Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta JawabanPart-8

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-8 - Melanjutkan soal essai PAI bagian ke-7 (nomor 71-85), soal PAI dan Budi Pekerti kelas 11 semester genap kurikulum 2013 edisi revisi berisikan materi yang sama, yaitu soal tentang Islam Masa Modern (Bab 4), dengan pertanyaan dimulai dari nomor 86 berikut ini.

86. Apa pemikiran At-Tahtawi yang berkaitan dengan ajaran Islam?
Jawaban: pemikiran yang berkaitan dengan ajaran Islam, antara lain, beliau menyuruh agar umat Islam dalam hidup di dunia ini tidak hanya mementingkan urusan dunia, agar umat Islam tidak dijajah oleh bangsa lain.

87. Apa isi kitab At-Tauhid karangan Muhammad bin Abdul Wahhab?
Jawaban: “Kitab At-Tauhid” yang isinya antara lain tentang pemberantasan syirik, khurafat, dan bid’ah yang terdapat di kalangan umat Islam dan mengajak umat Islam agar kembali kepada ajaran tauhid yang murni.

88. Siapakah tokoh ilmuwan muslim modern yang menentang taklid pada pendapat ulama?
Jawaban: Sayiid Ahmad Khan juga menentang taklid pada pendapat ulama, termasuk kepada keempat imam mazhab.

89. Apa penyebab kemunduran umat Islam menurut Gerakan Mujahidin?
Jawaban:  secara umum penyebab kemunduran umat Islam menurut Gerakan Mujahidin antara lain sebagai berikut.
a. Perubahan sistem pemerintahan Islam dari kekhalifahan ke sistem kerajaan.
b. Perubahan dari sistem demokrasi ke sistem autokrasi
c. Perpecahan dikalangan umat Islam disebabkan timbulnya banyak aliran dan paham yang dihadapi.
d. Masuknya adat istiadat dan ajaran di luar Islam ke dalam keyakinan umat Islam.

90. Sebutkan beberapa pembaharuan yang muncul dari Jamaluddin Al-Afghani!
Jawaban:
a. Agar kejayaan umat Islam dapat diraih kembali dan mampu menghadapi dunia modern, umat Islam harus kembali kepada ajaran agamnya yang murni dan harus memahmi Islam dengan rasio dan kebebasan.
b. Jamaluddin menginginkan agar kaum wanita juga meraih kemajuan dan bekerjasama dengan pria untuk mewujudkan masyarakat Islam yang dinamis dan maju.
c. Kepemimpinan otokrasi hendaknya diubah menjadi demokrasi. Menurut pendapatnya, Islam menghendaki pemerintahan republik yang didalamnya terdapat kebebasan memukakan pendapat dan kewajiban negara untuk tunduk kepada undang-undang.
d. Ajarannya tentang Pan-Islamisme yakni persatuan dan kerjasama seluruh umat Islam harus diwujudkan. Karena persatuan dan kerjasama seluruh umat Islam sangat penting dan di atas segalanya.

91. Apa manfaat mempelajari sejarah Islam masa modern?
Jawaban:
a. sejarah dapat dijadikan sumber inspirasi untuk membuat langkah-langkah inovatif agar kehidupan menjadi damai dan sejahtera baik di dunia maupun akhirat
b. Memotivasi diri terhadap masa depan agar memperoleh kemajuan serta mengupayakan supaya sejarah yang mengandung nilai negatif tidak akan terulang kembali.
c. Membangun masa depan berdasarkan pijakan yang ada pada masa lalu sehingga dapat membangun negara yang Baldatun Tayyibatun wa Rabbun Gafur atau negara yang baik dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.
d. Ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa pembaruan cukup canggih dan menakjubkan sehingga melalui proses belajar dapat diperoleh kemajuan yang lebih baik bagi generasi muslim masa depan.

92. Apa majalah yang dibuat oleh Muhammad Abduh dan muridnya Rasyid Ridha?
Jawaban: Al-Manar

93. Sebutkan karya-karya Muhammad Iqbal!
Jawaban:
a. Asrar-i khudi (Rahasia Pribadi), (1915)
b. Bang-i Dara (Seruan dari Perjalanan), (1924)
c. The Reconstruction of Relegious Thought in Islam, (1930)
d. Payam-i Masyriq (Pesan dari Timur), (1923)

94. Siapakah tokoh yang dianggap sebagai pelopor pembaharuan di Kerajaan Ottoman?
Jawaban: Sultan Mahmud II dipandang sebagai pelopor pembaruan di Kerajaan Ottoman, sebanding dengan Muhammad Ali (1805-1849) yang memelopori pembaruan di Mesir. Sementara itu dalam Kerajaan Ottoman, pembaruan sudah dimulai sejak Sultan Mustafa IV sampai pada sultan-sultan sesudahnya, sehingga masa ini disebut periode modern.

95. Sebutkan kemungkinan yang terjadi kalau antara wahyu dan akal bertentangan?
Jawaban: ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu:
a. wahyu sudah diubah sehingga sudah tidak sesuai dengan akal sehat.
b. kesalahan dalam menggunakan penalaran.

Lanjut ke soal nomor 96-115 => Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 2 K13 Beserta Jawaban Part-9