Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Halaman 85, 86, 87

– Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Makanan Sehat, Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat, Halaman 85, 86, 87

Tema 3 Kelas 5 SD Subtema 3 Pembelajran 1

 


Pagi itu Siti, Lani, dan teman-temannya berbincang mengenai pembelajaran yang telah mereka lakukan sebelumnya. Apa yang mereka perbincangkan?

Bacalah teks percakapan mereka berikut ini!

Lani: “Aku jadi teringat saat penyakit magku kambuh beberapa waktu yang lalu.”
Siti: “Iya, aku juga masih ingat. Betapa pentingnya menjaga kesehatan pencernaan ya? Saat pencernaan kita sakit, pastinya tidak akan ada asupan makanan yang maksimal untuk tubuh kita.”
Dayu: “Kalau aku pernah merasakan sakit gigi. Wah, aku betul-betul tidak bisa makan saat itu. Perut terasa melilit karena lapar, tetapi gusiku membengkak karena sakit gigi.”
Siti: “Betul! Gigi merupakan bagian dari organ penyusun sistem pencernaan kita yang berada di rongga mulut. Gigi, lidah, dan ludah bekerja sama mencabik, memotong, dan menggerus makanan hingga berukuran kecil-kecil. Makanan yang sudah berukuran kecil tersebut dibolakbalik oleh lidah dan dengan bantuan ludah yang menyelubunginya, makanan dapat dengan mudah meluncur ke dalam esofagus.”
Lani: “Kemudian esofagus dengan gerakan peristaltiknya membuat makanan terus bergerak dan pada akhirnya masuk ke dalam lambung yang dipenuhi dengan cairan asam lambung.”
Dayu: “Menarik sekali, ya, perjalanan makanan ini!”
Lani: “Jangan lupa, saluran pencernaan membantu tubuh memperoleh zatzat makanan yang dibutuhkan untuk tumbuh. Tanpa bantuan zat pencernaan, kita tidak akan berkembang dan tubuh kita tidak akan mampu melindungi fungsi-fungsi organ tubuh yang lain. Makanan dibutuhkan agar organ-organ tubuh mampu bekerja dengan baik.”
Siti: “Mengingatkanku pada beberapa iklan di televisi yang mempromosikan obat yang dapat membantu mengurangi sakit mag, membantu mengatasi perut yang kembung akibat gas yang berlebih, serta mengurangi panas dalam dan sariawan. “

Kunci Jawaban Tematik Halaman 85

Ayo Bermain Peran

Berikut adalah beberapa contoh iklan di televisi yang mempromosikan tentang obat untuk mengatasi sakit pada sistem pencernaan. Dalam kelompokkelompok kecil, cobalah untuk memeragakan iklan-iklan tersebut.

Obat Sakit Perut PSP (Pil Sakit Perut)

Laki-laki 1: “Aduh!” (meringis sambil memegangi perutnya)
Perempuan 1: “Makan yang tidak benar, membuat perut jadi tidak enak!”
Laki-laki 2: “Tidak bawa PSP, ya?” (tersenyum sambil memegang obat PSP)
Narator: “Untuk gangguan perut karena bakteri, makanan pedas, asam, dan gas, segera atasi dengan minum PSP dalam satu sachet pilpil kecil alami. Atasi penyebab sakit
Perut hingga ke pelosok.”
Laki-laki 1: “Minta obatnya!”
Laki-laki 2: “Minta? Beli!” (sambil tertawa)
Narator: “Perut tidak enak, pilih yang benar! PSP.”

Jelaskan isi dari iklan:
Iklan mengenai produk obat sakit perut yang bentuknya kecil alami dan bermanfaat dalam mengatasi penyebab sakit perut.

Dalam kelompok kecil, diskusikan keunggulan yang terdapat dalam produk iklan:
Iklas di atas memiliki keunggulan pilnya bentuknya kecil alami dan mengatasi penyebab sakit perut

Pilihlah satu orang untuk tetap berada di tempat kelompok, sementara yang lain pergi mengunjungi kelompok-kelompok yang lain untuk mendiskusikan keunggulan produk iklan. Tuliskan hasil diskusi dari kelompok-kelompok yang dikunjungi. Setelah selesai, kembali ke kelompok masing-masing dan kemukakan hasil diskusi yang diperoleh.

