Sabtu, 20 Februari 2021

50 Contoh Soal UAS/PAS Sosiologi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta JawabanPart3

50 Contoh Soal UAS/PAS Sosiologi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part3 untuk siswa SMA/MA - Soal ulangan akhir semester ganjil sosiologi peminatan kelas xii semester ganjil postingan ketiga ini, merupakan lanjutan 50 contoh soal sosiologi peminatan bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal UAS nomor 16-30), dengan materi yang sama, yaitu perubahan sosial beserta dampaknya dalam kehidupan masyarakat sampai dengan permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial akibat pengaruh globalisasi.

Bila butir soal sebelumnya berbentuk pilihan ganda/PG, maka untuk bagian ketiga atau terakhir ini, soalnya berbentuk essay/uraian.

Baca juga:
Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya
Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan

Berikut di bawah ini, soal sosiologi peminatan kurtilas edisi revisis untuk siswa kelas 12 semester 1 dan kunci jawaban dengan pertanyaan dimulai dari nomor 31.

31. Apa sajakah gejala modernisasi dan globalisasi terjadi di komunitas masyarakat perkotaan?
Jawaban :
a. Kriminalitas dan perilaku menyimpang meningkat di perkotaan.
b. Kepadatan penduduk
c. Munculnya pengangguran di kota
d. Pencemaran lingkungan di perkotaan

32. Bagimanakah definisi globalisasi menurut Selo Sumarjan?
Jawaban : Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmasyarakat di seluruh dunia

33. Jelaskan konsep teori siklus yang mendasari perubahan sosial!
Jawaban : Teori siklus melihat perubahan sebagai suatu yang berulang-ulang. Apa yang sedang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan yang ada sebelumnya. Di dalam pola perubahan ini tidak tampak batas-batas antara pola hidup primitif tradisional dan modern.

34. Globalisasi diartikan sebagai meningkatkan hubungan internasional. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain, merupakan pengertian dari….
Jawaban : Internasionalisasi

35. Wujud dari arus globalisasi adalah….
Jawaban : Arus pendapat, arus keuangan, dan arus teknologi

36. Meningkatkan nilai baru dalam dunia sehingga menjadi isu internasional, merupakan salah satu wujud dari arus globalisai yaitu….
Jawaban : Arus pendapat

37. Mobilitas penanaman modal asing, investasi, eksport, dan impor, merupakan salah satu wujud dari arus globalisasi yaitu….
Jawaban : Arus keuangan

38. Berikan contoh globalisasi dan modernisasi dalam bidang transportasi!
Jawaban : Contoh globalisasi dan moderinisasi dalam bidang transportasi adalah sepeda dan andong sampai penemuan alat trasportasi lainnya baik di darat maupun di laut. Misalnya, buswah, pesawat, kereta api dan lain-lain. Sedangkan contoh moderinsasi di bidang komunikasi adalah adanya faksimili, handphone, internet, dan lain sebagainya.

39. Jelaskan hubungan antara stratifikasi sosial dengan perubahan sosial!
Jawaban : Dalam perubahan sosial, sistem stratifikasi sosial yang bersifat terbuka memungkinkan anggota masyarakat untuk pindah dari satu lapisan sosial ke lapisan sosial yang lainnya. Dengan melakukan usaha-usaha tertentu, seseorang dapat pindah dari lapisan rendah ke lapisan sosial yang lebih tinggi. Dengan demikian telah terjadi perubahan dalam status dan kedudukannya di masyarakat dari status yang rendah ke sosial yang lebih tinggi. Perubahan tersebut dilakukan karena merasa tidak puas terhadap status atau kedudukan sosialnya di masyarakat.

40. Terangkan mengenai sifat kritis yang harus dimiliki manusia dalam era globalisasi dan modernisasi!
Jawaban : Manusia modern harus memiliki sikap kritis karena dalam masyarakat modern terjadi banyak perubahan baik itu dalam diri manusia atau lingkungan. Manusia bisa membedakan mana  perkembangan yang baik dan tidak baik

41. Mobilitas teknologi, munculnya organisasi multinasional dan organisasi transnasional, merupakan salah satu wujud dari arus globalisasi yaitu….
Jawaban : Arus teknologi

42. Globalisasi akan membawa persepektif baru tentang konsep….
Jawaban : Dunia tanpa tapal batas

43. Globalisasi sebagai zaman transformasi sosial, merupakan pengertian globalisasi menurut….
Jawaban : Peter drucker

44. Sebutkan faktor pendorong terjadinya urbanisasi dalam komunitas lokal dalam masyarakat dari desa ke perkotaan!
Jawaban : Faktor-faktor pendorong terjadinya urbanisasi dalam kaitannya dengan perubahan sosial antara lain sebagai berikut.
a. Daya tarik ekonomi
b. Daya tarik sosial
c. Daya tarik pendidikan
d. Daya tarik budaya

45. Berikan contoh globalisasi dan modernisasi dalam bidang politik!
Jawaban : Contoh modernisasi dalam bidang politik adalah demokrasi liberal, demokrasi terpimpin, dan demokrasi Pancasila.

46. Bagaimanakah hubungan antara modernisasi dengan urbanisasi?
Jawaban : Hubungan antara modernisasi dan urbanisasi adalah bahwa urbanisasi merupakan akibat dari perkembangan industrialisai dalma masyarakat. Maka masyarakat tradisional akan berpindah dari desa ke kota karena mereka menganggap kota dapat merubah hidup mereka terutama dalam bidang ekonomi dan perkembangan iptek

47. Jelaskan mengenai sektor industry yang menjadi jalur utama globalisasi dan modernisasi!
Jawaban : Sektor industri menjadi jalur utama globalisasi dan modernisasi karena dengan lewat industri penemuan-penemuan baru dapat mengubah hidup ekonomi masyarakat tradisional ke masyarakat yang lebih modern.

48. Globalisasi merupakan pembangunan yang kompleks di segala bidang, baik ekonomi, poliik, tekonologi, maupun budaya, merupakan pengertian globalisasi menurut….
Jawaban : David loy

49. Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkan batas antara negara, misalnya hambatan tariff eksport import, lalu lintas devisa, maupun migrasi, merupakan pengertian dari….
Jawaban : Liberalisasi

50. Salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan kebudayaan dari barat sehingga mengglobal, merupakan pengertian dari….
Jawaban : Westernisasi

Baca juga: 95 Contoh Soal UAS Sosiologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawabannya.