Contoh Soal Geografi Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)

Soal soal geografi kelas 10 semester 1 beserta jawabannya untuk siswa SMA/MA/Sederajat bagian yang pertama, berisikan materi tentang "Pengetahuan Dasar Geografi", seperti ruang lingkup geografi, konsep essesial geografi, objek studi geografi, prinsip geografi, pendekatan geografi, dan aspek geografi.

Berikut, contoh soal essay geografi kelas X Semester 1 beserta jawaban kurikulum 2013 (K13).

1. Contoh lingkungan fisik adalah....
Jawaban: tanah, air, dan iklim

2. Varenius membagi geografi  menjadi dua, yaitu....
Jawaban: geografi umum dan geografi khusus

3. Menurut aliran fisis determinis, kehidupan manusia ditentukan oleh....
Jawaban: alam

4. Konsep esensial geografi yang berkaitan dengan bentuk muka bumi adalah....
Jawaban: konsep morfologi

5. Pendekatan keruangan menganalisis gejala atau fenomena geografi berdasarkan....
Jawaban: persebarannya dalam ruang

6. Fenomena atmosfer, hidrosfer, dan biosfer termasuk dalam objek kajian geografi, yaitu....
Jawaban: objek material

7. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut....
Jawaban: kartografi

8. Prinsip geografi yang menyatakan hubungan antara gejala geografi yang satu dengan gejala geografi yang lain di muka bumi merupakan prinsip....
Jawaban: interrelasi

9. Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata....
Jawaban: geo dan graphien, yang artinya tulisan tentang bumi

10. Cabang geografi yang mempelajari suatu wilayah tertentu secara khusus adalah....
Jawaban: geografi regional

11. Jelaskan pengertian konsep aglomerasi dan berikan contoh bentuk aglomerasi yang ada di perkotaan!
Jawaban: Konsep aglomerasi menjelaskan mengapa suatu fenomena geografi cenderung mengelompok. Contohnya, penduduk di perkotaan cenderung tinggal secara mengelompok pada tingkat sosial yang sejenis, seperti permukiman elit atau mewah, permukiman khusus pedagang, kompleks perumahan pegawai negeri, atau permukiman kumuh.

12. Berikan contoh kajian geografi dengan menggunakan pendekatan keruangan, pendekatan ekologi, dan pendekatan kompleks wilayah!
Jawaban:
a. Contoh kajian geografi dengan menggunakan pendekatan keruangan:
Pada musim hujan, Jakarta mengalami bencana banjir. Hal ini dikarenakan tidak ada tanah yang dapat dijadikan tempat peresepan air, lahan digunakan untuk pemukiman, kantor, dan jalan. Selain itu, penduduknya membuang sampah di saluran air.

b. Contoh kajian geografi yang menggunakan pendekatan ekologi
Daerah Jakarta banjir karena hutan di daerah Boor/puncak telah rusak akibat penggundulan hutan.

c. Contoh kajian geografi yang menggunakan pendekatan kompleks wilayah
Untuk mengatasi banjir di Jakarta, Pemda DKI Jakarta bekerja sama dengan Pemda daerah sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) untuk memperbaiki DAS dan menggalakkan penghijauan.

13. Jelaskan yang dimaksud dengan geosfer! Berikan contoh gejala maupun fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan geosfer!
Jawaban: geosfer merupakan lingkup kajian geografi yang terdiri atas komponen utama, yaitu atmosfer, litosfer, biosfer, hidrosfer, dan antroposfer, dengan menekankan antroposfer sebagai makhluk yang paling berperan dalam biosfer. Contohnya, dalam mengkaji masalah banjir, geografi tidak hanya melihat luas genangan, kedalaman, dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia; tetapi juga dikaji bagaimana latar belakang timbulnya banjir, bagaimana penggunaan lahan di daerah hulu, penggarapan lahan, kemiringan lerengnya, intensitas hujan dan faktor sosial budaya penduduk di daerah hulu sungai seperti jumlah dan kepadatan penduduk, pemilikan lahan, cara penggarapan lahan, tingkat pendidikan, pendapatan, dan kebiasaan-kebiasaan lainnya dalam memanfaatkan lingkungan. Kemudian juga dilihat bagaimana peranan daerah hilir sebagai daerah limpasan air seperti lebar dan kedalaman sungai, pengunaan lahan, serta faktor sosial budaya ekonomi penduduknya di sekitar sungai.

14. Sebutkan dan jelaskan empat prinsip geografi!
Jawaban:
a. Prinsip persebaran
Geografi menganut prinsip persebaran karena adanya persebaran fenomena geografi, baik yang menyangkut kondisi fisik maupun sosial yang tidak merata di muka bumi ini.

b. Prinsip interrelasi
Prinsip interrelasi menyatakan bahwa terdapat hubungan antara gejala geografi yang satu dengan gejala geografi yang lain di muka bumi, seperti hubungan antara gejala fisik dengan gejala fisik, antara gejala fisik dengan gejala sosial, dan atara gejala sosial dengan gejala sosial.

c. Prinsip deskripsi
Prinsip deskripsi merupakan cara pemaparan hasil pengkajian studi geografi terhadap gejala, fenomena atau masalah yang ada, yang digunakan untuk menjelaskan karakteristik gejala geografi yang dipelajari hubungan antargejala, dan distribusi keruangannya.

d. Prinsip korologi
prinsip korologi menganut keterpaduan antara ketiga prinsip sebelumnya, yaitu dengan mengkaji persebaran, interrelasi, dan deskripsi suatu wilayah.

15. Jelaskan ilmu geografi memerlukan ilmu penunjang lainnya!
Jawaban: dalam mempelajari ilmu geografi diperlukan bantuan ilmu-ilmu lain, tujuannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Lanjut ke soal nomor 16-30 => Contoh Soal Geografi Kelas X Semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay) Part-2