-->

Rabu, 03 Maret 2021

40 Contoh Soal UAS/PAS Informatika Kelas X semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013Part3

40 Contoh Soal UAS/PAS Informatika Kelas X semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 Part3 - Postingan soal ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran informatika untuk siswa SMA/MA kelas 10 semester ganjil bagian ke-3 ini, merupakan lanjutan soal UAS informatika kelas 10 semester 1 bagian ke-1 dan bagian ke-2 (soal nomor 11-20). Bila sebelumnya, butir soalnya berbentuk PG/pilihan ganda, maka untuk bagian ketiga atau terakhir berbentuk essay/uraian.
Baca juga:  Soal Ulangan Akhir Semester I Kelas X TIK dan Jawaban
Dimulai dari pertanyaan nomor 21, berikut dibawah ini soal essay/uraian UAS/PAS informatika kurtilas edisi revisi kelas 10 semester ganjil SMA/MA dilengkapi kunci jawabannya.

21. Jelaskan yang Anda ketahui tentang cara penulisan tanggal dan waktu!
Jawaban: Penulisan tanggal dan waktu sesuai dengan format yang dikenali. Guna menuliskan tipe data ini cukup dengan menuliskan teks sesuai dengan format tanggal dan waktu.

22. Tuliskan hal-hal sederhana yang berhubungan dengan fungsi waktu yang sering dijumpai dalam sebuah pekerjaan!
Jawaban: Hal-hal sederhana yang sering dijumpai dalam pekerjaan, misalnya jika ingin mencari jumlah hari kerja dalam satu bulan, memasukkan tanggal sekarang memasukkan hari sekarang, maupun menghitung jumlah hari dalam satu bulan.

23. Sebutkan keuntungan penggunaan WAN!
Jawaban: Beberapa keuntungan penggunaan WAN adalah sebagai berikut.
a. Dokumen dapat dikirim dalam bentuk surat elektronik sehingga mengurangi biaya dan kerumitan pengiriman dokumen melalui kantor pos
b. Komputer server untuk pusat data dapat dibuat terpusat di satu lokasi
c. Komunikasi antarkantor cabang dapat dilakukan menggunakan e-mail atau chatting yang lebih murah biayanya dibanding komunikasi telepon

24. Apakah yang dimaksud Network Interface Card (NIC)!
Jawaban: Koneksi broadband menyediakan akses lebih cepat ke internet kemudian koneksi broadband koneksi narrowband. Beberapa jenis koneksi broadband, di antaranya ADSL, DSL, satelit dan askes kabel. Masing-masing jenis akses melibatkan menghubungkan ke akses point baik menggunakan koneksi Ethernet kabel atau koneksi nirkabel. Sebuah kartu antarmuka jaringan (NIC) memberi peluang untuk menghubungkan kabel erthernet dari akses point ke komputer. Komunikasi ke akses point melaluli perjalanan koneksi kabel ini menggunakan NIC kabel yang mengharuskan pengguna kabel Ethernet dihubungkan dari komputer ke access point setiap saat selama penggunaan internet.

25. Tuliskan hubungan antara sistem telekomunikasi dalam sebuah jaringan dengan berbagai jenis termil!
Jawaban: Sistem telekomunikasi dalam sebuah jaringan ibarat sebuah game yang sangat kompleks dan multidimensional. Hal ini bisa dibayangkan secara visual jika jutaan user berbagi (sharing) fasilitas yang sama untuk mengirim, menerima, dan transaksi masing-masing di mana dalam apliaksi tersebut terdiri atas berbagai jenis terminal dan komputer dengan jaringan data serta berbagai jenis protocol yang saling berkomunikasi. Dapat pula dibayangkan adanya ratusan hingga ribuan terminal telepon kabel serta jutaan kabel-kabel primer, sekunder, saluran penanggal hingga posisi wireless line ke pelanggan-pelanggan yang harus dikelola setiap waktu. Belum lagi keberadaan ribuan kilometer kabel serat optic terbentang di bawah laut dan berbagai jenis repeater gelombang mikro yang didirikan di gunung-gunung dengan jumlah ratusan hingga ribuan. Di tambah dengan stasiun-stasiun kecil yang terpancar di seluruh pelosok tanah air, serta dapat dibayangkan pula sejumlah satelit yang sangat canggih dan sangat powerful. Oleh sebab itu, sumber daya dalam komunikasi menjadi titik berat/pusat perhatian oleh setiap orang yang menggunakan telekomunikasi tersebut, baik itu client/pemakai maupun administrator jaringan telekomunikasi tersebut. Beberapa faktor acuan untuk dipertimbangkan setiap administrator dalam menganalisis sumber daya komunikasi yaitu kebutuhan pemakai (client), jumlah pengguna rata-rata, kecepatan, transfer, dan biaya operasional. Jika kebutuhan pemakai snagat banyak maka sumber daya telekomunikasi tersebut harus ditingkatkan juga, begitu juga faktor lainnya.

26. Agar setiap kata di dalam sel dipisahkan dengan tanda pemisah spasi dan tabulasi, maka pada dialog box Delimiters pada harus memilih opsi….
Jawaban: Space dan Tab

27. Piranti yang mampu mengubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau pun sebaliknya adalah….
Jawaban: Modem

28. Jenis-jenis teknologi wireless yang sering digunakan antara lain….
Jawaban: Bluetooth, Infrared, atau WIFI

29. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer dalam suatu kota disebut….
Jawaban: MAN (Metropolitan Area Network)

30. Pada akhir pengetikan waktu ditambahkan huruf a dengan maksud….
Jawaban: AM

31.Terangkan tentang definisi topologi mash (web/jaring)!
Jawaban: Dinamakan mesh karena setiap komputer akan terhubung ke setiap komputer yang tersambung. Pada praktiknya, topologi ini jarang digunakan karena membutuhkan banyak sekali kabel dan sulitnya dikonfigurasi. Biasanya model ini hanya diterapkan pada WAN atau internet (karena itu disebut topologi web). Keuntungan topologi mash ini adalah memberi peluang komunikasi data melalui banyak jalur sehingga jika salah satu jalur terputus, masih ada jalur lain yang dapat digunakan.

32. Jabarkan yang Anda ketahui tentang media gelombang elektromagnetik (wireless)!
Jawaban: Wireless diterjemahkan sebagai jaringan komputer yang menghubungkan komputer lain atau dengan internet tanpa menggunakan kabel data dapat diganti dengan menggunakan sinar inframerah, gelombang radio, gelombang mikro, dan Bluetooth. Selain digunakan pengontrolan misalnya wireless communication atau transfer informasi secara jarak jauh tanpa penggunaan kabel. Hal ini dapat dijumpai pada telepon seluler, jaringan komputer wireless, dan satelit.

33. Kingsoft Office terus diguankan hingga akhirnya pada tanggal 6 Juni 2014 berubah nama menjadi….
Jawaban: WPS Office

34. Gambar atau animasi yang dapat disiapkan dalam sebuah slide presentasi disebut….
Jawaban: Clip Art

35. Salah satu jenis teknologi informasi dan komunikasi yang sering digunakan adalah….
Jawaban: Internet (interconnection-networking)

36. Terangkan tentang pemformatan kondisional(conditional formatting)!
Jawaban: Salah satu bentuk visualisasi data yang paling mudah adalah pemformatan kondisional (conditional formatting), misalnya memiliki workbook dengan jumlah hingga ribuan baris data sehingga menyulitkan jika ingin melihat pola dan trend dengan melakukan pemeriksaan informasi mentah. Jika dilihat sekilas, terdapat kemiripan dengan grafik dan sparklines. Hanya saja, dalam conditional formatting menyediakan metode lain dalam menvisualisasikan data dan membuat lembar kerja lebih mudah untuk dipahami. Secara default, format kondisional memberikan otomatisasi dengan menerapkan pemformatan warna, ikon, dan data berbentuk batang untuk satu sel atau lebih berdasarkan nilai sel.

37. Jelaskan manfaat aplikasi spreadsheet dalam kehidupan sehari-hari!
Jawaban: Memasuki era modern tidak dipungkiri bahwa peralihan di dunia teknologi makin berkembang dan diterapkan di lingkungan sekitar. Begitu pula terjadi di dalam perusahaan yang dahulunya menggunakan proses manual dalam kegiatan operasional sekarang beralih dapat menggunakan teknologi yang canggih untuk memperlancar pekerjaan yang terdapat di perusahaan yang salah satunya program aplikasi spreadsheet. Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang paling banyak digunakan, namun hanya sebagian kecil fasilitas Excel yang digunakan. Excel lebih sering digunakan untuk memasukkan data, membuat tabel, maupun menjumlahkan nilai, padahal sesungguhnya Excel memiliki kemampuan lebih dari itu. Piranti aplikasi pengolah anka diciptakan untuk mengolah data berupa angka secara elektronik sehingga bisa membantu pekerjaan yang berkaitan dengan pengolahan angka. Aplikasi ini mampu mengerjakan seperti pembuatan dalam bentuk tabel data, pengolahan data dengan memasukkan fungsi rumus, grafik, dan database. Dengan aplikasi pengolah angka ini dapat membantu di bidang bisnis, ilmiah, pembuatan static, perencanaan, lembar kerja dan untuk menghitung sebuah data yang ada di dalam perusahaan.

38. Jabarkan yang Anda ketahui tentang fitur sparkline!
Jawaban: Sparkline pertama kali diperkenalkan pada Microsoft Excel 2010 hingga pada versi terakhir 2016 masih dipertahankan. Sparkline adalah salah satu fitur Microsoft Excel yang berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk grafik yang sederhana dan sering digunakan dalam penyajian data dalam bentuk Dashboard sebagai alat untuk menampilkan fluktuasi atau pergerakan suatu data. Beberapa jenis sparkline yang dapata digunakan sesuai dengan tipe data antara lain sebagai berikut.



39. Dua perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia yang bersaing ketat dalam merancang perangkat lunak yaitu….
Jawaban: Microsoft Corporation dan Apache Software Foundation

40. Beberapa bulan setelah rilis, Microsoft Office 1.6 dirilis dengan penambahan piranti lunak yang diberi nama….
Jawaban: Mail 2.1

Baca juga:
Contoh Soal TIK (Ujian Sekolah ) SMA Kelas XII
Soal Ujian Sekolah KKPI SMK Kelas XII dan Jawabannya Lengkap Terbaru
50 Contoh Soal UAS/PAS Informatika Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013