-->

Senin, 29 Maret 2021

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan JawabanPart5

Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Part5 - Melanjutkan soal essai /uraian b. Indonesia kelas xii semester ganjil k13 bagian ke-4 (soal nomor 41-50) SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat, bagian kelima postingan ini masih berisikan materi yang sama, yaitu soal-soal bahasa Indonesia tentang cerita sejarah Indonesia (Bab 2). Bagi anda yang mencari referensi belajar dari Bab 1, "Memahami surat lamaran pekerjaan", silahkan baca materi yang telah admin publish sebelumnya di sini.

Dimulai dari pertanyaan nomor 51, berikut di bawah ini soal b. Indonesia kurtilas edisi revisi kelas 12 semester ganjil beserta jawaban.

51. Apa yang dimaksud sejarah?
Jawaban :  Sejarah adalah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasrkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa.

Bacalah penggalan teks berikut untuk menjawab soal nomor 52-55!

     Setiap daerah pasti mempunyai cerita tersendiri dalam pemilihan nama, seperti Kota Surabaya ini. Setidaknya ada tiga keterangan tentang asal nama Surabaya. Keterangan pertama menyebutkan, nama Surabaya awalnya adalah Churabaya, desa tempat menyeberang di tepian Sungai Brantas. Hal itu tercantum dalam Prasasti Trowulan I tahun 1358 Masehi.Nama Surabaya juga tercantum dalam Pujasastra Negara Kertagama yang ditulis Empu Prapanca.dalam tulisan itu Surabaya (Surabhaya) tercantum dalam Pujasastra tentang perjalanan pesiar pada tahun 1365 yang dilakukan Hayam Wuruk,raja Majapahit.Namun Surabaya sendiri diyakini oleh para ahli telah ada pada tahun-tahun sebelum prasasti-prasasti tersebut dibuat.Seorang peneliti Belanda, GH Von faber dalam karyanya En Werd Een Stad Geboren (Telah Lahir S4ebuah Kota) membat hipotesis, Surabaya didirikan raja Kartanegara tahun 1275, sebagai pemukiman baru bagi para prajuritnya yang telah berhasil menumpas pemberontakan kemuruhan tahun 1270 M.

52. Apa nama kota yang dibahas dalam cerita sejarah tersebut?
Jawaban : Cerita sejarah tersebut membahas mengenai kota Surabaya.

53. Apa struktur yang membangun penggalan teks tersebut?
Jawaban : Struktur yang membangun teks tersebut adalah struktur orientasi

54. Siapa pendiri Surabaya?
Jawaban : Raja Kertanegara

55. Kapan Surabaya didirikan
Jawaban : , Surabaya didirikan raja Kartanegara tahun 1275, sebagai pemukiman baru bagi para prajuritnya yang telah berhasil menumpas pemberontakan kemuruhan tahun 1270 M.

56. Apa yang dimaksud Parameter?
Jawaban : Parameter merupakan patokan atau tolak ukur perbandingan.

57. Jelaskan tujuan membandingkan dua tek cerita sejarah!
Jawaban : Tujuan membandingkan dua teks cerita sejarah adalah untuk menilai persamaan dan perbedaan kedua teks sehingga melatih daya kritis saat membaca dan menganalisis dua teks cerita sejarah.

58. Mengapa teks cerita sejarah memuat peristiwa masa lampau?
Jawaban : Karena teks cerita sejarah merupakan teks cerita ulang mengenai sejarah yang tak terlupakan.

59. Mengapa teks cerita sejarah harus diceritakan secara runtut?
Jawaban : Karena pembaca akan lebih mudah memahami isi cerita sejarah tersebut.

60. Bagaimana Bahasa yang digunakan dalam cerita sejarah?
Jawaban : Bahasa yang digunakan sopan dan santun tanpa mengubah alur cerita sejarah aslinya.

Lanjut ke soal nomor 61-75 ==> Contoh Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Jawaban Part6