60+ Contoh Soal dan Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 semester 1 Kurikulum 2013 (Essay Ganda Lengkap)

60+ Contoh Soal dan Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 semester 1 Kurikulum 2013 (Essay Lengkap) Edisi Revisi - Soal essay/uraian sejarah Indonesia (wajib) kelas x semester ganjil K13 postingan ini, berisikan materi yang sama dengan 55+ contoh soal PG sejarah Indonesia kelas 10 yang telah admin posting sebelumnya, yaitu diambil dari Bab 2, "Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia." Dengan pokok bahasan soal mengenai proses masuk dan berkembangnya Agama Hindu-Buddha di Indonesia serta soal essay sejarah mengenai Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Selain itu, soal tentang perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia ini merupakan materi/Bab setelah siswa menyelesaikan PTS sejarah Indonesia.
Baca juga: Contoh soal essay sejarah peminatan kelas 10 semester 1 
Berikut di bawah ini, soal essay sejarah Indonesia kelas 10 semester ganjil dilengkapi kunci jawaban kurtilas edisi revisi dengan pertanyaan dimulai dari nomor 1.

1. Sebutkan bukti-bukti masuknya agama Buddha di Nusantara!
Jawaban: ditemukan prasasti dan Ruphang Buddha (Abad ke-4) di deka bukit Meriam di Kedah. Sebuah lempengan batu berwarna yang berisi dua syair Buddhist dalam bahasa Sansekerta ditulis dengan huruf abjad Pallawa tertua ditemukan dari satu puing rumah bata yang diperkirkan mungkin merupakan kamar bhiksu Buddha. Selain itu, di Kedah Sulawesi, Jawa Timur dan Palembang, ditemukan patung-patung Buddha gaya Amaravati.

2. Bagaimanakah ajaran dari aliran Hinayana?
Jawaban: setiap orang wajib berusaha sendiri untuk mencapai nirwana. Untuk mencapai nirwana sangat bergantung pada usaha diri melakukan meditasi.

3. Kitab Tripitaka terdiri atas 3 kumpulan tulisan, yaitu….
Jawaban: Sutta (Suttanata) Pitaka, Vnaya Pitaka, Abhrdharma Pitaka

4. Menurut teori yang dikemukakan oleh C.C. Berg, agama Hindu dibawa ke Indonesia oleh kaum….
Jawaban: Ksatria

5. Beberapa prasasti yang menunjukkan adanya kerajaan Buddha di Pelembang, yaitu….
Jawaban: prasasti kedukan Bukit (583 M), prasasti Talang Tuo, 684 M), prasasti Telaga Batu (tidak berangka tahun), prasasti Kota Kapur (656 M), prasasti Karang Berahi (686 M).

6. Berdasarkan beberapa pendapat, diperkirakan bahwa agama Hindu pertama kalinya berkembang di Lembah Sungai Shindu yang terletak di Negara….
Jawaban: India

7. Kerajaan Budha pertama kali yang berkembang di Nusantara adalah….
Jawaban: Sriwijaya

8. Kerajaan Syailendra yang berdiri pada tahun 775-850 M meninggalkan peninggalan berupa….
Jawaban: Prasasti dan Candi

9. Masuknya agama Hindu ke Indonesia terjadi pada abad ke….
Jawaban: 4 masehi

10. Prasasti pertama yang berkaitan erat dengan kerajaan Hindu ditemukan pertama kali di….
Jawaban: Kutai, Kalimantan Timur pada awal abad ke-5

11. Bagaimanakah masuknya agama Hindu dan Buddha di Indonesia menurut teori Brahmana?
Jawaban: teori Brahmana, menyatakan bahwa kaum Hindu dari kasta Brahmanlaah yang mempunyai peran paling besar dalam proses masuknya agama dan budaya Hindu di Indonesia. Para Brahmana India datang ke Indonesia atas undangan para penguasa lokal di Indonesia.

12. Sebutkan empat fase perkembangan agama Hindu di India!
Jawaban: Zaman Weda, Zaman Brahmana, Zaman Upanisad, dan Zaman Buddha.

13. Jelaskan yang dimaksud zaman unpanisad?
Jawaban: zaman upanisad ini adalah zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama, yaitu zaman orang berfilsafat atas dasar Weda.

14. Terangkan bukti masuknya agama Hindu di Indonesia?
Jawaban: masuknya agama Hindu ke Indonesia terjadi pada awal tahun Masehim, ini dapat dikethui dengan adanya bukti tertulis atau benda0benda purbakala pada abd ke 4 Masehi dengan ditemukannya tujuh buah Yupa peninggalan kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

15. Apakah pembaharuan besar yang ditimbulkan oleh masuknya agama Hindu di Indonesia?
Jawaban: masuknya agama Hindu ke Indonesia, menimbulkan pembaharuan yang besar, misalnya berakhirnya zaman prasejarah Indonesia, perubahan dari religi kuno ke dalam kehidupan beragama yang memuja Tuhan yang Maha Esa dengan kitab Suci Weda dan juga munculnya kerajaan yang mengatur kehidupan suatu wilayah.

16. Sebutkan perkembangan ajaran Mahayana di Indonesia!
Jawaban: perkembangan ajaran Mahayana di Indonesia pada umumnya terbagi atas dua yaitu Buddha Mahayana dan Buddha Tridharma.
Baca juga: 50 Soal Sejarah Kurikulum 2013 Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban (Sejarah Indonesia)
17. Apakah yang dimaksud dengan Waprakeswara dan upacara Aswameda?
Jawaban:
- Waprakeswara adalah sebidang tanah yang dianggap suci.
- Upacara Aswameda adalah upacara yang hanya bisa dilakukan apabila seorang Raja merasa cukup kuat untuk menjadi penguasa yang dilakukan dengan melepaskan seekor kuda lalu para prajurit mengikuti kuda tersebut dan daerah yang dilalui kuda tersebut ditaklukkan.

18. Jelaskan tentang lahirnya agama Buddha!
Jawaban: pembawa agama Buddha adalah Sidharta Gautama. Sidharta menganggap bahwa sistem kasta dapat memecah belah masyarakat. Oleh karena itu, untuk mencari pencerahan, ia meninggalkan istana dan bertapa di bawah pohon (semacam pohoh beringin). Di sana Sidharta Gautama akhirnya mendapakan Bodhi, yaitu semacam penerangan atau kesadaran yang sempurna. Sidharta Gautama kemudian dikenal sebagai Sang Buddha, artinya seseorang yang telah mendapat pencerahan.

19. Agama Hindu dan Buddha berasal dari…..
Jawaban:  Jazirah India

20. Teori Waisya diprakarsai oleh….
Jawaban: N.J. Krom (ahli Belanda)

Lanjut ke soal nomor 21-40 ==> 60+ Contoh Soal dan Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 semester 1 Kurikulum 2013 (Essay Lengkap) Part2