Jumat, 19 Februari 2021

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-7

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-7 - Melanjutkan soal essay PAI kelas 11 semester satu kurikulum 2013 bagian ke-6 (soal nomor 56-70), bagian ketujuh berisikan materi tentang "Perkembangan Islam pada Masa Kejayaan" dengan sub pokok bahasan seperti: sejarah peradaban Islam dan masa kejayaan Islam. Materi tersebut tentunya berbeda dengan sebelumnya.

Berikut, contoh soal agama Islam Kurtilas (kurikulum dua ribu tiga belas) dengan kunci jawaban untuk siswa SMA/SMK/Sederajat dimulai dari soal nomor 71.

71. Perkembangan ilmu kalam terjadi seiring dengan gencarnya serangan orang-orang nonmuslim yang ingin menjatuhkan Islam melalui….
Jawaban: Olah pikir filsafat.

72. Islam menerjemahkan karya-karya filsuf Yunani seperti….
Jawaban: Socrates, Aristoteles, dan lain sebagainya.

73. Bidang keahlian Ibnu Hayyan (dimana dia mengadakan penelitian) adalah….
Jawaban: Bidang logika, filosofi, kedokteran, fisika, mekanika, dan lain sebagainya.

74. Ibnu Sina adalah seorang Ilmuan muslim yang dikenal dengan julukan….
Jawaban: ”Raja diraja Dokter” dan “Raja Obat” serta dianggap sebagai perintis tentang penyakit syaraf dan berbagai macam penyakit.

75. Dengan Ilmu pengetahuan dasar tauhid, akidah, dan akhlak, lahiriah semangat untuk….
Jawaban: Mencintai ilmu pengetahuan sampai pada masa tabi’in’ hingga masa kekhalifahan Umayah dan Abbasiyah.

76. Orang-orang Eropa menamakan Ibnu Hayyan dengan sebutan….
Jawaban: Gebert.

77. Pada abad 1 Hijriah, begitu semangatnya para sahabat belajar langsung kepada….
Jawaban: Rasulullah saw.

78. Ilmu fikih di masa Abbasiyah mengalami perkembangan yang cukup baik, ulama-ulama yang muncul pada saat itu dikenal dengan sebutan….
Jawaban: Imam Mahzab.

79. Pada masa dinasti Abbasiyah didirikan Baitul Hikmah, sebagai….
Jawaban: Pusat penelitian dan kajian yang menarik minat pelajar dari seluruh penjuru dunia untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi, melakukan penelitian, dan studi kepustakaan.

80. Imam Sibawahyi adalah seseorang ahli gramatika pada masa khalifah Harun Ar-Rasyid, ia juga dikenal sebagai….
Jawaban: Imam ahli nahwu.

81. Sebutkan ulama yang ahli di bidang tasawuf!
Jawaban:
Di antara ulama/tokoh yang ahli di bidang tasawuf yaitu sebagai berikut:
a. Al-Qusyairi, karyanya adalah Risalatul Qusyairiyah.
b. Syihabuddin, karyanya adalah Awariful Ma’rif.
c. Imam Ghazali, karyanya adalah Ilha Ulumuddin. Dia adalah pelopor pembuat klasifikasi fungsi sosial pengetahuan yang dalam perkembangannya mengarah timbulnya berbagai jenis referensi dan karya bibliografi, ahli ilmu kalam, dan ahli tasawuf

82. Hal apa saja yang perlu dikaji dengan sungguh-sungguh untuk menentukan keabsahan dan keontetikan suatu hadist?
Jawaban: Untuk menentukan keabsahan dan keontentikan suatu hadis para ulama meneliti dan mengkaji dengan sungguh-sungguh hadis dari segi sanad, perawi, dan matan (sifat dan bentuk hadist).

83. Pada masa Harun Ar-Rasyid, khalifah kelima Abbasiyah dilanjutkan dengan khalifah Ma’mun Ar-Rasyid, Islam berkembang pesat. Sebutkan bukti kemajuan ini!
Jawaban:
Beberapa bukti kejayaan, antara lain:
a. Mewujudkan keamanan, kedamaian serta kesejahteraan rakyat.
b. Membangun kota Baghdad yang terletak di antara sungai eufrat dan tigris dengan bangunan-bangunan megah.
c. Membangun tempat-tempat peribadatan.
d. Membangun sarana pendidikan, kesenian, kesehatan, dan perdagangan.
e. Mendirikan Baitul Hikmah, sebagai lembaga penerjemah yang berfungsi sebagai perguruan tinggi, perpustakaan, dan penelitian.
f. Membangun majelis Al-Muzakarah, yakni lembaga pengkajian masalah-masalah keagamaan yang diselenggarakan di rumah-rumah, masjid-masjid dan istana.

84. Jelaskan secara singkat tentang Imam Hambali!
Jawaban: Imam bin Hambali lahir di Baghdad. Nama lengkapnya adalah Ahmad bin Hanbal bin Hilal Asy-Syainani. Pada usia 16 tahun beliau telah mampu menguasai ilmu Al-Qur’an dan Hadist. Ia juga menjadi guru di sekolah-sekolah Islam. Hasil karyanya yang terkenal adalah Nasih wa Mansuh, Al-Musnad. Pendapat-pendapatnya dikenal dengan istilah mahzab Hambali.

85. Jelaskan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang fisika pada masa kejayaan Islam!
Jawaban: Dalam bidang fisika ada Ibnu Al-Haitman, Ibnu Majjah Al-Farisi, dan Fakhruddin Ar-Razi, ia juga ahli di bidang matematika, astronomi, dan ahli kedokteran. Ia adalah ulama yang intelek. Seorang mufassir yang ahli kedokteran, juga seorang faqqih yang ahli matematika. Ibnu Haitman dikenal dalam kalangan cerdik pandai di Barat dengan nama Al-Hazen, adalah seorang ilmuan Islam yang ahli dibidang sains, falak, matematika, geometri, pengobatan, dan filsafat. Ibnu Haitman banyak pula melakukan penyelidikan mengenai cahaya, dan telah memberikan ilham kepada ahli sains Barat seperti Boger, Bacon, dan Kepler dalam menciptakan mikroskop dan teleskop.

Lanjut ke soal nomor 86-100 => Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-8