Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 52, 53, 54, 56, 57

.com –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 2 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran 1 Halaman 52, 53, 54, 56, 57

Tema 4 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 1


 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1  Halaman 52, 53, 54, 56, 57


Amati foto berikut. Bagaimana pendapatmu?

 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1  Halaman 52, 53, 54, 56, 57


Menteri  Luar negeri  Retno Marsudi  menjadi pembicara  dalam Pertemuan Tingkat Menteri Negara-negara Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik [APEC] di Manila,  Philiphina, 17 November 2015.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 52

Setelah mengamati foto di halaman sebelumnya, diskusikan pertanyaanpertanyaan berikut bersama temanmu.

1. Bagaimana berita tentang Pertemuan Tingkat Menteri APEC tersebut dapat disiarkan ke semua negara di berbagai belahan dunia?

• Berita dapat disebarkan melalui media cetak maupun elektronik, seperti surat kabar, berita di televisi, majalah, pamflet, dan berbagai media lainnya

• Berita dapat disebarkan melalui siaran radio, baik melalui siaran radio konvensional maupun siaran langsung radio dengan memanfaatkan teknologi internet

2. Apa manfaat globalisasi terhadap kerja sama Indonesia dengan negaranegara di Asia dan di dunia?

• Manfaat yang diperoleh dengan adanya kerjasama dengan bangsa Asia dan Dunia bagi Indonesia, berdampak pada beberapa sektor. Sektor-sektor tersebut antara lain ekonomi, sosial, pendidikan, dan budaya.

Ayo Menulis

Simak  teks  eksplanasi  yang akan dibacakan oleh gurumu. Teks akan dibacakan dalam setiap paragraf. Tuliskan informasi penting dalam setiap paragrafnya. Kamu akan diberi waktu untuk menuliskan informasi tersebut setiap satu paragraf  selesai dibacakan.

Tuliskan informasi penting  tersebut dalam setiap paragraf  pada diagram berikut.



Paragraf 1 : Topik Masalah

Bahasa Indonesia layak menjadi bahasa ASEAN karena berasal dari negara berpenduduk terbesar.

Paragraf 2 : Deret Penjelas

• Menurut Mahsun, bahasa Indonesia hanya memiliki 90.000 kosakata tetapi dapat menciptakan kosakata baru. Sehingga, bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya.

• Menurut Franz Magnis Suseno, bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global. Dengan bahasa Indonesia kita bisa mengungkapkan apa saja. Bahasa Indonesia itu sempurna, tidak kaku, dan bisa berkembang.

Paragraf 3 : Deret Penjelas

Romo Magnis menyayangkan generasi muda yang lebih memilih bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Ia mendukung orang Indonesia bisa bahasa asing, tetapi jika bahasa Indonesia sebagai bahasa utama diganti, rasanya kosong.

Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Menguasai bahasa Asing itu boleh, tapi jangan sampai mengganti bahasa Indonesia sebagai bahasa utama.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 53


Ayo Berdiskusi

Baca kembali dengan teliti informasi penting yang telah kamu temukan dari isi teks yang dibacakan guru.

Diskusikan bersama teman tentang jenis kerja sama yang dilakukan  Indonesia, serta peran Indonesia dalam kerja sama tersebut.

Tuliskan di dalam kolom berikut.

Artinya Indonesia melakukan bentuk bekerja sama dalam bidang budaya. Jika bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN, bahasa Indonesia akan menjadi budaya di negara-negara anggota dalam hal komunikasi.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 54


Carilah informasi lain tentang kerjasama di bidang politik antara Indonesia dengan negara-negara anggota ASEAN. Identifikasi  posisi dan peran Indonesia dalam setiap kerja sama tersebut.

Kamu bisa melakukannya bersama teman-teman dalam kelompok kecil.

Tuliskan dalam diagram berikut.

Kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di Asia Tenggara  di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi


 Globalisasi dan Manfaatnya Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1  Halaman 52, 53, 54, 56, 57


Ayo Mencoba

Pada halaman 55, di jelaskan sebuah teks tentang masalah penggunaan energi listrik. Untuk mengatasi hal tersebut,adik-adik diminta melakukan percobaan kecil untuk menghemat penggunaan listrik untuk penerangan yang dalam hal ini lampu. Pada halaman 55 sampai 56, telah dijelaskan alat, bahan, serta langkah kerja. Setelah melakukan percobaan, adik-adik diminta menjawab pertanyaan berdasarkan hasil percobaan. Kemudian adik-adik juga diminta membuat laporan dari hasil percobaan tersebut.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Halaman 56 dan 57


1. Lampu mana yang memiliki kualitas cahaya paling terang?

Lampu LED.

2. Lampu mana yang paling hemat energi? Jelaskan.

Lampu LED, karena dengan daya (watt) yang sama, lampu LED mampu menyala lebih terang. Artinya, jika kita memilih lampu neon atau bohlam, maka kita harus memilih lampu dengan watt yang lebih besar untuk menyamakan tingkat cahaya yang dihasilkan lampu LED.


Laporan Kegiatan Percobaan Lampu Hemat Listrik

Nama Percobaan :

Percobaan Lampu Hemat Energi

Tujuan Percobaan :

• Mengetahui jenis lampu yang paling terang.
• Mengetahui jenis lampu yang paling hemat.
• Mengasah kreativitas dan kemampuan menganalisa.

Alat dan bahan :

• 1 buah lampu bohlam 5 watt
• 1 bual lampu LED 5 watt
• 1 buah lampu neon 5 watt
• 1 buah dudukan lampu
• Beberapa buah baterai 1,5 volt
• 0,5 m kabel
• Gunting
• Isolasi
• 1 buah kotak/kardus bekas mie instan

Langkah Kerja :

1. Membuat tanda pada kardus untuk menentukan titik letak masing-masing komponen.
2. Rangkai baterai secara seri
3. Tempelkan sakelar dan dudukan lampu di kardus sesuai titik yang telah dibuat tadi.
4. Kupas ujung kabel dengan gunting, lalu hubungkan ke kutub positif baterai.
5. Potong kabel tadi sesuai jarak baterai dan terminal sakelar. Kupas ujung kabel tersebut lalu hubungkan ke terminal sakelar.
6. Ulangi langkah seperti nomor 4 dan 5 untuk menghubungkan terminal sakelar ke terminal dudukan lampu serta terminal dudukan lampu ke kutub negatif baterai.
7. Tempelkan sedikit isolasi ke setiap sambungan kabel dengan terminal dari setiap komponen.
8. Pasang setiap jenis lampu secara bergantian.
9. Amati tingkat kecerahan dari setiap lampu dan catat hasilnya bila perlu.

Kesimpulan :

Lampu LED merupakan lampu yang menyala paling terang. Sehingga, lampu ini juga yang paling hemat dikarenakan dengan daya (watt) yang sama, lampu LED mampu menyala lebih terang.



Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 52, 53, 54, 56, 57  yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam .com