 78 88 105
f. Pencarian dimulai dari tengah, maka data 88 ditemukan

30. Terangkan pengertian Main function!
Jawaban: Fungsi main () menjadi awal dan akhir eksekusi program C++. Adapun tubuh fungsi dimulai dari tanda { hingga tanda } . Lebih spesifik lagi, semua yang terletak di dalam tanda {} disebut blok. Tanda () digunakan untuk mengapit argument fungsi, yaitu nilai yang akan dilewatkan ke fungsi. Pada fungsi main () seperti pada contoh, tidak ada argument yang diberikan. Oleh karena itu tidak ada entri di dalam (). Kata void yang mendahului main () dipakai untuk menyatakan bahwa fungsi ini tidak memiliki nilai balik.

31. Sequensial search sebagai metoder pencarian linear yang paling sederhana menggunakan prinsip utama, yaitu….
Jawaban: data yang ada dibandingkan satu per satu secara berurutan dengan data yang dicari sampai data tersebut ditemukan atau tidak ditemukan

32. Dalam suatu jaringan telekomunikasi, jenis topologi yang dipilih akan berpengaruh pada….
Jawaban:  kecepatan komunikasi

33. Sebutkan jenis-jenis elektronik konsumen embedded system yang dijumpai dalam kehidupan seharo-hari!
Jawaban: Berapa jenis elektronik konsumen yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari di antaranya GPS receiver, kamera digital, konsol video game, MP3 player, pemutar printer. Termasuk didalamnya berbagai jenis peralatan rumah tangga seperti microwave oven, mesin cuci, dan mesin pencuci piring yang menggunakan sistem tertanam untuk memberikan fleksibilitas, efisiensi, dan fitur.

34. Mengapa microcontroller sangat berbeda dengan semua hal yang ada di komputer? Jelaskan!
Jawaban: Microcontroller sangat berbeda dengan semua hal yang ada dikomputer. Oleh karena menyesuaikan kebutuhan, maka microcontroller didesain untuk suatu tujuan khusus, bukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumit seperti pada komputer.

35. Kode update yang digunakan Windows Server 2012 R2 sebelum menginstal Microsoft Visual Studio?
Jawaban: #2919355

Baca juga:
Contoh Soal TIK (Ujian Sekolah ) SMA Kelas XII
Soal Ujian Sekolah KKPI SMK Kelas XII dan Jawabannya Lengkap Terbaru
Soal Ulangan Akhir Semester I Kelas XI TIK dan Jawaban

36. Apakah yang terjadi setelah dilakukan ping ternyata IP address tidak muncul?
Jawaban: Jika IP address tidak keluar berarti komputer belum terhubung jaringan atau belum dikonfigurasi

37. Terangkan pengertian data!
Jawaban: Data adalah aliran fakta-fakta yang bersifat mentah serta mencerminkan berbagai kejadian dalam sebuah organisasi atau dalam sebuah lingkungan fisik, sebelum diatur dan disusunke dalam bentuk yang dapat dipahami dan dipergunakan ileh manusia. Informasi adalah data yang telah disusun ke bentuk yang dapat dimengerti dan dipergunakan oleh manusia.

38. Sebutkan alat-alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya!
Jawaban: Sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Router, Switch, dan lain sebagainya disebut LAN (Local Area Network)

39.  Sistem komputer khusus yang dirancang untuk menjalankan tugas tertentu dan biasanya sistem tersebut tertanam dalam satu kesatuan sistem disebut….
Jawaban: Embedded system (sistem tertanam)

40. Tujuan utama dalam pengolahan data dalam sebuah basis data adalah….
Jawaban: Memperoleh data yang dicari dengan mudah dan cepat