-->

Sabtu, 27 Maret 2021

45 Contoh Soal Essay Geografi Peminatan Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Tentang Pertambangan, Kehutanan, Kelautan, PariwisataPart2

45 Contoh Soal Essay Geografi Peminatan Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Tentang Pertambangan, Kehutanan, Kelautan, Pariwisata Part2 - Postingan soal-soal essay/uraian geografi peminatan kelas 11 semester ganjil kurikulum 2013 edisi revisi ini, merupakan lanjutan soal essay geografi peminatan tentang pertambangan, kehutanan, kelautan dan pariwisata bagian sebelumnya (latihan soal nomor 1-20), yaitu "Persebaran Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, dan Pariwisata dan Pengelolaannya,"yang diambil dari Bab 3.

Belum baca 85 soal-soal essay bab 1 sampai dengan bab 2? Silahkan baca materinya mulai dari contoh soal essay geografi peminatan dan kunci jawaban kelas 11 semester 1 kurikulum 2013.

Berikut di bawah ini, soal essay lanjutan geografi peminatan tentang pertambangan, kehutanan, kelautan dan pariwisata dengan pertanyaan dimulai dari nomor 21.

21. Apakah manfaat dari akar penyangga pada tumbuhan bakau?
Jawaban : Tumbuhan ini memiliki akar penyangga, sehingga dapat menahan dari erosi atau pengikisan dari air laut. Biasanya hutan bersifat buatan, artinya hutan itu sengaja dibuat oleh orang-orang dengan tujuan agar tidak terjadi abrasi di tepi pantai.

22. Apakah kegunaan dari LPG (Liquifi ed Petrolium Gas)?
Jawaban : Elpiji inilah yang digunakan sebagai bahan bakar kompor gas atau pemanas lainnya.

23. Mengapa Indonesia dikenal dengan negara mega-biodiversity dalam hal keanekaragaman hayati?
Jawaban : Indonesia memiliki jumlah pulau sekitar 17.508 dan garis pantai sepanjang 81.000km. Oleh karena itu, Indonesia di kenal sebagai negara mega-biodiversity dalam hal keanekaragaman hayati, serta memiliki kawasan pesisir yang sangat potensial untuk berbagai opsi pembangunan.

24. Sebagai bahan baku utama dalam industri gelas kaca adalah….
Jawaban : Pasir kuarsa

25. Batuan kapur yang telah berubah bentuk dan menjadi batuan yang mahal adalah….
Jawaban : Marmer/batu pualam

26. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep menghasilkan barang tambang berupa….
Jawaban : Timah

27. Sebutkan ciri-ciri dari hutan bakau!
Jawaban : Hutan bakau mempunyai kadar garam, air, dan tanah yang tinggi, tetapi adar oksigen pada air dan tanahnya rendah sehingga tumbuhan bakau sulit menyerap air. Daun tumbuhan bakau sulit menyerap air. Daun tumbuhan bakau tebal, kaku dan mengandung lapisan kutikula yang tebal untuk mencegah penguapan air yang berlebihan

28. Sebutkan ciri-ciri dari hutan musim!
Jawaban : ciri-ciri hutan musim, antara lain sebagai berikut.
a. Memiliki pohon yang lebih jarang dibandingkan hutan hujan tropis
b. Tinggi pohon lebih rendah dibanding pohon pada hutan hujan tropis
c. Pada musim kemarau pohon di hutan menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan.

29. Di manakah tanaman bakau dapat berkembang biak dengan baik!
Jawaban : Umumnya hutan mangrove berkembang baik pada pantai yang terlindungi, muara sungai, atau laguna. Tumbuhan yang tumbuh dihabitat hutan mangrove tahan terhadap garam yang terkandung di dalam air laut.

30. Sebutkan tempat-tempat yang terdapat banyak terumbu karang!
Jawaban : Terumbu karang banyak ditemukan dibagian tengah wilayah Indonesia seperti di Sulawesi, Bali, Lombok, dan Papua. Konsentrasi terumbu karang juga ditemukan di kepulauan Riau, pantai barat dan ujung barat Sumatera.

31. Landasan hukum tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang pertambangan adalah pasal….
Jawaban : 33 UUD 1945

32. Gas alam cair yang mengandung gas propan dan butan adalah….
Jawaban : LPG (Liqufi ed Petrolium Gas)

33. Fungsi utama batu bara adalah sebagai berikut….
Jawaban : Bahan bakar

34. Mengapa terdapat kerusakan lingkungan pesisir dan lautan?
Jawaban : Kecendrungan kerusakan lingkungan pesisir dan lautan lebih disebabkan pembangunan yang selama ini diterapkan belum selesai dengan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan (development), serta cenderung bersifat ekstraktif serta dominasi kepentingan ekonomi masyarakat setempat (pesisir).

35. Sebutkan kendala-kendala dalam mengembangkan pariwisata di Indonesia!
Jawaban : Rendahnya mutu pelayanan bagi para pariwisata, rendahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pembangunan periwisata, dan lain sebagainya.

36. Mengapa terumbu karang sulit hidup didaerah sekitar muara sungai?
Jawaban : Terumbu karang mensyartakan salinitasi (kandungan garam air laut)yang tinggi. Oleh karena itu, terumbu karang sulit hidup di sekitar muara sungai karena kadar garam air lautnya menurun akibat bercampurnya air sungai ke laut.

37. Di daerah kawah gunung api banyak ditemukan barang tambang berupa….
Jawaban : Belerang

38. Ikan pelagis besar seperti cakalang dan tuna banyak ditemukan di wilayah….
Jawaban : Indonesia timur

39. Suhu perairan yang baik untuk pertumbuhan terumbu karang, yaitu….
Jawaban : 21o – 29oC

40. Terumbu karang di temukan di Indonesia dengan mudah karena….
Jawaban : Indonesia berada di daerah tropis dan suhu perairannya hangat.

41. Sebutkan tujuan dilakukannya Pengelolaan Hutan Berkelanjutan (PHB)!
Jawaban : Guna mencapai keseimbangan-keseimbangan antara tuntutan masyarakat yang semakin meningkat untuk produk hutan, manfaat, dan pelestarian kesehatan hutan dan keanekaragaman.

42. Sebutkan hal yang harus diperhatikan agar kegiatan pertambangan dapat dilakukan dengan baik dan benar!
Jawaban : Kegiatan pertambangan yang baik dan benar harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
a. Lingkungan fisik dan kimia area
b. Lingkungan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar
c. Lingkungan pasca penutupan tambang.

43. Bagaimanakah potensi lestari dari penangkapan ikan di Indonesia?
Jawaban : Laut Indonesia memiliki angka hasil perikanan yang besar, yaitu 6,4 juta ton per tahun. Berdasarkan aturan internasional, jumlah tangkapan yang diperbolehkan adalah 80% dari potensi lestari tersebut atau sekitar 5,12 juta ton per tahun. Namun jumlah ikan yang telah ditangkap masih belum mencapai angka itu, sehingga masih ada peluang untuk lebih memperbesar jumlah tangkapan ikan.

44. Sebutkan persyaratan agar terumbu karang dapat tumbuh dengan baik!
Jawaban : Terumbu karang akan dapat tumbuh dengan baik pada suhu perairan laut antara 21o – 29oC. Terumbu karang akan tumbuh dengan baik jika berada pada kondisi air yang jernih dan dangkal yaitu kurang dari 18 meter. Terumbu karang juga mensyaratkan salinitas.

45. Jelaskan mengenai banyaknya terumbu karang yang ada di Indonesia!
Jawaban : Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki terumbu karang terluas di dunia. Luas terumbu karang Indonesia mencapai 284,3 ribu km2 atau setara dengan 18% dari terumbu karang yang ada di seluruh dunia.

Lanjut ke soal berikutnya ==> 45 Contoh Soal Essay Geografi Peminatan Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Tentang Ketahanan Pangan Nasional