-->

Sabtu, 06 Maret 2021

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta JawabanPart3

Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part3 - Soal essay/uraian sosiologi peminatan K13 kelas xii semester ganjil SMA/MA postingan bagian ke-3, berisikan materi soal setelah siswa menyelesaikan pekan ulangan tengah semester ( baca: 50 contoh soal UTS/PTS sosiologi peminatan kelas 12 semester 1 ), yaitu soal mengenai "Permasalahan Sosial yang disebabkan oleh Perubahan Sosial Akibat Pengaruh Globalisasi, dengan sub pokok bahasan soal tentang globalisasi serta perubahan komunitas lokal dalam masyarakat.

Baca juga:
Contoh Soal USBN Sosiologi SMA dan Kunci Jawabannya
Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan

Selain itu, soal essay bagian ketiga yang sedang anda baca ini, merupakan lanjutan soal essay sosiologi peminatan bagian ke-1 dan bagian ke-2 (latihan nomor 11-30) yang diambil dari Bab 1, "Perubahan Sosial Beserta Dampaknya dalam kehidupan Bermasyarakat".

Dimulai dari pertanyaan nomor 31, berikut dibawah ini soal dan jawaban sosiologi kurtilas edisi revisi kelas 12 semester gasal.

31. Jelaskan yang dimaksud globalisasi menurut proses liberalism!
Jawaban : Globalisasi adalah liberalism, yaitu setiap manusia memliki kebebasan yang teramat sangat, bebas melakukan apa saja bebas bekerja di mana saja, bebas bersekolah di mana saja, berkreasi, bebas bersaing dangan siapa saja, dalam ruang lingkup dunia.

32. Berikan dua contoh bentuk yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi!
Jawaban : Berikut ini beberapa bentuk yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia.
a. Hilir mudiknya kapal-kapal pengangkut barang antar negara menunjukan keterkaitan antar manusia di seluruh dunia.
b. Perubahan dalam konstatin ruang dan waktu. Perkembangan barang seperti handphone, televise satelit, internet. Buktinya anak-anak saja sudah banyak yang menggunakan handphone baik itu anak SD, SMP, dan SMA. Itu semua bukan dipergunakan untuk alat komunikasi tetapi sebagian orang menganggap itu hanya sekedar gaya atau trend yang harus mereka ikuti. Itu menunjukan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.

33. Apa sajakah ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan?
Jawaban : Ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan
a. Berkembangnya pertukaran kebudayaan internasional
b. Penyebaran prinsip multikebudayaan (multiculturalism), dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya
c. Berkembangnya turisme dan periwisata
d. Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara lain

34. Bagimana definisi globalisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia?
Jawaban : Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Namun, secara umum globalisasi dapat berarti proses integrasinya Bahasa-bahasa di dunia ke dalam sebuah sistem global yang melintasi batas-batas suatu negara.

35. Sebutkan pengaruh baik globalisasi ekonomi!
Jawaban : Pengaruh baik globalisasi ekonomi
a. Produksi global dapat ditngkatkan
b. Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara
c. Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri
d. Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik
e. Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi

36. Bagaimanakah gejala urbanisasi dalam pengaruh komunitas lokal dalam masyarakat?
Jawaban : Gejala urbanisasi yang tidak permanen. Artinya, para migran tersebut tidak secara permanen menetap di kot. Jika tidak ada peluang lagi kerja di kota, mereka akan kembali ke desa. Di desapun meski mereka lebih merasakan sebagai seorang warga desa, namun selalu siap untuk bergerak ke kota apabila menemukan peluang pekerjaan di kota.

37. Jelaskan yang dimaksud komunitas lokal dalam masyarakat!
Jawaban : Komunitas lokal dalam masyarakat adalah sekelompok orang yang mendirikan suatu komunitas karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama. Misalnya agama, pekerjaan, suku, ras, hobi maupun berdasarkan kelainan seksual yang berada di wilayah tertentu di dalam suatu bangsa atau negara. Komunitas lokal dalam masyarakat bisa mengalami perubahan akibat globalisasi dari modernisasi pada zaman sekarang ini.

38. Apakah yang dimaksud division of labour?
Jawaban : Division of labor, yakni bila pada desa itu telah menunjukan tumbuh dan berkembangnya kelompok-kelompak kerja yang berbeda-beda tetapi saling ada ketergantungan atau jalinan.

39. Sebutkan faktor yang mempengaruhi keberadaan pola kebudayaan tradisional menurut Paul H. Landis kaitannya dengan pengaruh globalisasi!
Jawaban : Menurut Paul H. Landis keberadaan pola kebudayaan tradisional tentukan oleh tiga faktor. Ketiga faktor itu adalah sebagai berikut.
a. Sejauh mana ketergantungan masyarakat terhadap alam
b. Bagimana tingkah teknologinya
c. Bagaimana sistem produksinya

40. Jelaskan arti kata komunitas!
Jawaban : Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti “Kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”

Lanjut ke soal nomor 41-60 ==> Contoh Soal Essay Sosiologi Peminatan Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawaban Part4