-->

Rabu, 01 Januari 2020

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Halaman 29, 30, 31, 34

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 34 - Kunci jawaban Buku Siswa Tematik Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa  dan Agama di Negeriku kegiatan Pembelajaran 4 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 2 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas  sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 34 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada disekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 7 kelas 4 Indahnya Keragaman di Negeriku Kurikulum 2013 SD/MI Semester 2 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 7 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 21, 24, 28. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan. 

Baca Juga :

Tema 7 Kelas 4 Subtema 1 Pembelajaran 4

Selain keragaman suku bangsa, masih banyak keragaman di Indonesia. Salah satu keragaman tersebut ialah keragaman bahasa. Ayo, lakukan kegiatan berikut.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 30

Ayo Berdiskusi

Bersama kelompokmu, tuliskan jawaban pertanyaan dan tugas berikut.

1. Di provinsi mana kamu tinggal?

Saya tinggal di Provinsi Jawa Barat.

2. Dalam berkomunikasi, bahasa apa yang biasa digunakan penduduk di provinsimu?

Dalam Berkomunikasi biasanya penduduk di provinsi saya menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Sunda, dan Bahasa Jawa.

3. Tuliskan beberapa kata dalam bahasa daerah di tempat tinggalmu beserta padanannya dalam bahasa Indonesia.

Tuliskan hasil diskusimu dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah.

Ayo Membaca

Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah

Posisi pertama negara dengan bahasa terbanyak di dunia kini ditempati oleh Papua Nugini dengan jumlah bahasa mencapai 867 bahasa. Selanjutnya Indonesia menempati posisi kedua dengan jumlah bahasa sebanyak 742 bahasa.

Distribusi 742 bahasa di seluruh Indonesia rupanya berbanding terbalik antara jumlah bahasa dengan jumlah penduduk. Pulau Jawa dengan jumlah penduduk 123 juta orang memiliki tidak lebih dari 20 bahasa. Sebaliknya, Papua yang penduduknya berjumlah 2 juta orang memiliki jumlah bahasa mencapai 271 bahasa.

Kurangnya jumlah pengguna bahasa daerah akan berpengaruh pada kemungkinan kepunahan suatu atau beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia. Bahasa yang terancam punah adalah bahasa yang tidak memiliki generasi muda yang menggunakan bahasa ibu. Generasi dewasa adalah satusatunya kelompok yang masih menjadi penutur fasih.

Bahasa daerah  berperan dalam menjaga budaya daerah. Tata nilai budaya di Indonesia tersimpan dalam kosakata, pantun, cerita rakyat, mitos, legenda, dan ungkapan. Oleh karena itu, bahasa-bahasa yang tergolong berpotensi terancam punah perlu memperoleh perhatian khusus. Kita perlu melestarikan bahasa daerah sebelum benar-benar menghilang dari kehidupan berbangsa kita.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 31

Ayo Berdiskusi

Kamu telah membaca bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”. Lakukan kegiatan berikut bersama teman sebangkumu.

Tuliskan ide pokok dari setiap paragraf. Tuliskan dalam tabel berikut.

Tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan dari bacaan tersebut dengan bahasamu sendiri. Tuliskan dalam bentuk berikut menggunakan ejaan yang tepat.

Informasi dari Bacaan “Bahasa Daerah di Indonesia Terancam Punah”

  1. Punah yang dimaksud adalah jumlah penutur bahasa yang mengalami penurunan atau sudah tidak ada lagi, sehinga tidak ada lagi yang menggunakannya.
  2. Selain di NTT dan Maluku bahasa daerah di Papua juga mengalami ancaman kepunahan
  3. Disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adanya bencana, kejadian perang dan perkawinan campuran
  4. Posisi pertama negara dengan jumlah bahsa ditempati oleh Papua Nugini
  5. Generasi muda saat ini tidak lagi menggunakan bahasa daerah
  6. Indonesia memiliki 742 bahasa

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 7 Kelas 4 Halaman 33, 34

Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengetahui keragaman bahasa daerah di Indonesia. Kamu juga mengetahui bahwa bahasa daerah di Indonesia terancam punah. 

Diskusikan dengan kelompokmu, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan bangsa Indonesia untuk mencegah kepunahan bahasa daerah?

Beberapa Kegiatan Tersebut :

  1. Tetap memahami bahasa daerah sendiri meskipun disekolah wajib menggukan bahasa indonesia
  2. Memahami bahasa dari setiap daerah meskipun sedikit setidaknya kita menggerti
  3. Belajar bahasa daerah bersama teman dengan cara menggunakan internet agar lebih mudah.

Bacakan hasil diskusi kalian di depan Bapak/Ibu guru dan kelompok lain. Di antara kegiatan untuk mencegah kepunahan bahasa daerah, apa yang dapat kalian lakukan segera

Belajar bahasa daerah bersama teman dengan cara menggunakan internet agar lebih mudah.

Ayo Renungkan

Apa yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kepunahan keragaman bahasa daerah di Indonesia?

Dengan cara melestarikannnya. Tetap menggunakan bahasa daerah dan terus mempelajari bahasa daerah agar bahasa daerah tidak sampai hilang dan punah.

Kerjasama dengan orangtua

Tuliskan sedikitnya sepuluh kosakata bahasa daerah yang biasa digunakan dalam komunikasi di keluargamu.

Kosakata Bahasa Daerah :

1.Makan : dhahar

2.Duduk : pinarak

3.Siapa : sinten

4.Kamu : panjenengan

5.Silahkan : monggo

6.Teman : rencang

7.Orang Tua : tiang sepuh

8.Malam : dalu

9.Pasar : peken

10.Mandi : adus


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Halaman 29, 30, 31, 34 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari