Rabu, 13 Oktober 2021

Contoh Soal Informatika Kelas X semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay)Part5

Contoh Soal Informatika Kelas X semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (Essay) Part5 - Soal essay/uraian informatika kelas 10 semester ganjil kurtilas untuk siswa SMA/MA postingan bagian kelima ini, berisikan materi yang sama dengan soal essay informatika bagian ke-4 (latihan soal nomor 36-50), yaitu soal Jaringan Komputer (Internet) dan Analisis Data (Pengolah Angka) yang diambil dari Bab 2.

Bagi yang belum membaca dari awal (Bab 1), bisa membaca postingan admin sebelumnya, mulai dari tulisan: soal essay informatika tentang Teknologi Informasi Komunikasi dan Teknik Komputer.

Dimulai dari pertanyaan nomor 51, berikut dibawah ini soal essay informatika tentang jaringan komputer dan analisis data kelas x semester ganjil dilengkapi kunci jawabannya.

51. Sebutkan jenis modem yang menggunakan adaptor satelit!
Jawaban: Jenis modem yang menggunakan adabtor satelit adalah teknologi modem GPRS, GSM, Modem CDMA, Modem HSDPA, UMTS, dan Wimax 4G. Beberapa manfaat dibangunnya jaringan komputer antara lain penyimpanan file terpusat (file server) yang dapat saling dibagi, memudahkan dalam backup data, memberi peluang untuk mendapatkan data terbaru secara tepat, memberi peluang pada pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser, serta posisi komputer yang saling terhubung dapat melakukan sharing file maupun sharing folder, yaitu pemakaian file atau direktori secara bersama-sama.

52. Jabarkan tentang Wireless Wired Access!
Jawaban: Sebuah wireless access point menjadi salah satu piranti keras internet memiliki fungsi menghubungkan ke akses point tanpa menggunakan koneksi fiksi. Misalnya akses nirkabel dapat dikonfigurasi di rumah X menggunakan router wireless dan komputer dengan antarmuka nirkabel. Antarmuka nirkabel dapat diinstal dalam komputer secara terpisah menggunakan USB atau piranti PCl yang setiap saat dapat dipasang saat dibutuhkan.

53. Mengapa modem sangat dibutuhkan pada jaringan komputer? Jelaskan!
Jawaban: Piranti keras jenis ini pada jaringan komputer digunakan untuk menghubungkan Local Area Network (LAN) dengan jaringan internet. Piranti tersebut mampu mengubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau pun sebaliknya. Sinyal digital dikirimkan dari komputer kemudian berubah menjadi sinyal analog.

54. Sebutkan manfaat dibangunnya jaringan komputer!
Jawaban: Beberapa manfaat dibangunnya jaringan komputer antara lain penyimpanan file terpusat (file server) yang dapat saling dibagi, memudahkan dalam backup data, memberi peluang untuk mendapatkan data terbaru secara cepat, memberi peluang pada pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser, serta posisi komputer yang saling terhubung dapat melakukan sharing file maupun sharing folder, yaitu pemakaian file atau direktori secara bersama-sama.

55. Jabarkan yang Anda ketahui tentang kabel jaringan fiber optic!
Jawaban: Kabel jaringan fiber optic adalah suatu jenis kabel yang diperuntukkan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline) guna kepentingan perpindahan arus data dalam dunia jaringan komputer

56. Pada LAN terdapat workgroup atau kumpulan dari beberapa komputer atau user yang melakukan berbagai sumber daya yang dikenal dengan istilah….
Jawab: sharing resources

57. Jenis layanan yang menggunakan koneksi broadband dengan kecepatan jauh lebih cepat dibandingkan layanan dial-up
Jawaban: MAN (Metropolitan Area Network)

58. Jika menuliskan rumus : =DAY(19-Jan-2018) maka yang muncul adalah….
Jawaban: pesan error #Name?

59. Pada fungsi weekday, hari ditampilkan dalam bentuk….
Jawaban: nomor 1 sampai 7

60. Guna mengurutkan data secara cepat, dapat dilakukan dengan cara klik pada….
Jawaban: icon(ascending)

61. Terangkan yang Anda ketahui tentang mekanisme dalam sebuah jaringan!
Jawaban: Sistem telekomunikasi dalam sebuah jaringan ibarat sebuah game yang sangat kompleks dan multidimensional. Hal tersebut dapat dibayangkan secara visual jika kutaan user berbagi (sharing) fasilitas yang sama untuk mengirim, menerima, dan transaksi masing-masing dimana dalam aplikasi tersebut terdiri atas berbagai jenis terminal dan komputer dengan jaringan data serta berbagai jenis protokol yang saling berkomunikasi. Dalam hal ini dapat dibayangkan adanya ratusan hingga ribuan terminal telpon kabel serta jutaan kabel-kabel primer, sekunder, saluran penanggal hingga posisi wireless line ke pelanggan-pelanggan yang harus dikelola setiap waktu. Belum lagi keberadaan ribuan kilometer kabel serta optik terbentang dibawah laut dan berbagai jenis repeater gelombang mikro yang didirikan di gunung-gunung dengan jumlah ratusan hingga ribuan. Di tambah dengan stasiun-stasiun kecil yang terpencar di seluruh pelosok tanah air, serta dapat dibayangkan pula sejumlah satelit yang snagat canggih dan sangat powerful. Oleh sebab itu, sumber daya dalam komunikasi menjadi titik berat/pusat perhatian oleh setiap orang yang menggunakan telekomunikasi tersebut, baik itu client/pemakai maupun administrator jaringan telekomunikasi tersebut. Beberapa faktor acuan untuk dipertimbangkan setiap administrator dalam menganalisis sumber daya komunikasi yaitu kebutuhan pemakai (client), jumlah pengguna rata-rata, kecepatan transfer, dan biaya operasional.

62. Sebutkan jenis-jenis layanan internet!
Jawaban: Beberapa jenis layanan internet diantaranya sebagai berikut.
a. Dial-up
b. DSL
c. Kabel
d. Satelit
e. 3G dan 4G

63. Bentuk batang horizontal akan ditambahkan ke setiap sel pada penggunaan conditional formatting?
Jawaban: data bars

64. Uraikan tentang karakteristik kabel coaxial thinnet (kabel RG-58)!
Jawaban: Kabel jenis ini sering disebut dengan kabel BNC (British Naval Connector). Spesifikasi teknis dari kabel thinnet antara lain memiliki jangkauan bentangan maksimum 185 meter.

65. Jelaskan tentang penggunaan fungsi TODAY!
Jawaban: Guna menghasilkan nilai tanggal hari ini, rumus yang digunakan = TODAY ()

66. Sebutkan kekurangan topologi bus!
Jawaban: Topologi bus juga memiliki kekurangan, yaitu sebagai berikut.
a. Jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer saja, seluruh semua jaringan akan mati
b. Jika terjadi kerusakan, sangat sulit menemukan titik kerusakan
c. Membutuhkan terminator pada kedua ujung kabel utama
d. Tidak dapat digunakan untuk jaringan skala besar

67. Jelaskan perbedaan fungsi antenna pada sistem satelit dan teleskop radio!
Jawaban: Pada radar atau sistem satelit, sering dijumpai sebuah antenna yang melakukan fungsi peradiasi dan penerima sekaligus. Pada sebuah teleskop radio, antenna hanya menjalankan fungsi penerima saja.

68. Tuliskan definisi topologi jaringan komputer!
Jawaban: Pengertian topologi jaringan komputer adalah metode yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Struktur atau jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya bisa menggunakan kabel kabel ataupun nirkabel (tanpa kabel). Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pengguna.

69. Sebutkan beberapa tipe sparkline dalam Excel 2016!
Jawaban: Beberapa tipe Sparkline yang dapat digunakan sesuai dengan tipe data sebagai berikut.



70. Jelaskan yang Anda ketahui tentang teknologi informasi dan komunikasi!
Jawaban: Teknologi informasi dan komunikasi adalah teknologi yang dibutuhkan untuk mengolah atau memproses informasi khusunya penggunaan komputer elektronik, peralatan komunikasi, dan penerapan piranti lunak untuk mengnversi, menyimpan, melindungi memproses, mengirimkan,dan menerima informasi dari manapun setiap saat. Teknoogi informasi dan komunikasi merupakan dasar bagi ekonomi dan mendorong perubahan sosial di abad 21. Kehadiran internet sebagai media komunikasi telah memudahkan orang untuk bekerja dari rumah, belajar jarak jauh,dan lain-lain. Jenis-jenis informasi atau jenis-jenis berita kini dapat dikirimkan melalui berbagai jenis media komunikasi terutama media komunikasi modern kepada masyarakat yang jauh lebih luas. Berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi bertebaran di sekitar kita.