Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 25, 26, 27, 28

.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 1 Globalisasi di Sekitarku Pembelajaran 3 Halaman 25, 26, 27, 28.

Tema 4 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 3


 Listrik memiliki peran penting di era globalisasi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 25, 26, 27, 28




Menyalurkan Energi Listrik
Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak  dapat dimungkiri, bahwa  globalisasi  terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang,  yang   didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi  yang tersedia  di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU),  aliran angin (PLTA), dsb.


Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh  transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru  kemudian disalurkan ke berbagai tempat  menggunakan  sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusatpusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi  wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke  gardu induk.  Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu  distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah  220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya listrik, kini masyarakat dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tanpa listrik, tentunya hal tersebut tidak akan bisa terjadi. Lalu bagaimana dengan daerahmu? Apakah kamu telah merasakan manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari di rumah?

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks. Diskusikan bersama teman untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 25 dan 26

1. Apa saja jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan
energi listrik?

Air ,Angin, Cahaya, Panas Bumi dsb

2. Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik?

Mengalirkan energi listrik dari pusat pembangkit bertegangan tinggi menuju ke berbagai tempat.

3. Mengapa energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?

Karena jarak antara pusat pembangkit dengan rumah penduduk sangat jauh. Dengan menaikkan tegangannya, energi listrik tidak kehilangan daya terlalu banyak ketika proses transimisi. Sedangkan penurunan tegangan listrik bertujuan untuk menyesuaikan tegangan yang dibutuhkan oleh alat-alat listrik yang ada pada rumah-rumah.

4. Bagaimana sistim transmisi tersebut memiliki peran penting di era globalisasi sekarang ini? Jelaskan dengan singkat.

Saat ini, segala aspek manusia sangat terbantu dengan adanya peralatan-peralatan listrik, sehingga listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting. Oleh karena itu, diperlukan sistem transmisi untuk menyalurkan listrik yang dihasilkan oleh pusat pembangkit untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Berdasarkan hasil diskusi, tuliskan informasi penting dalam setiap paragraf dari teks tersebut pada diagram berikut!

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 26

Paragraf 1: Topik Masalah

Peran listrik dalam mendukung terjadinya era globalisasi.

Paragraf 2 : Deret Penjelas

Tegangan listrik dari pusat pembangkit dinaikkan oleh transformator hingga 500 kv, lalu disalurkan melalui sistem transmisi bernama SUTET ke berbagai tempat. Setelah itu, energi listrik akan masuk ke gardu induk untuk diturunkan tegangannya menggunakan transformator menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu distribusi untuk diturunkan lagi menjadi 220 v sesuai kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Kini masyarakat dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia karena adanya listrik.

Ayo Menulis

Siapakah penemu sistem transmisi tersebut? Baca informasi singkat berikut untuk menambah wawasan ilmu pengetahuanmu.

 Listrik memiliki peran penting di era globalisasi Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 25, 26, 27, 28

Nikola Tesla seorang berkebangsaan Yugoslavia, adalah penemu sistem pembangkit dan transmisi listrik pada tahun 1895. Sejak kecil Nikola memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal. Ia sangat menyukai matematika dan  fisika. Ia pernah bekerja sama dengan Thomas Alva Edison  dan merancang 24 jenis dinamo. Setelah Michael Faraday  menemukan energi listrik, Nikola mengembangkan penemuan tersebut dengan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di dunia. PLTA tersebut memanfaatkan air terjun Niagara di Amerika. Maka sejak saat itu listrik pun menerangi dunia hingga sekarang.

Berkat penemuan Nikola  Tesla, kini sebagian besar warga dunia bisa menikmati listrik. Kita harus bersyukur pada Tuhan yang telah menyediakan beragam sumber daya alam untuk bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah menulis tentang proses  dihasilkannya energi listrik pada pembangkit listrik sederhana mikrohidro.

Sekarang, coba tuliskan dengan runtut  kelanjutan dari tulisanmu, yaitu tentang proses menyalurkan energi listrik yang telah dihasilkan oleh pembangkit listrik mikrohidro tersebut.  Kamu dapat menambahkan gambar untuk memperjelas tulisanmu.

Isi tulisanmu adalah tentang proses menyalurkan energi listrik dari pembangkit mikrohidro hingga sampai ke rumah-rumah warga di lingkungan tempat tinggalmu.
Perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 27 dan 28.

Pada PLTA, air sungai/waduk masuk melewati pintu yang diatur katup pengaman menuju tangki pengaman tekanan. Lalu air tersebut akan dialirkan oleh air dari pesat menuju ke turbin melalui katup pengatur tekanan agar tekanan air lebih besar. Karena tekanan air tersebut, turbin akan bergerak sehingga generator menghasilkan listrik.

Listrik dari PLTA, kemudian dinaikkan oleh transformator lalu mengalir menuju sistem transmisi. Melalui sistem transmisi ini listrik disalurkan menuju ke gardu induk di berbagai wilayah. Setelah tegangan listrik diturunkan, listrik kemudian disalurkan ke gardu distribusi untuk diturunkan tegangannya menjadi 220 v. Tegangan ini kemudian disalurkan menuju ke rumah-rumah warga.



Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 Halaman 25, 26, 27, 28 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam .com