Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-3

Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-3 merupakan lanjutan soal essai PAI kelas 11 semester satu kurikulum 2013 bagian ke-2 (soal nomor 11-25), dimana bagian ketiga berisikan bab dan materi yang berbeda dengan sebelumnya, yaitu tentang Berani Membela Kebenaran dan Perilaku Jujur, dengan sub bab seperti: pentingnya memiliki sifat syaja'ah, perilaku jujur, harus berani jujur dan hikmah prilaku jujur.

Selain materi soal essay/uraian tentang "Berani membela kebenaran dan perilaku jujur" yang ada di tulisan ini, telah admin publish dalam bentuk pilihan ganda, yang bisa anda baca, pada tulisan soal PG PAI kurtilas kelas 11 semester 1 bagian ke-3.

Lanjut...

Berikut di bawah ini, contoh soal essay PAI dengan kunci jawaban dimulai dari soal nomor 26.

26. Jujur dalam berucap disebut….
Jawaban: Shidq Al-Hadist.

27. Syaja’ah artinya….
Jawaban: Berani.

28. Lawan sifat syaja’ah adalah….
Jawaban: Jubun.

29. Selama seseorang yakin bahwa yang dilakukannya dalam rangka menjalankan perintah Allah, maka orang tersebut tidak takut kepada siapa pun kecuali takut kepada….
Jawaban: Allah.

30. Shidq Al-Qalbi artinya….
Jawaban: Jujur dalam berniat.

31. Jelaskan yang dimaksud jujur dalam bertindak!
Jawaban: Jujur dalam bertindak yaitu seimbang antara lahiriah dan batiniah hingga tidaklah berbeda antara amal lahir dan batin. Jujur dalam perbuatan ini juga berarti melaksanakan suatu pekerjaan sesuai dengan yang diridhai Allah Swt. dan melaksanakannya secara terus-menerus secara ikhlas.

32. Sebutkan contoh sifat syaja’ah kehidupan sehari-hari!
Jawaban:
a. Berani mengkritik pemimpin yang bersikap dzalim.
b. Senantiasa berpikir, bertindak, dan berkata jujur walaupun dikecam oleh orang yang dzalim.
c. Menasihati dan memberikan contoh yang baik kepada teman-teman yang senang mencuri untuk menjadi pribadi yang bertabiat terpuji.
d. Senantiasa bersikap sesuai dengan ajaran agama.

33. Sebutkan bentuk-bentuk keberanian!
Jawaban: Keberanian Jihad Fil Sabilillah, Keberanian menyatakan kebenaran, Keberanian untuk mengendalikan diri tatkala marah.

34. Apa saja manfaat kejujuran dalam kehidupan sehari-hari?
Jawaban:
Manfaat perilaku jujur:
a. Orang yang selalu bersikap jujur akan masuk surga.
b. Mendapatkan kepercayaan dari orang lain.
c. Mendapatkan ampunan dari Allah Swt. atas dosa-dosa kita.
d. Hati merasa lebih tenang.
e. Memiliki banyak teman.
f. Mendapatkan pahala yang besar.
g. Mendapatkan berkah dari Allah Swt.

35. Jelaskan makna syaja’ah!
Jawaban: Syaja’ah artinya berani, tetapi bukan berani dalam arti siap menentang siapa saja tanpa memperdulilkan apakah dia berada dipihak yang benar atau salah, dan bukan pula berani memperturutkan hawa nafsu, tetapi berani yang berlandaskan kebenaran dan dilakukan dengan penuh pertimbangan.

Lanjut ke soal nomor 36-45 => Contoh Soal Essay Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XI Semester 1 K13 Beserta Jawaban Part-4