Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban - Soal-soal essai biologi kelas 12 semester ganjil K13 SMA/MA edisi revisi postingan kali ini, berisikan materi yang sama dengan soal PG biologi bagian ke-1 dan bagian ke-2, yaitu Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup (Bab 1), seperti soal tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup serta soal tentang faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.

Selain itu, bagi anda yang menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP, admin telah menuliskan soal-soal latihan-nya yang bisa anda baca disini.

Berikut dibawah ini, soal essay/uraian biologi peminatan kurtilas kelas xii semester ganjil kurtilas dilengkapi kunci jawaban.

1. Jelaskan bentuk kurva pertumbuhan tumbuhan yang mencakup empat fase!
Jawaban: secara umum kurva pertumbuhan pada tumbuhan terdapat empat fase, yaitu sebagai berikut.
a. Fase lag, yaitu fase pertumbuhan berjalan lambat dan tidak ada proses pembelahan sel.
b. Fase logaritmik, yaitu fase pertumbuhan berjalan dengan kecepatan yang sangat cepat dan tak terkendali.
c. Fase pertumbuhan linear, yaitu fase pertumbuhan mulai stabil dan relatif konstan.
d. Fase stasioner, yaitu tingkat paling stabil dalam kurva pertumbuhan.

2. Jelaskan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan!
Jawaban: pertumbuhan adalah suatu proses perubahan ukuran dan volume serta jumlah secara irreversibel, yaitu tidak dapat kembali ke bentuk semula. Adapun perkembangan merupakan suatu proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif.

3. Apakah akibat dari aktivitas cambium kea rah luar dan dalam pada pertumbuhan sekunder tumbuhan? Jelaskan!
Jawaban: akibat dari aktivitas kambium ke arah luar dan dalam pada pertumbuhan sekunder tumbuhan, yaitu pembelahan ke arah dalam membentuk xilem (kayu) dan pembelahan ke luar membentuk floem (kulit kayu).

4. Apakah perbedaan perkecambahan epigeal dan hipogeal?
Jawaban: perkecambahan epigeal dengan ciri hipokotil memanjang sehingga plumula dan kotiledon ke permukaan tanah dan kotiledon melakukan fotosintesis selama daun belum terbentuk, sedangkan perkecambahan hypogeal dengan ciri epikotil memanjang sehingga plumula keluar menembus kulit biji dan muncul di atas permukaan tanah, sedangkan kotiledon tertinggal dalam tanah.

5. Sebutkan lapisan sel yang dikemukakan oleh Hanstein dalam teori histogen!
Jawaban: Ada 3 lapisan sel yang dikemukakan oleh Hanstein dalam teori histogen, yaitu lapisan plerom, dermatogen, dan periblem

6. Jelaskan cara Anda untuk mencegah terjadinya pembusukan atau kerusakan pada saat pemeraman buah!
Jawaban: salah satu cara mencegah terjadinya pembusukan atau kerusakan pada saat pemeraman buah adalah pada saat buah tua dipetik/dipanen masih berwarna hijau, kemudian dikemas atau disimpan pada tempat yang berventilasi untuk mencegah buah tidak cepat masak/matang, sehingga sesampainya di tempat tujuan buah tersebut baru matang dan tidak rusak atau busuk.

7. Mengapa asam absisat justru berperan pada saat tanaman berada dalam kondisi yang kurang baik?
Jawaban: pada saat pertumbuhan mengalami kondisi yang kurang baik, misalnya ketika kekurangan air di musim kering, maka tumbuhan tersebut mengalami dormansi, yaitu daun-daunnya akan digugurkan dan yang tertinggal adalah tunas-tunasnya. Dalam keadaan demikian, asam absisat terkumpul/terakumulasi pada tunas yang terletak pada sel penutup stomata. Hal ini menyebabkan stomata menutup, sehingga penguapan air berkurang dan keseimbangan air di dalam tubuh tumbuhan terpelihara yang mengakibatkan pertumbuhan tunas terhambat karena melambatnya kecepatan pembelahan dan pembesaran sel-sel tunas.

8. Apakah yang akan terjadi apabila hormone auksin rusak akibat panasnya matahari di siang hari?
Jawaban: auksin akan rusak dan berubah menjadi suatu zat yang justru akan menghambat terjadinya pembelahan sel-sel pada daerah pemanjangan batang, sehingga pertumbuhan sel-sel batang yang terkena sinar matahari akan menjadi lebih lambat dibandingkan dengan sel-sel jaringan pada sisi batang yang tidak terkena sinar matahari.

9. Sebutkan faktor eksternal atau lingkungan yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan!
Jawaban: faktor-faktor eksternal atau lingkaran yang berpengaruh sebagai berikut:
a. Iklim seperti cahaya, temperatur udara, air, angin, matahari, dan gas.
b. Tanah meliputi tekstur dan struktur tanah, bahan organik, ketersediaan nutrient, dan pH.
c. Biologis, seperti gulma, serangga mikroorganisme penyebab penyakit, nematode macam-macam tipe herbivora, mikroorganisme tanah seperti bakteri pemfiksasi N dan bakteri denitrifikasi serta mikorhiza.

10. Mengapa jika sitokinin banyak diberikan pada tumbuhan akan banyak tumbuh tunas, tetapi jika sedikit diberikan pada tumbuhan akan terbentuk banyak akar?
Jawaban: hal ini terjadi karena sitokini dapat menghentikan dominasi pertumbuhan kuncup atas (apikal) dan merangsang pertumbuhan kuncup samping (lateral)

Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part2