Kunci Jawaban Tematik Halaman 86

Ayo Mencoba

Bersama teman sekelompok, cobalah peragakan iklan elektronik. Namun, sebelumnya rancanglah iklan elektronik tersebut dengan rapi. Gunakan pedoman berikut.

• Jika kamu mendapat kesempatan membuat iklan obat untuk mengatasi sakit pada sistem pencernaan, obat apakah yang akan kamu iklankan?
Obat Diare

• Apa kelebihan dari obat yang kamu miliki bila dibandingkan dengan yang lain?
Obat ini berperan aktif dalam memperkuat dinding lambung dan usus kecil berkat kandungan agen sitoprotektifnya.

• Apa yang membuat sebuah iklan di media elektronik tersebut menarik untuk ditonton?
Penggunaan Bahasa
Menyertakan Informasi Detil Produk

• Manakah yang membuat iklan di atas menarik jika dilihat dari bentuk percakapannya? Berikan alasanmu!
Detil Produknya, karena iklan diatas menjelaskan kelebihan dari obat tersebut

Bacalah percakapan Edo dan Beni di bawah ini!

Edo: “Wah, ternyata menarik sekali ya kegiatan belajar kita hari ini”.
Beni: “Iya Do, sedari tadi aku memperhatikan betapa asyiknya kamu mengerjakan semua tugas. Kamu sampai lupa makan siang ya?”
Edo: “Oh iya Beni… aku sampai lupa. Bahaya nih, mag ku bisa kambuh lagi. Padahal setelah ini kita akan belajar sistem pencernaan. Aku perlu energi agar dapat konsentrasi pada pelajaran berikutnya.”
Beni: “Betul sekali Do, tubuh memerlukan energi yang di dapat dari makanan yang kita konsumsi dan dicerna oleh sistem pencernaan tentunya. Ayo Do, kamu makan siang dulu.”
Edo: “Baiklah. Terima kasih ya Ben sudah mengingatkan.”

Benar sekali apa yang dikatakan Edo. Salah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu sistem kompleks dalam tubuh adalah sistem pencernaan. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan pada manusia? Masih ingatkah kamu pembelajaran mengenai organ-organ dalam sistem pencernaan manusia?

Kunci Jawaban Tematik Halaman 87

Ayo Berkreasi

Buatlah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Setiap kelompok akan membuat diagram sistem pencernaan berikut nama dan fungsi tiap-tiap organ di dalamnya.

Baca dan ikutilah langkah pengerjaan berikut.

1. Pilihlah ketua kelompok dan mintalah diagram kosong tubuh manusia kepada gurumu.
2. Buatlah daftar organ-organ yang termasuk di dalam sistem pencernaan manusia.
3. Agar pengerjaan lebih cepat, ketua kelompok perlu mendelegasikan tugas kepada tiap-tiap anggota untuk menggambar organ-organ tersebut. Berilah warna dan gunting dengan rapi.
4. Urutkan dan tempel organ-organ tersebut pada diagram tubuh manusia yang kamu dapat dari gurumu.
5. Tuliskan fungsi dari tiap-tiap organ dengan rapi pada kertas kerja atau dapat juga pada kertas kecil terpisah dan ditempel di dekat organ yang bersangkutan.
6. Bekerja samalah dengan baik, manfaatkan waktumu semaksimal mungkin karena gurumu akan memperhatikan cara bekerja dalam kelompok.
7.  Selamat belajar.


Usahakan membuat diagram system pencernaan dengan rapi dan semenarik mungkin. Kita akan meng gunakannya kembali pada pembelajaran berikutnya.

Jawab:

Mulut
Fungsi utama verbal ialah menghancurkan masakan sehingga ukurannya menjadi kecil

Kerongkongan
Fungsi utama kerongkongan ialah memindahkan masakan ke dalam lambung dengan gerakan peristaltik. 

Lambung
Fungsi utama lambung ialah untuk memecah masakan dan mencampur dengan enzim dan asam 

Usus Halu
Fungsi utama usus halus ialah menyerap sebagian besar nutrisi dalam makanan

Usus Besar
Fungsi utama usus bsar ialah peresapan air dan pembetukkan feses

Anus   
Fungsi utama anus ialah pengeluaran sisa–sisa masakan yang sudah tidak diharapkan oleh badan melalui organ anus.



Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Subtema 3 Halaman 85, 86, 87 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan guru yang mengajar dan para pembaca. Salam