Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 111



Tema 3 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 6


 Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 111

Ayo Membaca

Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti!

Pensil, Si Kecil yang Amat Penting
Pernahkah terbayang olehmu  gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana  proses penemuan  pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake  untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan perusahaan lain ngembangkan pensil  buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah  liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapis dengan kayu. Jadilah pensil dengan  bentuk yang kita kenal saat ini.

Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini.  Kalo gak ada pensil, kita bakal  kesulitan  waktu lagi  belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 107

Temukan informasi penting pada teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil tersebut.

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya :


 Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 111


Paragraf 1: Topik Masalah

Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih modern

Paragraf 2 : deret Penjelas

perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale Inggris. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Kemudian ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilangan yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.
Paragraf 3 : Peret Penjelas

Pada zaman modern,  pensil dibuat dengan mencampurkan grafit murni dengan tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campurkan ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapisi dengan kayu,  jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.
Paragraf 4 : Kesimpulan danpesan/pendapat pribadi penulis

Pensil menjadi benda yang sangat penting hingga saat ini. Jika tidak ada pensil kita akan kesulitan ketika lagi belajar. Kita juga tidak bisa membuat karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 108

Cermati kembali teks tersebut! Temukan kata-kata bercetak miring di dalamnya!

Tuliskan semua kata bercetak miring tersebut untuk pembelajaran berikutnya.

Kata-kata bercetak miring pada teks pensil, si kecil yang amat penting :
gimana sih, bikin, modern, jaman, dipakai, gampang, terus, dibikin, ngembangkan, buat, hancurkan, sama, banget, kalo nggak ada, bakal, waktu lagi, nggak bisa bikin.

Sebagai pelajar, tentunya kita perlu memiliki sikap disiplin  dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas kita. Bagaimana akibatnya jika kita tidak memiliki sikap tersebut?

Ayo Mengamati

Ingatkah kamu tentang kisah Ani, hak dan tanggung jawabnya?

Ayo, kita cermati kembali cerita tersebut.

Kewajiban dan Tanggung Jawab

Ani adalah putri dari Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob mendaftarkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membekali makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 109 & 110


 Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 111


Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!

1. Sebutkan kewajiban Ani dalam cerita tersebut!
Kewajiban Ani dalam cerita tersebut yaitu, bersyukur, mematuhi nasehat ayah dan ibu, sekolah, belajar, dan mengerjakan tugas sekolah.

2. Apakah Ani telah menjalankan kewajibannya? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, Ani telah menjalankan kewajibannya contohnya, bersyukur, mematuhi nasehat ayah dan ibu, sekolah, belajar, dan mengerjakan tugas sekolah.

3. Apa manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani?
Manfaat kewajiban tersebut bagi masa depan Ani yaitu Ani selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan, menjadi anak yang berbakti dan membanggakan orang tua

4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban  yang telah ia  dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, Ani telah bertanggung jawab terhadap kewajiban yang telah ia dapatkan. Contohnya Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. ia selalu mematuhi nasehat ayah dan ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan.

5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap  kewajibannya? Jelaskan dan  berikan contoh!
Jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap kewajiban maka ini akan menjadi anak pemalas, tidak mensyukuri nikmat Tuhan, tidak memperoleh ilmu pengetahuan dan mengecewakan orang tuanya.

Diskusikan dan tuliskan jawabanmu pada diagram berikut.

Bandingkan jawabanmu dengan jawaban teman yang lain!

Lengkapi jawabanmu hingga mendapatkan jawaban yang paling tepat.

Bagaimana dengan dirimu sendiri? Apakah kamu telah bertanggung jawab terhadap kewajibanmu?

Nah, sekarang saatnya untuk merenung dan  memperbaiki diri!

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 111

Tuliskan pengalaman dirimu dalam menjalankan kewajiban, baik di rumah maupun di sekolah. Tulislah dalam diagram berikut.


 Baca teks eksplanasi ilmiah berikut dengan teliti Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 111


Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 2  Pembelajaran 6 Halaman Halaman 107, 108, 109, 110, 111 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam