-->

Jumat, 26 Februari 2021

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban Part-6

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban bagian ke-6, berisikan materi yang berbeda dengan soal essay biologi kelas 12 semester satu bagian ke-5 (soal nomor 61-75), dimana bagian keenam berisikan materi soal Bab tentang Mutasi, dengan sub pokok bahasan tentang mutasi gen (point mutation), mutasi kromosom, macam-macam mutasi dan dampak mutasi.

(Baca juga materi soal dalam bab yang sama, yaitu tentang mutasi dalam bentuk pilihan ganda: soal pg biologi kelas 12 semester satu bagian ke-11 dan soal PG Biologi bagian ke-12)

Berikut, dibawah ini soal essay/uraian biologi dengan kunci jawaban dimulai dari soal nomor 76.

76. Mengapa mutasi pada umumnya bersifat merugikan?
Jawaban: Pada umumnya mutasi bersifat merugikan bagi makhluk hidup yang mengalami mutasi karena adanya perubahan materi genetik tersebut akan menimbulkan sifat yang cacat dan kurang efektif dalam melaksanakan aktivitas hidup. Hal ini dapat bertahan hidup. Misalnya, semagka tanpa biji merupakan tumbuhan yang mengalami kegagalan dalam membentuk alat reproduksi, walaupun bagi manusia muatan tersebut menguntungkan namun bagi individu muatan sebenarnya hal ini merugikan.

77. Apa yang dimaksud dengan abrasi kromosom?
Jawaban: Mutasi kromosom (abrasi kromosom) merupakan perubahan kromosom sehingga menimbulkan perubahan sifat yang diturunkan pada generasi berikutnya. Sebagian besar mutasi kromosom disebabkan oleh kesalahan pada proses meiosis, misalnya terjadi pindah silang atau tautan. Mutasi kromosom berdampak pada perubahan beberapa gen di dalam kromosom. Perubahan struktur kromosom terjadi karena delesi, duplikasi, inverse, translokasi, dan katenasi pada kromosom.

78. Jelaskan perbedaan mutasi spontan dengan mutasi induksi dalam hal penyebabnya, frekuensinya, dan kegunannya!
Jawaban: Mutasi alami (mutasi spontan) adalah mutasi yang terjadi secara alami  atau dengan sendirinya. Diduga faktor penyebabnya mutasi alami adalah radiasi sinar kosmis dari angkasa luar, sinar ultraviolet, matahari, dan sinar radioaktif alam. Sedangkan mutasi buatan adalah mutasi yang sengaja dibuat oleh manusia. Pada prinsipnya jka terjadi perubahan gen atau kromosom berarti terjadi mutasi.

79. Jelaskan perbedaan antara mutasi transisi dengan mutasi transversi!
Jawaban: - Mutasi transisi
Transisi terjadi apabila basa pirimidin pada rantai nukleotida DNA diganti oleh basa pirimidin yang lain, atau basa purin yang satu diganti oleh basa purin yang lain. Basa pirimidin timin (T) dapat diganti oleh basa sitosin (C atau S), atau sebaliknya. Basa purin adenin (A) dapat diganti oleh basa guanine (G), atau sebaliknya.
- Mutasi transversi
Transversi terjadi apabila basa pirimidin digantikan oleh basa purin, atau sebaliknya. Akibatnya, asam amino yang dihasilkan tidak sesuai dengan pesanan. Misalnya, asam amino valin digantikan menjadi asam glutamate akan menyebabkan berubahnya asam amino penyusun protein hemoglobin. Hal ini menyebabkan bentuk eritrosit tidak normal, seperti bulan sabit. Kelainan ini disebut siklemia (sickle cell).

80. Jelaskan yang dimaksud dengan aneusomi, aneuplodi, inversi kromosom, dan insersi!
Jawaban: - Aneusomi adalah perubahan jumlah kromosom akibat dari anafase lag, yaitu peristiwa tidak melekatnya benang-benang spindel ke sentromer dan gagal berpisah atau (nondisjunction).
- Aneuplodi, yaitu penambahan atau pengurangan jumlah kromosom. Organismenya disebut aneuploidy.
- Inversi kromosom, yaitu pembalikkan segmen kromosom karena kromosom patah di dua tempat, dan terjadi penyisipan kembali gen-gen urutan terbalik.Misalnya: pada segmen A-B-C-D-E-F-G, segmen C-D-E patah, lalu menyisip kembali dalam keadaan terbalik sehingga terbentuk segmen A-B-E-D-C-F-G.
- Insersi, merupakan peristiwa penyisipan satu atau lebih pasangan basa nitrogen pada rantai DNA yang pindah.

81. Apakah yang dimaksud dengan mutasi alam?
Jawaban: Mutasi alami (mutasi spontan) adalah mutasi yang terjadi secara alami atau dengan sendirinya. Diduga faktor penyebabnya mutasi alami adalah radiasi sinar kosmis dari angkasa luar, sinar ultraviolet, matahari, dan sinar radioaktif alam.

82. Apakah yang dimaksud dengan mutasi buatan?
Jawaban: Mutasi buatan adalah mutasi yang sengaja dibuat oleh manusia. Pada prinsipnya jika terjadi perubahan gen atau kromosom berarti terjadi mutasi. Pengetahuan mengenai mutasi dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan bibit tanaman yang unggul. Contohnya kolksin biasa digunakan untuk memperoleh tanaman poliploid yang umumnya mempunyai sifat unggul, seperti buah yang esar dan tidak berbiji.

83. Jelaskan ciri-ciri sindrom klinefelter!
Jawaban: Sindrom klinefelter terjadi karena jumlah kromosom kelaminnya bertambah menjadi 47 yang terdiri atas 44 autosom dan 3 gonosom (XXY). Sindrom ini ditemukan oleh H.F. Klinefelter pada tahun 1942. Sindrom Klinefelter disebabkan nondisjunction (ND) selama pembentukan gamet. Sindrom ini memiliki ciri, yaitu testis tidak berkembang bahkan mengecil, mandul (steril), pinggul melebar, dan payudara membesar.

84. Jelaskan perbedaan mutan dengan mutagen!
Jawaban: Organisme yang mengalami mutasi disebut mutan. Sedangkan faktor penyebab mutasi disebut mutagen.

85. Sebutkan bahan kimia penyebab mutasi!
Jawaban: Bahan kimia : pestisida, agen alkilase yang mengganggu replikasi DNA (seperti mustard dimetil sulfat, dan etil metal sulfat), kolksin, metana, formaldehid, dan hidroksil animo.

Lanjut ke soal Ujian Akhir Semester => Contoh Soal UAS Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban