50 Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta JawabanPart3

50 Contoh Soal UTS/PTS Sosiologi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part3 - Soal ulangan tengah semester sosiologi peminatan untuk siswa SMA/MA kurtilas ketiga ini, merupakan lanjutan soal UTS sosiologi peminatan bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal mid nomor 16-30). Bila sebelumnya, butir soalnya berbentuk pilihan ganda, maka untuk bagian terakhir atau ketiga ini berbentuk essay/uraian.

Baca juga:
Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya
Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan

Dimulai dari pertanyaan nomor 31, berikut dibawah soal sosiologi peminatan K13 edisi revisi dilengkapi kunci jawaban

31. Berikan contoh perubahan sosial dalam bidang teknologi dan politik!
Jawaban :
a. Dalam bidang teknologi seperti perubahan alat komunikasi sekarang ini orang lebih banyak menggunakan handphone. Lalu mengunakan mesin traktor untuk membajak tanah.

32. Pada masyarakat majemuk,potensi konflik sangat besar.Sebutkan sikap yang harus dikembangkan agar dapat terwujud kesinambungan bangsa dan negara!
Jawaban : Sikap toleransi, gotong royong, saling menghargai, menghargai pendapat orang lain, tidak memandang orang berdasarkan warna kulit ataupun status sosial

33. Jika anda menjadi seseorang yang mempunyai kedudukan (pejabat negara), bagaimana cara nada menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan disentragasi?
Jawaban : Saya akan menyelesaikannya sesuai dengan hokum yang berlaku tanpa memandang status ataupun warna kulit

34. Jika anda adalah pengamat politik, bagaimana cara anda menyikapi para tokoh politik yang cenderung saling berkonflik?
Jawaban : Menurut saya, seharusnya mereka malu dengan gelar dan jabatan yang mereka punya. Dengan demikian tak ada alasan untuk berkonflik karena akan menambah masalah. Seharusnya mereka dapat menyelesaikan suatu masalah dengan kepala dingin karena bagaimana sekecil apapun tindakan mereka maka akan berdampak pada bangsanya

35. Saluran-saluran perubahan sosial dikenali juga dengan sebutan ….
Jawaban : Avenue or channel change

36. Teori perubahan universal,multilineal,dan unilinear merupakan teori yang mendasari perubahan….
Jawaban : Evolusi

37. Perubahan sosial akan sangat mudah terjadi bila masyarakat menganut stratifikasi sosial….
Jawaban : Terbuka

38. Urbanisasi merupakan faktor pendorong perubahan sosial berupa….
Jawaban : Bertambah dan berkurangnya penduduk

39. Perubahan sosial adalah perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan material maupun nonmaterial. Pendapat ini dikemukakkan oleh….
Jawaban : William F. Ogburn

40. Revolusi di indonesia jaman penjajahan merupakan revolusi yang terjadi karena….
Jawaban : Keinginan merdeka

41. Bagaimanakah cara menangulangi kenakalan remaja yang merebak di kalangan pelajar pada masa kini?
Jawaban : cara menangulangi kenakalan remaja dapat dimulai dari pihak keluarga, dengan cara pembinaan sedini mungkin. Ataupun pihak sekolah dengan cara meningkatkan keagamaan agar keimanan remaja dapat meningkat sehingga terjauh dari kenakalan remaja Karen remaja disibukan dengan kegiatan keagamaan.

42. Apakah yang dimaksud kejahatan Kerah Putih (white collar crime)?
Jawaban : Kejahatan yang dilakukan para pengusaha atau pakar dalam melakukan perannya

43. Berikan dua saja contoh aksi protes dan demonstrasi sebagai dampak negatif perubahan sosial!
Jawaban :
- Aksi protes:
a. Mahasiswa menurut kebebasan akademi kepada rektor
b. Berbagai kelompok sosial yang memperotes kenaikan BBM.

- Demonstrasi :
a. Demo buruh pabrik menuntut kenaikan UMR
b. Demo masyarakat Garut terhadap Bupati yaitu Aceng Fikiri

44. Berikan penjelasan contoh bahwa suatu penemuan baru televise dapat mengakibatkan perubahan di bidang-bidang lain!
Jawaban : Televisi akan memancarkan pengaruhnya keberbagai arah: Seperti mempermudah orang berbisnis dan lain sebagainya. Televisi ini menyebabkan perubahan-perubahan dalam lembaga-lembaga kemasyarakatan dan adat istiadat.

45. Apakah alasan utama masyarakat mau menerima perubahan sosial?
Jawaban : Karena masyarakat menyadari bahwa mereka menginginkan suatu perbaikan, lalu adanya masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi baru yang timul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat sehingga masyarakat mau menerima perubahan

46. Ekonomi merupakan saluran perubahan sosial yang paling urgen bagi masyarakat yang hidup di….
Jawaban : kelas bawah

47. Suatu proses menirukan kebudayaan lain yang lebih oleh masyarakat yang mempunyai kebudayaan yang lebih rendah disebut….
Jawaban : Imitasi

48. Pada masyarakat tradisional sangat sulit mengalami perubahan karena ada kecurigaan bahwa perubahan yang terjadi dapat merugikan mereka. Namun demikian masih ada perubahan walau hanya sedikit dan sangat lambat. Hal ini disebabkan karena masyarakat masih bersifat….
Jawaban : Konservatif

49. Anak panah, busur panah, telepon,pesawat terbang,mobil termasuk dalam invensi….
Jawaban : Material

50. Sebagai warga masyarakat yang peduli dengan kedamaian dan ketentraman,bagaimana pendapat anda terhadap terjadinya konflik antaretnis di indonesia?
Jawaban : Menurut saya, hal ini sangat menyedihkan karena perbedaan etnis merupakan suatu bentuk masyarakat multicultural. Di indonesia seharusnya antaretnis tersebut bersatu membangun bangsa, bukan justru berkonflik dan mengacaukan keadaan yang berefek apda ketentraman bangsa.

Lanjut ke soal materi setelah penilaian tengah semester ganjil ==> Contoh Soal PG Sosiologi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part5 dan untuk soal-soal uraian setelah mid ==> Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part3