-->

Senin, 01 Februari 2021

Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta JawabannyaPart2

Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Part2 SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat - Melanjutkan postingan soal essay SBK kelas xii semester ganjil K13 bagian ke-1 (latihan nomor 1-15), bagian kedua yang sedang anda baca ini, berisikan materi yang berbeda dengan sebelumnya, yaitu "Apresiasi Karya Seni Rupa Tiga Dimensi" yang diambil dari Bab 2. Dengan pokok bahasan seperti soal sbk tentang jenis karya seni rupa tiga dimensi serta nilai estetis karya seni rupa tiga dimensi.
Baca juga: soal PG SBK mengenai Apresiasi Karya Seni Rupa Tiga  Dimensi
Dimulai dari pertanyaan nomor 16, berikut dibawah ini soal essai/uraian seni budaya dan kunci jawabannya kurtilas edisi revisi.

16. Sebutkan alat dan bahan dalam pembuatan seni rupa 3 dimensi!
Jawaban : Bahan :
Bahan lunak : kertas, krayon, Styrofoam.
Bahan liat : Tanah liat,gips,lilin, plastisin
Bahan keras : Kayu ,batu, logam
 Alat :
1) Gunting
2) Alat acuan berbentuk cetakan alat ini dipakai apabila kita membuat karya seni 3 dimensi dengan teknik cor
3) Kayu alat ini dipakai apabila kita mau membutsir
4) Kawat alat ini dipakai apabila akan membutsir
5) Alat pahat, ukit atau martil, alat ini dipakai apabila kita hendak membuat pahatan/patung

17. Apa saja contoh seni rupa tiga dimensi di tempatmu?
Jawaban : Patung,anyaman,keramik,kriya,logam,dll

18. Tuliskan teknik pembuatan seni rupa tiga dimensi disertai penjelasannya (3 saja)
Jawaban : Teknik pembuatan karya 3D:
a. Teknik pahat, yaitu mengurangi bahan menggunakan alat pahat. Misalnya,membuat patung dan relief dengan bahan dasar kayu dan batu
b. Teknik butsir, yaitu membentuk benda dengan mengurangi dan menambah bahan.Misalnya, membuat keramik dengan bahan dasar tanah liat.
c. Teknik cor, yaitu membuat karya seni dengan membuat alat cetakan kemudian dituangkan adonan berupa semen, gips, dan sebagainnya sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan.Misalnya, membuat patung
d. Teknik las, yaitu membuat karya seni dengan cara menggabungkan bahan satu ke bahan lain utnuk mendapatkan bentuk tertentu.Misalnya, membuat patung kontemporer dengan bahan dasar logam.
e. Teknik cetak,yaitu membuat karya seni dengan cara membuat cetakan terlebih dahulu.Misalnya, membuat keramik dan patung dengan bahan dasar tanah liat dan semen.

19. Sebutkan fungsi seni rupa tiga dimensi!
Jawaban : Sebagai hiasan,sebagai pajangan,untuk dilihat keindahannya, untuk dijual

20. Jelaskan yang dimaksud dengan seni rupa tiga dimensi?
Jawaban : Seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi, atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang.

Lanjut ke soal nomor 21-30 ==> Contoh Soal Essay Seni Budaya Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya Part3