-->

Selasa, 09 Maret 2021

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban Part-5

Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban bagian ke-5, berisikan materi yang berbeda dengan soal essay biologi kelas 12 semester satu bagian ke-4 (soal nomor 51-60), dimana bagian kelima berisikan materi tentang Bab Hereditas, dengan sub pokok bahasan tentang pewarian sifat, hukum mendel, penyimpanan hukum mendel, penyakit dan cacat menurun pada manusia.

(Baca juga materi yang soal tentang hereditas, dalam bentuk pilihan ganda: soal PG biologi kelas xii semester satu bagian ke-9 dan soal PG biologi bagian ke-10)

Berikut, soal essay/uraian biologi dengan kunci jawaban dimulai dari soal nomor 61.

61. Sifat-sifat resesif pada manusia akan tampak jika….
Jawaban: tidak dominan

62. Perkawinan antarsaudara sering kali menghasilkan keturunan yang cacat, hal ini disebabkan oleh bertemunya….
Jawaban: rekombinasi gen-gen resesif

63. Seorang pria bergolongan darah A. Jika anak pertama bergolongan darah O, anak kedua bergolongan darah B. Golongan darah istrinya adalah….
Jawaban: B

64. Seorang perempuan buta warna dapat dipastikan mempunyai pasangan orang tua dengan genotipe….
Jawaban: XcbX

65. Dari satu individu bergenotipe AaBb, gen A dan B terpaut, demikian juga aelnya a dan b, maka gamet terbentuk bersusunan….
Jawaban: AaBb

66. Pada bunga Anthurium majus gen A menentukan adanya antosinin. A dominan terhadap a. Gen B menentukan sifat basa pada cairan sel sedangkan alel resesifnya b menentukan cairan sel bukan basa. Jika bunga Anthurium majus merah (AAbb) disilangkan dengan yang berbunga putih (aaBB) dan F1 disilangkan dengan sesamanya, tentukan:
a. Gamet F1
b. Macam genotipe dan fenotipe F2
Jawaban:
a.


b.




67. Lalat buah betina mata putih disilangkan dengan lalat jantan mata merah. Jika pada oogenesis terjadi gagal berpisah, tentuka:
a. macam gamet betina dan gamet jantan
b. genotipe dan fenotipe keturunannya!
Jawaban:
a. Morgan (1910) menunjukkan dengan jelas keterkaitan gen pengendali warna mata pada lalat buah (Drosophila melanogaster) dengan segregasi kromosom seks. Pada pembastaran lalat jantan bermata putih dengan lalat betina bermata merah, pada keturunan F1 semua bermata merah. Jadi, sifat mata putih bersifat resesif karena tidak muncul pada F1. Ketika dibastarkan F1 dengan sesamanya, warna mata putih tidak ada pada betina, tetapi hanya pada jantan. Dari hasil ini, Morgan menyimpulkan bahwa alel pengendali warna merah dominan terhadap alel warna putih dan alel-alel tersebut hanya terdapat pada kromosom  X, tidak ada pada kromosom Y.
Fenotipe Tetua : betina mata merah >< jantan mata putih
Fenotipe Tetua : XMXM >< XMY
Gamet : XM, XM, Y
Genotipe F1 : XMXM dan XMY



b.



68. Sebutkan penyimpangan semua hukum Mendel!
Jawaban: Interaksi gen, kriptomeri, polimeri, epistasis-hiposatsis, dan gen komplementer

69. Apa yang dimaksud gen letal, pindah silang, dan homozigot?
Jawaban:
a. Gen kematian (gen latel) adalah gen yang dapat menyebabkan kematian suatu indivdu yang memilikinya. Gen-gen ini dapat menunjukkan pengaruhnya pada awal pertumbuhansehingga dapat mengakibatkan kematian sebelum lahir (pada masa embrio).
b. Pindah silang adalah peristiwa bertukarnya bagian kromosom lainnya yang sehomolog ataupun dengan bagian kromosom yang berbeda(bukan homolognya). Peristiwa ini kerap terjadi pada gen-gen yang terpaut, tetapi memiliki jarak lokus yang berjauhan dan terjadi pada waktu meiosis.
c. Homozigot adalah individu atau sel yang ditandai dengan homozigositas sifat memiliki alel serupa dalam lokus berkaitan pada kromosom homolognya.

70. Tuliskan bunyi hukum Mendel I dan hukum Mendel II!
Jawaban: Hukum Mendel I (Hukum segregasi) menyatakan bahwa “pada saat pembentukan gamet setiap gen akan berpisah dengan alel pasangannya”. Sedangkan, Hukum Mendel II ( Hukum Pengelompokan Secara Bebas) menyatakan bahwa  “pada saat oembentukan gamet yang berlangsung dengan pembelahan meiosis, gen-gen sealel akan berpisah dengan alel pasangannya kemudian masing-masing akan mengelompokkan secara bebas dengan gen lain yang bukan sealel”.

71. Apabila terjadi perkawinan antara parental bergolong darah A heterozigot dengan B heterozigot, bagaimanakah kemungkinan gologan darah anak-anaknya?!
Jawaban:


72. Tulislah kemungkinan hasil perkawinan antara wanita pembawa  (XcbX) dengan pria buta warna (XcbY)!
Jawaban: Diagram persilangan pada buta warna adalah seperti berikut:


73. Sebutkan faktor-faktor yang memengaruhi pindah silang!
Jawaban: Pindah silang terjadi apabila ada pertukaran sebagian gen-gen suatu kromatid dengan gen-gen dari kromatid pasangan homolognya. Pada peristiwa meiosis, kromatid yang berdekatan dengan kromosom homolog tidak selalu berjajar, berpasangan, dan beraturan, tetapi kadang-kadang saling melilit yang satu dengan yang lainnya. Hal ini sering mengakibatkan sebagian gen-gen suatu kromatid bertukar dengan gen-gen kromatid homolognya. Peristiwa ini disebut pindah silang atau crossing over. Akibat peristiwa pindah silang ini, jumlah macam fenotipe hasil uji silang(test cross) tidak 1 : 1. Macam gamet yang dihasilkan F1 tidak dua macam, tetapi empat macam. Dua gamet memiliki gen-gen yang seperti pada induknya, disebut gamet tipe parental. Dua gamet lainnya berbeda dengan induknya dan merupakan hasil pindah silang, disebut gamet tipe rekombinasi.

74. Jelaskan yang dimaksud test cross!
Jawaban: Testcross adalah mengawinkan indvidu F1 dengan salah satu induk yang homozigot resesif. Tujuannya untuk mengetahui apakah genotipe yang diuji homozigot ataukah heterozigot.

75. Jelaskan yang dimaksud hybrid, dihibrid, dan plihibrid!
Jawaban:  - Hibrid adalah keturunan hasil persilangan dengan sifat-sifat yang berbeda.
- Dihinrid adalah hasil persilangan dengan dua sifat beda.
- Polihibrid adalah hybrid yang memiliki banyak sifat beda.

Lanjut ke soal nomor 76-85 => Contoh Soal Essay Biologi Kelas XII Semester 1 Beserta Jawaban Part-6